Lembah Teletubbies

2137 views

Berlarian, berbaring terlentang hingga berteriak sekencang-kencangnya begitulah kebebasan yang ditawarkan untuk para wisatawan di luasnya hamparan rumput hijau diselingi bunga-bunga kecil yang berwarna kuning. Dibalut hawa dingin dan sejuk khas pegunungan yang menusuk tulang, indahnya pemandangan mahakarya Tuhan ini akan menghangatkan hati sejauh mata memandang.

Bukit Teletubbies Bromo

Photo via Muhamad Iqbal

Awalnya padang savanna dengan kemiripannya seperti di daratan tinggi New Zealand ini memiliki nama Lembah Jemplang. Namun berjalannya waktu, meniru dari serial anak-anak di televisi, hamparan layaknya karpet hijau yang hidup inipun lebih populer disebut Lembah Teletubbies. Berada di area wisata Gunung Bromo, Lembah Teletubbies berada di sebelah selatan kawah Bromo. Jadi untuk Dolaners yang berkunjung ke Gunung yang pendakiannya berupa anak tangga ini jangan melewatkan kesempatan untuk juga mengunjungi Lembah Teletubbies. Karena beberapa wisatawan yang awam mengenai sejumlah spot cantik di wilayah Bromo biasanya tidak tahu keberadaan Lembah Teletubbies.

Selain melihat keindahan alamnya, Dolaners juga bisa menjadikan Lembah Teletubbies sebagai objek fotografi yang Instagenic. Bahkan saat ini tak jarang yang mengadakan sesi foto pre wedding di lokasi dengan medan yang banyak dilalui kendaraan jenis jeep ini. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Lembah Teletubbies Bromo yaitu pagi hari hingga sore hari ketika cahaya matahari cukup menyinari karena jika malam hari hanya akan terlihat siluet saja.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi para Dolaners yang ingin menikmati jenis makanan dan minuman yang ditawarkan pengelola bisa memanfaatkan jejeran warung hingga depot yang tersedia di area pintu masuk wisata Bromo ataupun tempat berkumpulnya kendaraan Jeep. Disarankan membawa perbekalan minuman hangat maupun coklat dikarenakan sepanjang perjalanan menuju Lembah Teletubbies Bromo juga telah diselimuti hawa dingin.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal: Rp 27.500,- (hari kerja) dan Rp 32.500,- (hari libur)
Biaya Tiket Masuk Kendaraan: Rp 10.000,- (roda 4), Rp 5.000,- (roda 2)
Kegiatan
Luasnya Lembah Teletubbies Malang bisa Dolaners manfaatkan untuk melakukan bermacam kegiatan seperti berkemah dengan membawa perlengkapan tenda sendiri Dolaners akan merasakan sensasi uap yang keluar dari mulut dikarenakan dinginnya hawa disini. Foto pre wedding dengan latar padang rumput hijau dan perbukitan menambah cantik keserasian dua insan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Menuju lokasi Lembah Teletubbies yang berada di wilayah wisata Gunung Bromo, Dolaners bisa memilih dua jalur alternatif yaitu melewati jalur utara dengan rute Pasuruan – Probolinggo ataupun melewati jalur barat dengan rute Tumpang (Kabupaten Malang) hingga Ranu Kumbolo. Namun perlu Dolaners ketahui bahwa jalur barat lebih ekstrim karena melalui perbukitan dan minim penerangan juga fasilitas jalan raya dibandingkan jalur utara yang telah beraspal dan lebih aman.
Telah banyak jasa paket wisata yang menawarkan perjalanan menuju Lembah Teletubbies maupun gunung Bromo, namun seperti telah menjadi destinasi wajib wisatawan lokal maupun mancanegara, Dolaners juga banyak yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menikmati keindahan Lembah Teletubbies.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link