Klenteng Boen Bio Surabaya

1235 views

Sudah main ke mana saja saat Dolaners ada di Surabaya? Ke kawasan pusat-pusat perbelanjaan? Sudah ke kawasan pantai dan pelabuhan? Kini saatnya Dolaners melirik kawasan pecinan Kota Surabaya. Ada apa di sini? Ada yang unik, kuno, dan cantik, yaitu Klenteng Boen Bio. Klenteng ini bangunan yang telah berdiri seabad lebih. Apa tak penasaran nih Dolaners, bagaimana keadaan bangunan setua itu? Yuk intip bareng-bareng seperti apa.

Klenteng Boen Bio Surabaya, Klenteng di Surabaya, Klenteng Surabaya, Klenteng, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via pitalocadiyah

Saat Dolaners hendak melangkah masuk ke area Klenteng Boen Bio, yang tampak didepan mata adalah suguhan warna cerah merah, biru laut, dan kuning emas. Khas banget, warna-warna yang dipercaya membawa keberuntungan bagi orang-orang Tionghoa.

Melangkah lebih jauh, Dolaners akan disambut oleh dua pilar naga. Naga memang dianggap sebagai penolak roh atau kekuatan jahat sekaligus sebagai penjaga keseimbangan. Tapi hiasan naga di klenteng ini begitu indah, seakan Dolaners bisa menyaksikan visualisasi naga emas yang berliuk-liuk diantara riak air laut yang biru. Tak hanya pilar naga, bagian muka klenteng ini juga dijaga oleh Ciok Say, sepasang patung singa di sisi kanan dan kiri pagar pintu masuk. Kalau Dolaners melihat singa yang bersama anaknya, berarti itu adalah patung singa betina dan biasanya berada di sisi kiri. Sementara di sisi kanan adalah singa jantan, dan ada bola di area kakinya. Kalau tertarik, Dolaners bisa memeriksa sendiri.

Asal Dolaners tahu aja nih, tempat ibadah umat Konghucu yang sekarang berdiri tegap di Jl. Kapasan ini sebelumnya berlokasi di tempat lain dan baru dipindah ke lokasinya yang sekarang ini pada tahun 1907. Awalnya bernama Boen Thjiang Soe, klenteng ini hingga sekarang dirawat dengan baik sehingga para pengunjung masih bisa menikmati keindahannya yang tak lekang oleh masa. Kabarnya, Klenteng di Surabaya ini menjadi satu-satunya klenteng di Asia Tenggara yang khusus menjadi tempat ibadah umat Konghucu. Kalau sudah pernah mengunjungi tempat ibadah lain yang serupa, bisa jadi Dolaners agak heran melihat deretan bangku di ruang utama Klenteng Boen Bio. Di ruang utama ini, Dolaners akan mendapati dua lagi pilar naga Tiong Si yang melambangkan tenggang rasa. Sementara langit-langitnya berwarna biru bersih, lantai ruangan utama ini menghadirkan motif rumit yang indah.

Ada satu benda unik kuno di klenteng ini, konon merupakan hadiah dari Kaisar Cina, yakni plakat bertuliskan kaligrafi Cina, Sen Diau Nan Cing, yang berarti Berkumandang ke Selatan. Asal muasal benda ini saja sudah menjadi bukti betapa tuanya usia klenteng ini, dan semakin unik pula karenanya. Tentang plakat ini sendiri, memiliki makna penyebaran Konghucu ke wilayah selatan Cina. Tak dinyana, penyebaran Konghucu bisa sampai jauh melewati targetnya ya, Dolaners.


AKTIVTAS

Kuliner
Klenteng Boen Bio letaknya berada dalam satu kawasan pecinan, sehingga Dolaners masih bisa menemukan makanan khas Tionghoa tak jauh dari lokasi klenteng ini berada.
Akomodasi
Bila Dolaners hendak melihat-lihat unik dan menariknya bangunan klenteng ini, tidak ada biaya yang harus dibayarkan.
Kegiatan
Klenteng ini punya detail-detail yang menarik untuk diabadikan dalam kamera. Bila Dolaners datang untuk berwisata, jalan-jalan berkeliling dan melihat-lihat bangunan ini, bahkan berfoto-foto, pastikan untuk tidak mengganggu kegiatan yang berlangsung di tempat ibadah umat Konghucu ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Klenteng ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Konghucu hingga sekarang. Pada beberapa waktu tertentu, misalnya saat malam tahun baru Imlek, umat Konghucu berdoa di Klenteng Boen Bio. Sebaiknya, Dolaners bisa memilih waktu yang tepat untuk datang ke Klenteng ini, khususnya bila tujuan Dolaners adalah untuk berwisata.
Tentunya, Dolaners bisa sampai di kawasan Kapasan Surabaya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tapi sepertinya masih agak susah menemukan lahan parkir di sekitar klenteng ini. Alternatifnya, Dolaners bisa menggunakan bus kota JTK2, A, WK, R, D, T2, DKM, atau P6. Dolaners juga bisa menggunakan taksi konvensional ataupun taksi online.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link