Kota Tua Ampenan

1120 views

Sebuah kota yang menyuguhkan deretan bangunan tua bercorak arsitektur masa lampau sekaligus sebuah kota yang menjadi saksi bisu pada masa keemasan dan kejayaan Ampenan di masa lalu.

Kota Tua Ampenan

Photo by looklombokindonesia.com

Kota Tua tak hanya dimiliki oleh Jakarta saja namun ternyata Mataram juga memilikinya yaitu Kota Tua Ampenan. Disebut kota tua karena di kota ini terdapat puluhan bangunan tua dan kuno yang merupakan peningalan Belanda dengan model arsitektur yang lebih menarik dan lebih unik untuk dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

Ketika Dolaners menginjakkan kaki di tanah Kota Tua Ampenan maka Dolaners akan merasakan nuansa nostalgia dan bercengkerama dengan kehidupan di masa yang telah lampau. Dimasa lalu, kota Ampenan ini memiliki zaman keemasan dan kejayaan sebagai armada pelabuhan serta pusat perekonomian dan perdagangan. Di Kota Tua Ampenan inilah segala kegiatan perdagangan dan perekonomian dijalankan sekaligus sebagai salah satu pelabuhan dimana Belanja menjadikan tujuannya.

Kejayaan Kota Tua Ampenan dalam perannya sebagai kota armada pelabuhan terlihat dari terdapatnya sisa-sisa reruntuhan dari konstruksi armada pada pinggiran pantai Ampenan yang saat ini telah menjadi salah satu tujuan dari tempat parwisata di kota Mataram. Tak hanya arsitektur Belanda bahkan arsitektur Cina juga tampak terlihat dengan kokohnya berdiri disekeliling areal pantai yang menjadi bekas dari armada pelabuhan Ampenan pada sepanjang kanan dan kiri simpang lima di Kota Tua Ampenan yang bertujuan ke pantai Senggigi, Lombok Barat.

Sebagai pusat pemerintahan Kota Mataram dengan nilai sejarah dan keunikan yang dimilikinya, Kota Tua Ampenan menjadi salah satu dari ikon pariwisata unggulan di Mataram baik bagi wisatawan mancanegara maupun lokal. Perekonomianpun sebenarnya bisa dikembangkan kembali dengan pemberdayaan masyarakat lokal. Terlebih jika ingin sedikit jeli untuk melihat kecenderungan para wisatawan dan tren-tren terutama untuk wisatawan mancanegara supaya tertarik untuk datang mengunjungi tempat yang memiliki nilai historis dan unik, maka Kota Tua Ampenan ini patut dijadikan sebagai objeknya dan tentu berpotensi sangat bagus.

Kota Tua Ampenan telah menanti kunjungan Dolaners untuk menikmati keunikan tersembunyinya.


AKTIFITAS

Kuliner
Jika Dolaners berkunjung ke Kota Tua Ampenan ini, Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan. Di Kota Tua Ampenan ini, bisa Dolaners jumpai ruko-ruko berarsitektur kuno namun menjual beragam kuliner khas Lombok dengan rasa yang lezat. Dolaners bisa menjumpai beragam makanan khas seperti Ayam Taliwang, Plecing Kangkung dan banyak kuliner khas lainnya yang dominan dengan rasa pedas.
Kegiatan
Di kawasan Kota Tua Ampenan ini Dolaners akan menemukan Kampung Cina, Kampung Melayu, Kampung Bali, Kampung Bugis, Kampung Arab dan Kampung Banjar. Keragaman etnis ini memperkuat sejarah dari keberadaan pelabuhan yang mempermudah akses masuknya beragam kebudayaan ke wilayah Ampenan ini. Salah satu area favorit adalah wilayah bekas dermaga. Ketika Dolaners memasuki wilayah bekas dermaga ini, Dolaners masih bisa menemukan sisa reruntuhan dari dermaga tersebut. Saat ini, sisa dermaga tersebut digunakan sebagai lokasi memancing bagi masyarakat lokal maupun wisatawan yang ingin menikmati suasana di wilayah dermaga ini. Selain itu, kegiatan memancing ini sering dilakukan untuk menunggu sunset yang indah dari tempat ini. Hal ini tak terlepas dari fungsi bekas dermaga ini sudah menjadi objek wisata berupa pantai. Ketika bewisata, tentunya Dolaners juga harus menikmati kuliner khas Kota Mataram ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Kota Tua Ampenan ini cukup mudah ditempuh. Jika dari pusat kota Mataram anda bisa langsung menuju Jalan Pejangik atau Jalan Langko, ikuti saja jalan utama hingga anda memasuki Jalan Yos Sudarso. Tak lama anda akan tiba di simpang lima dimana dari simpang inilah wisata anda menuju Kota Tua Ampenan dimulai.
Jika Dolaners ingin berkunjung ke Kota Tua Ampenan ini, bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Baik roda 2 maupun roda 4. Untuk Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik taxi, ojek, angkutan umum dari pusat Kota Mataram atau bisa juga menggunakan angkutan khas NTB yang berupa delman yang bernama Cidomo.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link