Kota Lama Semarang

802 views

Kota Semarang sebagai salah satu kota yang berusia tua di Indonesia. Oleh sebab itu, tak heran kalau di sana banyak sekali bangunan bersejarah yang memiliki nilai historis yang amat kental. Oleh sebab itu, ada baiknya dolaners pergi ke Semarang untuk jalan-jalan ke Kota Lama Semarang.

Kota Lama Semarang

Photo by klikhotel.com

Kota Lama Semarang adalah kawasan di Semarang yang dipenuhi dengan bangunan peninggalan kolonnial Belanda. Di Kota Lama Semarang dolaners bisa berwisata sambil belajar tentang sejarah. Luas Kota Lama Semarang kurang lebih 31 hektar. Kota Lama Semarang kita bisa melihat bangunan sebagai saksi sejarah. Selain bangunan peninggalan bersejarah yang penuh kenangan di masa lalu, bentuk atau desain bangunannya sangatlah indah. Khas seperti bangunan di Eropa yang memiliki pintu dan juga jendela yang sangat besar dan megah. Walaupun usia bangunan di Kota Lama Semarang sudah tua, namun kekohohannya masih tampak di depan mata.

Bangunan yang ada di Kota Lama Semarang sangat Nampak indah. Tak salah kalau banyak pelancong yang datang kesana untuk sekadar berjalan jalan atau memfoto indahnya gedung gedung di Kota Lama Semarang. Sejarah adalah hal amat penting, di bangunan tua itulah saksi bisu perjuangan bangsa Indonsia direkam. Lokasinya dekat dengan pusat perekonomian sehingga tak salah kalau di Kota Lama Semarang sering terjadi akulturasi budaya. Memang Semarang penuh dengan sejarah dan juga nilai edukasi dalam hal historis. Jadi bagi dolaners yang ingin wisata yang beda dari sebelum sebelumnya cobalah datang ke Kota Lama Semarang. Pengalaman yang berbeda akan anda dapatkan di sana. Menikmati dinding dan arsitektur Eropa ala abad 19 dan abad 20 bisa anda rasakan. Coba kapan lagi kita bisa merasakan sensasi berada di masa lalu? Jagan lupa mengajak teman, keluarga, atau pacar jalan-jalan di kawasan Kota Lama Semarang.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin mengunjungi Kota Lama Semarang ini tidak perlu khawatir untuk kelaparan karena di sekitar kawasan ini juga banyak sekali terdapat aneka tempat kuliner yang menarik dan selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Mulai dari angkringan hingga restaurant semua ada disini, seperti Spiegel Bar & Bistro. Tekodeko Koffiehuis, Loenpia Gang Lombok, Rumah Makan Singapore, Warung Soto Bangkong, Kedai Beringin, Soto Ayam Bokoran, Bakmie Hap-Kie, Warung Asem asem, Ayam Kaligarong, Lekker Paimo dan masih banyak lagi.
Kegiatan
Bagi Dolaners yang mempunyai hoby fotografi, Kota Lama Semarang wajib untuk Dolaners kunjungi. Hal ini karena di kawasan ini banyak spot spot menarik untuk diabadikan. Pertama-tama Dolaners bisa mengunjungi Stasiun Tawang yang masih nampak megak dengan kubah besar di tengahnya. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengendali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Di seberangnya terdapat Pabrik Rokok Praoe Lajar yang merupakan pabrik rokok indie yang beroperasi sejak jaman pemerintahan Belanda sampai sekarang. Bangunannya pun masih terawat sampai saat ini. Tidak jauh dari situ terdapat gedung Marabunta dengan ciri khas semut besar di kedua atapnya. Gedung ini dulunya merupakan gedung pertunjukan. Ada juga gedung Marba yang terdapat di salah satu sudut area Kota Lama Semarang ini dengan ciri khas warna merah marun di dinding luarnya. Dari situ sudah nampak Gereja Blenduk yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad. Gereja yang memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk ini masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga kini dengan nama G.P.I.B. Immanuel. Di seberang Gereja Blenduk terdapat gedung kuno yang menjadi kantor asuransi Jiwasraya. Berjalan ke arah Barat Dolaners akan menemui Jembatan MBerok yang dulunya merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke kawasan gedung-gedung “Belanda” ini. Masih ada banyak bangunan lain yang berada di Kota Lama Semarang ini antara lain: Kantor Pos Pusat, Gedung PELNI, Djakarta Lloyd, Gedung Bank Export Import Indonesia, PT. Perkebunan XV, Gedung Kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesia, dan juga Titik Nol Kota Semarang.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan untuk bisa sampai ke Kota Lama Semarang ini sangat mudah. Hal ini dikarenakan letaknya yang strategis berada di tengah kota yakni lebih tepatnya tak jauh dari stasiun Tawang Semarang.
Akses menuju Kota Lama Semarang sangat mudah dilakukan baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dolaners bisa menggunakan Bus Trans Semarang Koridor II (jalur berwarna merah) ke arah Terminal Terboyo, dan turun di shelter Stasiun Tawang. Atau dari Koridor I (jalur berwarna biru) transit di shelter SMA 5 Semarang, berpindah ke Koridor II, turun di shelter Stasiun Tawang. Dari sini Dolaners bisa jalan kaki untuk mengeksplor wilayah Kota Lama Semarang ini, atau bisa juga dengan naik (sewa) becak jika takut kecapekan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link