Kedai Bandungan

283 views

Siapa sih yang gak kenal manisnya Yogyakarta, tak cuma kenangannya, tapi juga makanannya - gudeg manis, coklat manis, cake manis, bahkan sambal juga bisa dibikin manis. Apa gak pingin sekali-kali ganti menu jajanan, Dolaners? Lupakan soal diabetes atau asupan gula. It's a simple question: apa gak bosen makan yang manis-manis terus? Sekali-sekali boleh lah, pindah ke lain menu, apalagi makanan Parahyangan yang pedasnya terkenal nendang. Di mana? Di Kedai Bandungan.

Kedai Bandungan, Kedai Bandungan Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via jogjafood

Kedai Bandungan adalah kedai makanan tradisional Sunda di Yogyakarta. Seperti Dolaners ketahui, makanan Sunda punya citarasa yang berbeda dari makanan Yogyakarta atau Jawa Tengah. Barangkali Dolaners sudah hafal rasa makanan yang manis dari ujung sampai ujung Yogyakarta? Pas nih, buat Dolaners yang lagi pingin makan seblak dan colenak, atau bajigur dan bandrek kelapa, Kedai Bandungan menawarkan selingan makanan dengan citarasa yang bener-bener beda di kota gudeg.

Kedai Bandungan setia menyajikan makanan-makanan Sunda yang lebih bercitarasa pedas, alih-alih manis seperti kebanyakan menu yang dihidangkan oleh kebanyakan kedai di Yogyakarta. Menikmati menu-menu tradisional dalam suasana kedai yang kaya dengan material bambu dan kayu, sensasinya terasa komplit, deh. Apalagi, mengudap jajanan tradisional Sunda ini dengan udara yang mengalir lepas sepoi-sepoi di Kedai Bandungan yang berkonsep alami semi outdoor, pastinya jadi suasana yang berbeda di Yogyakarta. Dengan harga yang sangat terjangkau, Kedai Bandungan bisa jadi pilihan lokasi asyik buat nongkrong dan menikmati kudapan ringan yang beda dari biasanya.

Mungkin karena berada di Yogyakarta, jadi Kedai Bandungan pingin menyentil ketertarikan pelanggannya dengan istilah yang beda dari biasanya. Seblak pedas bukan dihidangkan sesuai level kepedasannya, tapi Kedai Bandungan memperkenalkan istilah tanjakan. Tanjakan 0 berarti gak pedas, cocok buat Dolaners yang lebih sreg sama makanan manis ala Yogyakarta. Dari tanjakan 0, terus naik tingkat kepedasannya ke tanjakan 1, tanjakan 2, dan rasa paling pedas berada di tanjakan 3. Kalau Dolaners mau makan seblak di tanjakan 3, siapin tissue buat menyeka-nyeka air mata karena pasti kepedesan maksimal. Serious warning nih ya, khususnya buat Dolaners yang tak terlalu sanggup mentolerir rasa pedas, atau sudah terbiasa dengan manisnya makanan Yogyakarta. Pedasnya seblak Kedai Bandungan beneran nendang, citarasa khasnya makanan Sunda. Berani coba?


AKTIVITAS

Kuliner
Kedai Bandungan menyediakan makanan khas Parahyangan, seperti seblak, colenak, hingga roti bakar. Minuman-minuman khas Sunda juga tersedia, seperti kopi biji salak, teh, bajigur, bandrek, dan lain-lain.
Akomodasi
Makanan:
Roti Bakar Coklat: Rp 5.000,-
Pisang Bakar Coklat: Rp 6.000,-
Roti Bakar Keju: Rp 6.000,-
Colenak Original: Rp 7.000,-
Roti Bakar Coklat Keju: Rp 7.000,-
Pisang Bakar Keju: Rp 7.000,-
Seblak Original: Rp 8.000,-
Colenak Nangka: Rp 8.000,-
Pisang Bakar Coklat Keju: Rp 8.000,-
Seblak Makaroni: Rp 9.000,-
Seblak Telur Puyuh: Rp 10.000,-
Seblak Telur Arik: Rp 11.000,-
Seblak Ceker: Rp 12.000,-
Seblak Balungan: Rp 13.000,-
Seblak Mix Max: Rp 16.000,-

 

Minuman:
Air Putih/ Es: Rp 1.000,-.
Teh Panas/ Es: Rp 3.000,-
Susu Putih Es/ Panas: Rp 4.000,-
Kopi Hitam: Rp 4.000,-
Bandrek Kelapa: Rp 5.000,-
White Cappuccino: Rp 5.000,-
Es Milo Max: Rp 6.000,-
Kopi Biji Salak: Rp 6.000,-
Es Timun: Rp 7.000,-
Kopi Biji Salak Susu (Kopasus): Rp 7.500,-

Tips Kuliner
Kedai Bandungan terkenal akan seblaknya yang rasanya mantap. Tapi yang musti dicoba nih Dolaners, ya seblak telurnya. Selain seblak, Kedai Bandungan juga menawarkan menu roti bakar dan pisang bakar yang sama-sama enak. Boleh lah, menikmati selingan manis dari pedasnya seblak.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kedai Bandungan berada di kawasan Depok Yogyakarta, tak jauh dari Amanda Homestay. Atau, Dolaners bisa juga berpatokan pada kampus UPN. Nah, Kedai Bandungan di Jalan Ringin Raya ini berada di sebelah utara kampus UPN.
Dengan kendaraan pribadi, Dolaners langsung saja meluncur di Jalan Ring Road Utara, kemudian masuk ke Jalan Nusa Indah II. Melewati Pasar Condong Catur di kiri jalan, terus saja, sampai belok kanan di Jalan Ringin Raya. Kedai Bandungan berada di sisi kiri jalan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link