Kedai Cah Telu

758 views

Dolaners lebih suka makanan nusantara apa makanan impor? Kalau penyuka manakan lokal, Dolaners pasti tahu rasanya jika makan kurang sambal. Kurangnya citarasa pedas di lidah bisa bikin sesedap apapun masakan yang dicecap jadi terasa hambar dan ada yang kurang. Tapi jangan kuatir bila Dolaners lagi ada di Bontang. Di kota ini ada Kedai Cah Telu yang menghadirkan sambal untuk melengkapi menu-menu nusantaranya. Citarasanya? Wow, maknyus!

Kedai Cah Telu, Kedai Cah Telu Bontang, Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Bagus Galih Prayoga

Kedai Cah Telu. Namanya terdengar seperti berbahasa Jawa ya, Dolaners. Apa kedai ini ada di Jawa? Oh, bukan! Kedai ini ada di Bontang, Kalimantan Timur. Baru berdiri tahun kemarin, konsep kedai ini adalah modern serving, tapi mengusung menu-menu kuliner lokal, khususnya yang bercitasa masakan Jawa.

Yang unik, kedai ini seakan muncul dalam dunia kuliner secara asal-asalan. Ya… bukan asal-asalan juga, sih. Tapi memang Kedai Cah Telu tidak direncanakan dengan matang, atau melalui pertimbangan dan perhitungan yang super serius. Bahkan para owner kedai ini tak ada yang punya background pengusaha. Ketiga owner inilah yang jadi latar belakang pemilihan nama Cah Telu, yang bermakna tiga bocah yang semuanya asli dari Jawa.

Berbeda dari kedai-kedai pada umumnya, Kedai Cah Telu menggunakan media sosial yang membatunya semakin terkenal hingga menjangkau banyak pelanggan. Layanan antar juga tersedia, jadi kalau Dolaners lagi malas gerak bisa menggunakan fasilitas ini. Tapi sayang banget bila melewatkan suasana Kedai Cah Telu yang milenial dan kekinian. Memang suasana kedai yang hangat ini menjadi nilai tambah yang membuat hidangan Kedai Cah Telu jadi terasa lebih nikmat. Bahkan ada yang menganggap Kedai Cah Telu sebagai angkringan, saking santainya suasana di kedai ini dan menu-menu yang sangat familiar di lidah.

Meragukan kualitas Kedai Cah Telu? Jangan sampai deh, Dolaners. Buktinya, tak sampai setahun, kedai ini sudah melebarkan sayap ke Kabupaten Berau. Masih di Kalimantan Timur, tapi perkembangan yang cukup pesat untuk kedai yang baru berdiri. Apalagi dengan menu-menu yang khas Jawa tapi sanggup eksis di Kalimantan. Gimana kurang keren, tuh?


AKTIVITAS

Kuliner
Menu andalan Kedai Cah Telu adalah ayam bakar cadas, yang telah terlebih dahulu hits di media sosial. Menu dagangan salah satu owner ini kemudian menjadi menu andalan kedai yang dimiliki oleh ketiga orang pendirinya. Selain ayam bakar cadas, masih ada lagi ayam geprek, bebek goreng, tempe penyet, terong penyet, dan lain-lain. Yang jelas tak boleh ditinggalkan adalah sambal. Siapa sih yang nolak sambal kalau lagi ngebahas kuliner lokal?
Akomodasi
Harga makanan di Kedai Cah Telu cukup terjangkau, setara dengan harga makanan angkringan pada umumnya.
Tips Kuliner
Kedai Cah Telu menghadirkan suasana tempat makan yang cozy, cocok untuk kumpul-kumpul dengan orang-orang terdekat, berdua bersama pasangan, atau beramai-ramai dengan keluarga. Semuanya bakal jadi acara seru di Kedai Cah Telu. Oh ya, siapkan bekal sabar saat Dolaners menuju Kedai Cap Telu. Semua menu disiapkan setelah dipesan, jadi bakal butuh waktu beberapa saat untuk menyiapkan pesanan Dolaners. Apalagi saat suasana kedai sedang penuh pengunjung. Jelas, waktu tunggu akan jadi lebih lama.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau sudah cocok sama makanan Kedai Cah Telu, dan Dolaners sedang ada di Berau, bisa mampir ke kedainya. Kedai Cah Telu di Berau ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Bila mengkhawatirkan spot parkir, Dolaners bisa datang ke Kedai Cah Telu sebelum malam atau saat weekdays. Memang jadi tempat makan favorit, jadi saat weekends dan waktu makan malam Dolaners bisa kesulitan mendapat tempat parkir meskipun lahannya cukup luas.
Mudah sekali menemukan Jalan Bhayangkara di Bontang. Kalau masih kesulitan, Dolaners bisa menggunakan GPS atau bertanya langsung pada penduduk setempat.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link