Kedai Darling

1209 views

Dolaners penggemar masakan Asia? Memang tak banyak resto masakan Asia, apalagi masakan Thailand. Tapi saat ada di Kota Yogyakarta, Dolaners bisa mampir ke Kedai Darling. Bukan resto masakan Barat, kedai ini menghadirkan menu-menu khas Asia, khususnya Thailand, dengan beragam bahan masakan, mulai sayuran, daging sapi, daging ayam, hingga makanan laut. Penasaran seperti apa rasa masakan Thailand di kota gudeg ini?

Kedai Darling, Kedai Darling Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via jogjaeatguide

Bisa dibilang, segala hal tentang resto ini menarik. Namanya saja, Kedai Darling, sudah tak terdengar Jawa meskipun lokasinya di Kota Yogyakarta. Tapi sebenarnya nama Darling hanya akronim untuk Dapur Keliling, karena kedai ini berawal dari food truck yang menjajakan menu-menunya dari satu event ke event lain. Kini, Kedai Darling telah menjadi kedai favorit di Yogyakarta.

Dan menu andalan kedai ini adalah suki Thailand, yang juga dikenal sebagai steamboat atau hot pot di Cina dan shabu-shabu di Jepang. Unik ya, antara nama yang terdengar Barat, lokasi berada di Jawa, dan menu yang mengusung konsep Asia. Jadi bagaimana nih, menu-menu di Kedai Darling?

Kembali ke menu andalan Kedai Darling, si suki. Suki berupa hidangan berkuah yang disajikan dalam panci besar. Kedai suki, sama seperti Kedai Darling ini, telah menyiapkan kompor portabel di meja-mejanya untuk memasak suki dalam panci yang dihidangkan. Panci ini berisi kuah berbumbu, dan suki Thailand berbeda dari hot pot atau shabu-shabu karena kuah tom yam suki yang khas. Kedai Darling sendiri menawarkan menu suki dengan kuah original, kare, tom yam, dan kuah kaldu. Selain kuah kaldu, yang biasanya kaldu ayam, di dalam panci suki ada jamur, sawi putih, mie bakso, tahu, seafood, serta daging sapi atau ayam yang diiris tipis-tipis.

Udan nonton Shrek, kan? Nah, ada Viona di Kedai Darling. Eitts, bukan Princess Viona ya, Dolaners. Tapi Viona di Kedai Darling adalah menu suki Thailand dengan bumbu barbecue. Tak hanya Viona, Kedai Darling punya nama-nama spesial untuk menu-menu yang ditawarkannya, seperti Princess Belle, Mukidi, atau Sukiyem. Dua nama menu yang terakhir ini entah princess dari mana, ya.


AKTIVITAS

Kuliner
Kedai Darling mengkhususkan diri sebagai spesialis masakan Thailand, yang masih terhitung langka di Yogyakarta bahkan di kota-kota lain. Di kedai ini, Dolaners bisa menikmati aneka sayuran, mie, bakso, dan daging dengan kuah kaldu yang gurih. Kedai ini juga bisa jadi pilihan bagi Dolaners penggemar olahan daging sapi atau ayam.
Akomodasi
Three Musketeers: Rp 15.000,-
Sego Geni Ayam: Rp 20.000,-
Sophia Soy Vinaigrette Dressing: Rp 20.000,-
Selma Sesame Lemongrass Dressing: Rp 20.000,-
Ginny Creamy Ginger Dressing: Rp 20.000,-
Celine Cilantro Lime Dressing: Rp 20.000,-
Sally Shallot Lime Dressing: Rp 20.000,-
Sego Geni Sapi: Rp 25.000,-
Shrek Chicken with Basil Sauce: Rp 25.000,-
Chika Darling’s Chicken Wings: Rp 25.000,-
Chicken Duck: Rp 30.000,-
Princess Belle Beef Lemongrass: Rp 30.000,-
Viona Chicken Duck: Rp 30.000,-
Sukiyem: Rp 40.000,-/ Rp 50.000,-/ Rp 60.000,-
Mukidi Suki Thailand: Rp 70.000,-
Tips Kuliner
Menu yang wajib dicoba di Kedai Darling adalah Chicken Duck. Makanan ini leembuut dikunyah di mulut. Tapi kalau Dolaners lebih suka makanan berkuah, cobalah suki Thailand Kedai Darling yang unik, Viona dan Mukidi. Rasakan sensasinya meracik sendiri makanan di meja makan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Meskipun alamat resminya berada di Jalan Urip Sumoharjo, Kedai Darling sering mencantumkan Jalan Prof. Herman Yohanes sebagai alamat alternatifnya. Kenapa? Karena Dolaners bisa langsung menuju area parkir timur Galeria Mall.
Kedai Darling berada di salah satu sudut Perempatan Galeria, jadi sebenarnya Dolaners bisa mengaksesnya dari arah mana saja. Bisa dari Jalan Urip Sumoharjo, Jalan, Prof. Herman Yohanes, Jalan Letkol Subadri, atau Jalan Jend. Sudirman. Jika menggunakan bus kota, Dolaners bisa naik bus Jalur 8, Jalur 10, dan Jalur 14, kemudian turun di Jalan Urip Sumoharjo. Kalau menggunakan Trans Jogja, Dolaners bisa naik Trayek 1A atau 4B.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link