Lawang Sewu Semarang

1582 views

Bangunan bersejarah saksi perjuangan kemerdekaan tersaji dengan sempurna diantara hiruk pikuk keramaian kota Semarang. Arsitektur gaya Eropa yang unik menyuguhkan pemandangan yang luar biasa terutama bagi pecinta fotografi. Kemegahan arsitektur dengan berbagai bangunannya yang bernuansa kuno nan megah menjadi keunikan tersendiri untuk dikunjungi.

Lawang Sewu Semarang

Photo by swaralakbok.wordpress.com

Disisi megahnya Tugu Muda yang menjulang Dolaners bisa menemukan sebuah bangunan megah dan berarsitektur indah. Bangunan megah tersebut tidak lain adalah Lawang Sewu Semarang. Ciri khas yang paling Nampak dari obyek wisata ini adalah jumlah bangunan yang begitu banyak diatas tanah yang luas dan terjaga keasriannya dengan banyak pintu dan jendela. Sehingga masyarakat setempat dan pengunjung menamainya dengan sebutan Lawang Sewu dalam bahasa Jawa atau seribu pintu. Padahal sebenarnya jumlahnya tidak sampai seribu, Namun saking banyaknya jendela yang lebar dan tinggi masyarakat seringkali menyebutnya dengan pintu. Lawang Sewu Semarang memiliki bangunan utama berlantai tiga dengan bangunan sebagai sayap disebelah kiri dan kanan.

Apabila Dolaners memasuki bangunan utama maka tangga besar menuju lantai dua akan Dolaners temukan. Terdapat kaca besar dengan pose dua wanita muda Belanda diantara tangga tersebut yang berasal dari gelas. Seluruh jendela, pintu dan bangunan merupakan adopsi dari arsitektur Belanda. Dengan paduan taman yang indah, luas, asri dan bangunan berarsitektur indah menjadikan Lawang Sewu menjadi tempat yang eksotis dan romantik untuk pose pre wedding. Arsitektur dengan banyak pintu dan jendela tersebut bukan dibangun tanpa maksud oleh arsiteknya. Hal ini karena para arsitektur menyesuaikan bangunan kantor modern pada jaman itu dengan iklim di Semarang yang panas. Uniknya seluruh bahan untuk membangun Lawang Sewu Semarang ini didatangkan dari Eropa secara langsung kecuali kayu jati, batu alam dan batu bata dari alam Indonesia.

Saat Dolaners mengunjungi Lawang Sewu Semarang jangan lupa untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap moment. Mesti nuansa mistis sedikit menyeruak oleh bangunannya yang klasik namun tidak menjadi masalah bukan, toh kita juga bisa sekaligus berwisata religi dengan mengamati lukisan Illahi yang megah hasil karya makhluk nomor satu dibumi tersebut.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Lawang Sewu, Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan karena di sekitar kawasan wisata sejarah Lawang Sewu ini terdapat banyak tempat kuliner seperti Pempek Ny. Kamto, Rumah Makan Rodjo, J. Co Donuts & Coffee, Sriwijaya Sate House, Dyriana Bakery, Square Restaurant, Tong Tji Cafe, Horapa Seafood & Thai Kitchen bahkan hingga Toko Oleh oleh Bandeng Juwana ada disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- (Dewasa) dan Rp. 5.000,- (Anak anak dan Pelajar)
Biaya Sewa Guide : Rp. 30.000,-
Biaya Tiket Masuk Penjara Bawah Tanah : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Jika Dolaners sedang berkunjung ke Lawang Sewu, mungkin yang terbersit adalah wisata misterinya. Karena memang di lawang sewu ini sering dijadikan tempat untuk syuting film horor. Bagi Dolaners yang ingin berjuji nyali, Dolaners bisa mengunjungi penjara bawah tanah yang terdapat di area lawang sewu ini. Namun tidak hanya wisata mistisnya saja, ada beberapa spot yang sangat bagus untuk berfoto di Lawang Sewu. Salah satunya di lantai 2 pada sebuah teras yang langsung menghadap ke Tugu Muda. Dolaners akan mendapatkan sebuah angle foto berbackground museum Mandala Krida, Wisma Perdamaian dan Tugu Muda akan kelihatan sangat indah. Sebaliknya, jika Dolaners sedang berada di kompleks luar Lawang Sewu, cobalah berpose didekat lampu merah sudut depan pintu masuk Lawang Sewu, dan Dolaners akan mendapat angle keseluruhan lawang sewu yang sangat menarik. Layak untuk dicoba. Tak heran jika di Lawang Sewu ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan foto pre wedding.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Lokasinya yang berada di tengah kota menjadikan akses jalan menuju Gedung Lawang Sewu sangat mudah untuk ditemukan. Dolaners bisa mengguanakan kendaraan pribadi menuju arah Simpang Lima, Lawang Sewu sangat dekat dengan kawasan ini.
Untuk menuju ke wisata Lawang Sewu ini Dolaners bisa menggunakan kendaraan umum mapun kendaraan pribadi. Dolaners bisa naik taxi, ojek atau angkutan umum. Untuk angkutan umum Dolaners bisa menggunakan angkutan umum dari stasiun menuju rute Tugu Muda, dengan biaya Rp. 4.000,- saja.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link