Kota Tua Jakarta

1919 views

Obyek wisata yang penuh dengan edukasi sejarah ini, akan membawa Dolaners kembali menuju masa lampau yang kaya akan sejarah. Edukasi sejarah mengenai Kota Batavia ini juga akan melengkapi imajinasi buah hati yang memang memerlukan konsumsi mengenai berita sejarah.

Kota Tua Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

Sesekali mari berkeliling sisi lain dari kota Jakarta, jika biasanya Jakarta di kenal dengan hiburan mall, restoran megah nan mewah, maka Dolaners dapat mencari suasana yang berbeda dengan singgah di Kota Tua Jakarta. Dengan mengunjungi tempat yang satu ini, dapat memperkaya pengetahuan bagi Dolaners dan si buah hati. Nuansa klasik yang bergaya sejarah pun akan Dolaners jumpai.

Kota Tua Jakarta merupakan sebuah tempat wisata yang di susun dengan beberapa area, yaitu area Peninggalan Belanda, Taman Fatahillah, Cafe Batavia, Museum Sejarah Jakarta serta Museum Wayang. Setiap zona mempunyai aneka karya yang berbeda, sehingga Dolaners dan keluarga tidak akan merasa bosan apabila mengunjungi satu per satu zonanya. Zona peninggalan Belanda atau yang disebut juga sebagai Oud Batavia ini merupakan area mini yang terbentang dari utara dan barat Jakarta. Jika Dolaners mulai masuk kawasan Kota Tua Jakarta, Dolaners akan menjumpai panorama berupa gedung-gedung tua milik Belanda tempo dulu, yang didirikan pada abad ke-19 dan 20.

Zona yang kedua di Kota Tua Jakarta ialah Taman Fatahillah. Taman ini di penuhi oleh gedung-gedung tua yang kini dipergunakan sebagai Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan keramik, serta Kantor Pos Indonesia. Terdapat juga bangunan seperti Cafe Batavia yang dapat di kunjungi setelah lelah mengelilingi kota tua. Di Taman ini, Dolaners dapat berkeliling menggunakan sepeda kayuh yang dapat Dolaners sewa di tempat persewaan yang berada di sekitar area ini, Dolaners juga akan di suguhi oleh atraksi-atraksi dari para seniman serta atraksi lain berupa kuda lumping. Jarak zona satu dengan zona yang lainnya berdekatan, sehingga Dolaners tidak perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra untuk sampai ke zona yang dituju.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk masalah makanan, Dolaners tidak perlu takut akan kelaparan. Hal ini karena di kawasan Kota Tua Jakarta ini banyak terdapat tempat makan. Mulai dari warung kaki lima hingga restaurant. Seperti Cafe Batavia, Kantin Mega Rasa, Super Star Resto, Cahaya Mentari Resto, Warung Kota Tua, Warung Kopi Tak Kie, Bakmi Toko Tiga, 1001 Restaurant dan masih banyak lagi.
Akomodasi
Biaya Sewa Sepeda Onthel : mulai Rp. 15.000,-
Biaya Foto Langsung Jadi : Rp. 20.000,-
Kegiatan

Beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan selama berada di kawasan Kota Tua Jakarta ini, yakni :

  • Keliling museum

Di Kota Tua Jakarta ini Dolaners bisa berkunjung ke museum untuk sekalian mengenal sejarah sambil berwisata. Salah satu museum yang terkenal adalah Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah. Namun tidak hanya itu saja terdapat pula Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan Museum Bahari.

  • Seniman jalanan

Aksi seniman jalanan selalu seru untuk Dolaners tonton. Mereka punya banyak jurus-jurus maut dan produk yang menghibur para pelalu-lalang kesepian yang lagi ngusir sumpek. Spot yang paling rame seniman adalah sekitar Taman Fatahillah. Dolaners bisa menemukan tukang ramal, perajin gelang, pelukis siluet, sampai seniman tato, semua ada.

  • Tontonan gratis

Topeng monyet, street dance, dan boneka tali adalah beberapa atraksi menarik yang biasa ditampilkan di Kota Tua Jakarta. Dolaners tidak perlu modal banyak. Cukup siapin uang kecil saja untuk sumbangan seikhlasnya.

  • Naik onthel

Ini dia aktivitas wajib bagi Dolaners yang baru pertama ke Kota Tua, naik onthel. Di Kota Tua Jakarta penyewaan onthel bertebaran. Pinjam onthel untuk keliling Taman Fatahillah setengah jam dibanderol Rp. 15.000. Kalau pengen eksplor lebih jauh lagi, bisa juga naik onthel ke Toko Merah, Jembatan Intan, dan Museum Bahari. Tarif sewanya Rp. 50.000 per sepeda. Jangan lupa menawar, agar Dolaners bisa pinjam dengan harga yang lebih murah.

  • Foto narsis

Menawarkan nuansa tempo dulu, dengan arsitektur Eropa lama, ada banyak sudut di Kota Tua Jakarta yang memang cocok untuk latar foto narsis. Beberapa mobil antik juga parkir di Kota Tua. Dolaners bisa berfoto bareng si mobil. Tapi kalau pengen fotonya langsung dicetak dan mau dapet versi digitalnya untuk dicetak ulang, Dolaners butuh merogoh kocek Rp. 20.000.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta ini, yakni jika Dolaners berangkat dari kawasan Monas Jakarta, maka ambil arah ke Medan Merdeka Barat – Majapahit – Harmoni – Gajah Mada – Pintu Besar Selatan – Pintu Besar Utara, maka Dolaners akan sampai di Kota Tua.
Untuk dapat sampai ke kawasan Kota Tua Jakarta ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, bisa naik bus transjakarta, angkot, kopaja, taxi, atau ojek.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link