Kuningan, Jakarta

762 views

Berwisata ke mana di Kota Jakarta? Sudah ke kawasan pantainya? Karena kota pelabuhan, tentu berwisata ke area pantai tak boleh dilewatkan. Tapi Jakarta juga kota bisnis. Roda perekonomian seakan berpusat di kota ini. Pusat-pusat bisnis juga bermarkas di Jakarta. Dan kawasan yang terkenal akan kehidupan bisnisnya adalah Kuningan. Mencakup beberapa ruas jalan, kawasan Kuningan punya berjuta hal yang bisa Dolaners lihat sebagai destinasi wisata kota.

Kuningan Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via fietter

Kuningan adalah sebuah kawasan yang terkenal di Jakarta sebagai satu dari tiga titik segitiga emas bisnis. Kawasan ini mencakup Jalan Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto, Jalan M.H. Thamrin, dan Jalan Jenderal Sudirman. Rasuna Epicentrum dan Mega Kuningan adalah dua kawasan bisnis terkenal yang ada di jalan-jalan ini, dan masih ada pula kantor-kantor kedutaan besar Australia, Singapura, Polandia, Malaysia, Swiss, Rusia, India, Nigeria, dan negara-negara lain di dunia.

Sebelum menjadi kawasan bisnis seperti sekarang ini, Kuningan dahulunya adalah sebuah wilayah dalam kekuasaan Kerajaan Sunda Pajajaran. Saat Kerajaan Demak dan Cirebon bermaksud merebut Banten dan Sunda Kalapa, seorang bupati dari Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Dipati Ewangga, turut serta dalam pertempuran. Dipati Ewangga, yang dikenal juga dengan nama Dipati Cangkuang, memimpin pasukan Kuningan, merujuk pada daerah asalnya. Setelah berhasil merebut kota pelabuhan yang kemudian diganti nama menjadi Jayakarta, pasukan ini bermukim di kawasan yang sekarang dikenal sebagai Kuningan, lagi-lagi merujuk pada daerah asalnya di bagian timur Jawa Barat.

Cerita kawasan Kuningan berlanjut pada tahun 1970, saat dimulainya proyek Kuningan. Proyek ini menghubungkan Menteng dan Kuningan dengan sebuah jembatan permanen. Lima tahun kemudian, jalan dan jembatan ini diaspal. Demi proyek ini, terjadi penggusuran besar-besaran yang cukup merugikan penduduk sekitar. Sebagian besar warga saat itu bermatapencaharian sebagai peternak sapi perah dan memiliki lahan rumput cukup luas di sekitar rumah yang dijadikan sebagai sumber pakan ternaknya.

Sepertinya memang sejak dulu kawasan Kuningan ini tak pernah diam ya, Dolaners. Selalu bergerak dan berkembang sesuai permintaan zaman. Bahkan hingga saat inipun, masih bergulir perubahan-perubahan yang terus terjadi.


AKTIVITAS

Kuliner
Makan-makan? Kuningan bisa jadi surga kuliner. Makanan apapun yang Dolaners mau, bisa ditemukan di Kuningan. Di sini ada resto-resto terkenal, misalnya Loewy, Casadina Kitchen & Bakery, Blue Grass, Sari Laut Jala Jala, Hummingbird Eatery, Outback Steakhouse, Liquid Exchange, Cazbar, Sailendra, Ratatouille, E&O, Mango Tree Bistrobar, Penang Bistro, Otel Lobby, atau yang lain-lain.
Akomodasi
Biaya, tergantung ke mana Dolaners melangkah. Tapi kalau Dolaners cuma jalan-jalan melangkah tanpa arah, kawasan ini takkan meminta rupiah. Kecuali hingga saat Dolaners kelelahan dan butuh makan.
Kegiatan
Kalau Dolaners berminat mengunjungi makam, lokasinya berada di dekat Gedung Telkom Divisi Regional 2. Makam ini dikenal sebagai makam Pangeran Kuningan, yang kemungkinan adalah Dipati Ewangga. Tapi masih banyak hal lain yang bisa dilakukan di Kuningan, alih-alih mengunjungi makam. Berbelanja, misalnya. Pusat-pusat perbelanjaan besar di Jakarta seolah terkumpul di kawasan ini. Sebut saja, misalnya Plaza Semanggi, Mall Ambassador, Bellagio Boutique Mall, atau ITC Kuningan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Selain wisata belanja, Dolaners bisa menikmati landmark kawasan Kuningan yang terkenal. Atrium Mulia, Barclays House, Ebeneger, Gedung Mayapada Tower, Atrium Setiabudi, Citra Graha, Gedung Ebenezer, Gedung Menara Duta, Gedung Kartika Chandra, atau Gedung Plaza Marien adalah beberapa dari landmark kawasan Kuningan. Tempat terkenal lain di kawasan ini adalah Menara Mulia, Marriot Jakarta, Crown Plaza Jakarta, Balai Kartini, Plaza Semanggi, Atma Jaya, dan lain-lain. Seakan tak ada habisnya disebutkan, memang.
Kawasan bisnis yang sangat sibuk ini bisa dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi. Tapi perlu diingat ada beberapa ruas jalan yang tidak bisa dilalui kendaraan roda dua. Harus juga diperhatikan tentang peraturan ganjil genap di kawasan ini.

 

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link