Kebun Teh Wonosari

1583 views

Kebun Teh Wonosari yang hadir melengkapi keindahan kota yang berjuluk Paris of East Java dengan ciri tak kalah menariknya dengan agrowisata lainnya ditambah sejuknya area kebun Teh dengan rerimbunan dedaunan yang sedap dipandang.

Kebun Teh Wonosari

Photo by yukpegi.com

Tak hanya terkenal dengan agrowisata apel saja, bahkan Malang juga cukup populer dengan dengan agrowisata Kebun Teh Wonosari. Wisata Kebun Teh Wonosari berada diantara perbatasan Surabaya dan Malang, lebih tepatnya di desa Toyomarto kecamatan Singosari, Malang. Suguhan keindahan alam disertai dengan kesejukan udaranya karena jauh dari polusi kendaraan akan dolanes rasakan saat memasuki kawasan kebun Teh ini. Kebun Teh Wonosari sangatlah cocok untk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sekaligus melepas lelah sehingga tak sedikit wisatawan baik lokal maupun asing yang datang ke tempat ini untuk menyegarkan pikiran.

Disana Dolaners juga bisa melihat secara langsung sebuah proses untuk mengolah daun Teh, hasil daun olahan daun Teh tadi kemudian didistibusikan hingga ke daerah luar Jawa hingga juga diekspor ke luar negri. Banyak juga lembaga-lembaga, perusahaan maupun sekolah yang melakukan kunjungan ke kebun Teh ini baik dalam ragka kegiatan wisata maupun kegiatan lain seperti camping atau outbond. Fasilitasnya pun sudah cukup memadai dengan adanya penginapan, area olahraga hingga area belanja tanaman hidup seperti beragam bunga dan belanja oleh-oleh. Ruang tamu dan ruang pertemuan pun menambah lengkapnya wisata yang serba guna dan memudahkan pengunjungnya. Jadi Dolaners bisa lebih lama menikmati kebun Teh yang berada di Wonosari Malang ini dan tak perlu khawatir tentang akomodasinya.

Nah, Dolaners sebaiknya membuktikan sendiri panorama alam Wonosari dalam nuansa kesegaran kebun Teh yang rimbun dan hijau. Cocok pula memanfaatkan moment wisata tersebut bersama keluarga tercinta atau sahabat-sahabat Dolaners dalah kehangatan dan kebersamaan yang tentu sangat indah Dolaners nimati di kebun Teh daerah Wonosari, Malang Jawa Timur.

Menariknya kebun Teh dengan suasana asri akan menambah segarnya suasana hati dan fikiran Dolaners ketika menikmati seluruh bagian dari Kebun Teh Wonosari.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Kebun Teh Wonosari tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia bannyak warung yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Wisata Kebun Teh Wonosari ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan, hingga teh asli perkebunan yang masih segar dijajakan disini.

Jika kuliner di dalama kawasan Wisata Kebun Teh Wonosari belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini. Salah satu kuliner yang namanya sudah terkenal adalah Repoeblik Telo atau yang biasa disebut dengan Bakpao Telo. Tempat kuliner yang satu ini tidak hanya menjual bakpao saja, namun juga beragam kuliner olahan yang terbuat dari bahan dasar ubi (telo). Mulai dari mie, ice cream, bakpia, bakpao dan masih banyak lagi. Dijamin Dolaners tidak akan kecewa dengan cita rasa maupun suasana yang dihadirkan di rumah makan ini.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 8.000,- (Weekday) dan Rp. 12.000,- (Weekend)
Biaya Permainan Kereta Kelinci : Rp. 5.000,-
Biaya Permainan Kendaraan ATV : Rp. 50.000,-
Biaya Permainan Flying Fox : Rp. 20.000,-
Biaya Permainan Wall Climb : Rp. 10.000,-
Biaya Permainan Paint Ball : Rp. 30.000,- hingga Rp. 175.000,-
Biaya Permainan Sepeda Air : Rp. 15.000,-
Biaya Permainan Sepeda Gunung : Rp. 15.000,-
Biaya Permainan Kuda Wisata : Rp. 20.000,-
Biaya Permainan Mobil Baterry : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Kebun Teh Wonosari menyuguhkan keindahan alam dan udara yang sejuk serta jauh dari polusi kendaraan. Memasuki kawasan ini, kesegaran udara sangat terasa sekali. Panorama pegunungan dan view kehijauan yang sungguh indah menjadikan tempat tersebut sangat ideal untuk melepas penat. Tak heran, banyak wisatawan baik lokal maupun asing tidak puas hanya sehari untuk menjelajahi perkebunan teh Wonosari. Banyak pula orang Belanda dan wisatawan asing lainnya yang seringkali datang ke Agrowisata Wonosari dan tinggal cukup lama. Mereka biasanya menginap di hotel yang memang sengaja disediakan pihak pengelola untuk para pengunjung.

Di kawasan Kebun Teh Wonosari ini, Dolaners juga bisa melihat langsung proses pengolahan daun teh yang hasilnya banyak diekspor ke luar Jawa, bahkan keluar negeri. Pengolahan tehnya sendiri melalui beberapa proses antara lain penerimaan pucuk teh, proses pelayuan, proses penggilingan, fermentasi, pengeringan, sortasi, pengepakan, dan pengiriman. Proses pengolahan teh ini dilakukan di pabrik teh peninggaalan zaman Belanda. Tak heran, banyak wisatawan asal Belanda maupun pengunjung lokal yang betah berlama-lama di sini.

Beragam kegiatan yang dapat Dolaners lakukan di Kebun Teh Wonosari adalah :

  1. Dolaners bisa melihat langsung proses pengolahan daun teh dari penerimaan pucuk teh, proses pelayuan, proses penggilingan, fermentasi, pengeringan, sortasi, pengepakan, dan pengiriman.
  2. Berbelanja tanaman dan bunga hias.
  3. Berolahraga di fasilitas yang disediakan pengelola seperti sepakbola, tenis, volleyserta jogging.
  4. Melakukan tea walkdi area Kebun Teh Wonosari.
  5. Berenang di kolam renang hangat.
  6. Melihat koleksi hewan di kebun binatang mini.
  7. Menyewa kawasan ini untuk acara preweding bahkan persepsi pernikahan yang bertema kebun.
  8. Menikmati beberapa wahana dan kendaraan wisata yang di antaranya adalah sebagai berikut, seperti Kereta Kelinci, Kendaraan ATV, Flying Fox, Wall Climb, Paint Ball, Sepeda Air, Sepeda Gunung, Kuda Wisata, Mobil Baterry.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses menuju Kebun Teh Wonosari ini cukup mudah. Untuk Dolaners yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa mengambil arah menuju Lawang. Nantinya, Dolaners bisa mengendarai kendaraan anda dari terminal Lawang sekitar 6 km menuju Kebun Teh Wonosari. Jarak total dari kota Malang sendiri adalah sekitar 15 km. Sedangkan jika Dolaners berangkat dari Surabaya yaitu sekitar 75 km jarak tempuhnya. Jadi bisa diperkirakan berapa waktu yang anda perlukan untuk sampai ke lokasi kebun teh tersebut.

Selain itu, Dolaners juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju Kebun Teh Wonosari ini. Caranya juga mudah. Jika Dolaners dari Surabaya, maka hanya tinggal naik bus menuju Malang dan nantinya turun di Lawang. Naik bus dari Surabaya sekitar Rp. 10.000,- kurang lebihnya, sampai di Lawang Dolaners bisa langsung menggunakan angkit menuju ke perkebunan. Angkot yang ada di sini khusus mengantarkan anda ke atas perkebunan dengan harga Rp. 3.000,- saja. Nah, untuk mencapai angkot tersebut, Dolaners butuh jalan kaki sebentar sampai ke persimpangan. Angkkot perkebunan teh Wonosari hanya melayani penumpang ke atas hingga pukul 4 sore. Untuk di atas jam segitu, angkot hanya melayani jalur ke bawah dari perkebunan.

Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum untuk sampai ke Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini, kini Dolaners tidak perlu khawatir dan binggung. Jika dari kota Malang ke arah Surabaya yang akan melewati terminal Lawang, setelah turun di terminal Lawang, naiklah angkutan yang khusus menuju Wonosari berkode SLKW. Walaupun medannya menanjak dan berkelok-kelok, namun jalanya sudah cukup bagus. Jika datang bersama dengan rombongan, Dolaners bisa carter kendaraan yang ada di terminal tersebut. Biasanya tarif yang ditawarkan sekali jalan hanya Rp. 25.000.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link