Luweng Sampang

203 views

Sudah ke Grand Canyon? Gunung Kidul punya Grand Canyon juga lho, Dolaners. Meskipun ukurannya mini, grand canyon di Gunung Kidul ini punya keindahan yang tak mudah diabaikan begitu saja. Adalah Air terjun Luweng Sampang, sebuah air terjun mungil yang masih alami. Berpadu indah dengan tebing karst khas Gunung Kidul, destinasi wisata ini menawarkan ketenangan alam dan kolam air yang sejuk menggoda.

Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Luweng Sampang Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by yugo_ss

Namanya Luweng Sampang. Air terjun ini terletak di Desa Sampang, tapi bukan di Madura ya, Dolaners. Yak, desa ini berada di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Luweng sendiri dalam bahasa setempat berarti lubang, yang sepertinya mengacu pada sumber air terjunnya. Memang, bila Dolaners berdiri di atasnya, air terjun di Desa Sampang ini akan terlihat seperti lubang, atau luweng.

Sebenarnya agak rancu juga menyebutnya air terjun. Ketinggian Luweng Sampang tak lebih dari 5 meter. Bila sudah pernah melihat air terjun dengan ketinggian nyaris 100 meter, mungkin Dolaners bisa protes kenapa Luweng Sampang bisa disebut air terjun. Tapi memang daya tarik destinasi wisata alam di Gunung Kidul ini bukan pada air terjunnya sih, Dolaners.

Luweng Sampang berupa air terjun yang berada di kawasan karst Gunung Kidul. Dolaners juga tahu kan, kalau bebatuan kapur Gunung Kidul memiliki karakteristik yang istimewa? Nah, karst di sekitar Air Terjun Luweng Sampang juga istimewa, Dolaners. Karst Luweng Sampang berdiri mengitari kolam air terjunnya yang berwarna hijau kebiruan, seakan dinding kokoh yang alami. Tanpa perlu dicermati dari dekat sekalipun, Dolaners bisa melihat motif garis alami bebatuan di sekitar air terjun. Garis-garis alami akibat erosi air ini menghasilkan tampilan seolah bebatuan Luweng Sampang berlapis-lapis. Bahkan bila Dolaners lagi malas tak mau kena air dan berbasah-basah, tawaran selfie di lokasi unik seperti ini pasti cukup menggoda.

Bila menyusuri sungai lebih jauh ke bagian bawah, Dolaners akan mendapati air terjun kedua yang kebih kecil. Dan konon, Air Terjun Luweng Sampang ini lokasi pertapaan Sunan Kalijogo, jadi pada hari-hari tertentu ada saja orang yang singgah untuk tujuan spiritual.

AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Karena lokasinya yang berada di kawasan perbatasan Yogyakarta, Dolaners bisa mencapai Air Terjun Luweng Sewu dari Klaten atau Solo.
Berangkat dari Kota Yogyakarta dengan kendaraan pribadi, Dolaners akan memerlukan waktu sekitar 1 jam hingga akhirnya tiba di Desa Sampang. Desa ini terpisah jarak sejutar 30 kilometer dari Kota Yogyakarta. Dolaners bisa mengambil rute melalui Jalan Jogja ke Wonosari, Piyungan, Bukit Bintang, belok kiri di perempatan GCD FM, lurus menuju Ngoro-Oro, lurus saja di perempatan Puskesmas Patuk II, belok kiri di pertigaan Padukuhan Semilir, lurus di pertigaan SDN Negeri Belang Terbah, terus lurus sampai Dolaners melihat Air Terjun Luweng Sampang di sisi kanan jalan.