Klenteng Sam Po Kong

1280 views

Pernak pernik khas Tionghoa begitu terasa ketika Dolaners menyambangi Klenteng Sam Po Kong. Bangunan yang dibangun diatas tanah luas yang ditata dengan begitu rapi dan rindang dengan adanya pepohonan yang mampu menyejukkan pengunjung ditengah kota Semarang yang berhawa panas, lampion, dan patung naga.

Klenteng Sam Po Kong

Photo by wisatadisemarang.com

Saat Dolaners memasuki kompleks Klenteng Sam Po Kong, Dolaners akan menemukan bangunan berupa gua Sam Po Kong dan klenteng yang berukuran besar, tempat pemujaan yang berjumlah empat (Kyai Jangkar, Kyai Juru Mudi, mbah Kyai Tumpeng dan Kyai Cundik Bumi) dan Klenteng Tho Tee Kong. Kompleks gua dan klenteng besar merupakan bangunan yang paling vital karena berfungsi sebagai pusat semua kegiatan pemujaan. Di gua ini Dolaners bisa menemukan mata air yang tidak pernah kering yang konon peninggalan Zheng He (Sam Po Tay).

Bangunan Klenteng Sam Po Kong ini merupakan sebuah bangunan tunggal dengan atap yang bentuknya susun dan tidak mempunyai serambi terpisah yang tidak sama dengan klenteng lainnya. Ruang pemujaan Sam Po Kong terdapat dibagian tengah ruangan. Klenteng ini seperti klenteng pada umumnya yang dominan warna merah dengan bangunan dan atap yang khas Tionghoa. Aliran sungai kecil dengan hiasan air mancur yang menarik membuat bangunan ini semakin terasa sejuk dipandang.

D Klenteng Sam Po Kong Semarang, Dolaners bisa menikmati beberapa agenda utama di Semarang yang diadakan setiap tahun yakni hari raya Imlek dan peringatan pendaratan Zheng He. Peringatan tersebut diawali dengan upacara adat keagamaan di gang Lombok di kuil Tay Kak Sie kemudian disusuk arak-arakan patung Sam Po Kong dari kuil menuju Gedong Batu. Lalu patung tersebut ditaruh dengan patung Sam Po Kong yang asli secara berdampingan di Gedong Batu.

Klenteng Sam Po Kong selain digunakan sebagai tempat ziarah dan tempat ibadah jga bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik untuk disambangi para wisatawan. Tempat ini juga bergelar Gedong Batik arena konon dulu tempat ini bersal dari sebuah gua dari batu raksasa yang terdapat di bukit batu. Namun ada juga yang menyebutnya Kedong Batu yakni batu alam yang bertumpuk dan dipakai untuk membendung aliran sebuah sungai.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Klenteng Sam Po Kong, Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan karena di sekitar kawasan wisata sejarah Klenteng Sam Po Kong Semarang ini terdapat banyak tempat kuliner seperti The Tavern Resto, Soto Pak Man, Cowek Ireng Resto, Pesta Keboen Resto, Nest’co The Bistro, Iga Bakar Tandhok, Mary Anne’s Artisan Ice Cream bahkan hingga Toko Oleh oleh Bandeng Juwana ada disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Halaman Klenteng : Rp. 3.000,-
Biaya Tiket Masuk Kompleks Bangunana Klenteng : Rp. 20.000,-
Biaya Membeli Hio : Rp. 10.000,-
Biaya Sewa Kostum Kerajaan China : Rp. 80.000,-
Kegiatan
Klenteng Sam Po Kong Semarang selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Di halaman yang cukup luas di depan Klenteng Sam Po Kong, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Di sinilah Dolaners bisa menyaksikan atraksi atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperngati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China. Selain melihat kemegahan bangunan Klenteng Sam Po Kong Semarang, Dolaners juga bisa berfoto dengan kostum khas Tionghoa. Dengan menbayar Rp. 80.000,- untuk menyewa kostum dan bisa berfoto di lokasi yang Dolaners inginkan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Klenteng Sam Po Kong ini cukup mudah. Dolaners dari Tugu Muda mengarah saja ke Jl. Jend.Sudirman – Psr. Karangayu – Jl.Puspowarno – Jl.Pamularsih, kemudaian ke Jl. Simongan, dan Dolaners akan sampai di Klenteng Sam Po Kong.

Untuk menuju ke Klenteng Sam Po Kong ini Dolaners bisa menggunakan kendaraan umum mapun kendaraan pribadi. Dolaners bisa naik taxi, ojek atau angkutan umum. Untuk angkutan umum, jika Dolaners dari arah barat kota Semarang dan menggunakan transportasi bus umum jurusan Mangkang – terminal Terboyo.

Jika Dolaners dari Magelang, Jogja, Solo dan sekitarnya, setelah masuk kota Semarang, Dolaners bisa memilih, mau menggunakan bus jurusan Mangkang, atau angkot jurusan Pasar Karang Ayu, atau Manyaran. Dolaners yang dari arah timur Kota Semarang, bus jurusan terminal Terboyo – Mangkang adalah pilihan paling tepat.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link