Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

715 views

Sudah eksplor semua pantai di Yogyakarta? Mulai yang berpasir putih hingga bertebing curam, sudah semua? Kalau begitu, kudu dieksplor juga kawasan pantai yang berbeda ini, Dolaners. Kenapa berbeda? Karena kawasan pesisir di Pantai Pasir Kadilangu ini dipenuhi dengan jajaran pohon bakau atau mangrove. Eitts, jangan dikira yang namanya hutan cuma ada pohon, ya! Kawasan wisata ini penuh dengan spot-spot kece menarik hati, bikin hutannya makiiin kece!

Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, Mangrove Pantai Pasir Kadilangu Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via abhevn

Yup, pasti udah ketebak deh, kalau destinasi wisata alam ini memang berupa hutan bakau. Yaa, namanya juga Mangrove Pantai Pasir Kadilangu. Tapi tak cuma hutan bakau kok, Dolaners. Di sini juga ada spot-spot menarik dan unik yang pasti menggoda untuk dijadikan latar selfie, dan tentunya ada atraksi fisik yang cukup seru juga.

Kegiatan seru di Mangrove Pantai Pasir Kadilangu tak lepas dari lokasinya yang berada di aliran Sungai Bogowonto. Hutan bakaunya tampak hijau merimbun di kedua tepi sungai, dihubungkan oleh sebuah jembatan instagenik yang memang dirancang untuk wisata, bernama Obyek Wisata Alam Hutan Mangrove Jempatan Api-Api. Selain jembatan utama ini, ada jembatan berbentuk hati yang juga jadi jujugan pengunjung untuk berswafoto. Spot swafotonya antara lain ayunan kepompong, jembatan tempo dulu, rumah pohon, kerang-kerangan raksasa, jembatan cinta, hingga gardu pandang. Spot termutakhir di Mangrove Pantai Pasir Kadilangu ini adalah menara kerucut yang cukup tinggi, nyaris sekilas mengingatkan Dolaners akan menara Eiffel ataupun Tokyo Tower.

Lebih dari sekedar tujuan wisatanya, Mangrove Pantai Pasir Kadilangu sebenarnya lebih berfungsi untuk menjaga kelestarian alam pesisir. Hutan bakau di kawasan Pantai Pasir Kadilangu ini membantu mencegah abrasi pantai, mempertahankan garis pantai tetap di tempatnya, dan menjaga ketersediaan air tawar di kawasan pesisir. Kawasan hutan bakau ini juga menjadi tempat tinggal berbagai satwa, sementara kayu bakaunya bisa dimanfaatkan untuk membuat furnitur maupun kertas.

Tapi memang sebagian besar pengunjung datang ke Mangrove Pantai Pasir Kadilangu untuk menikmati wisata alamnya. Pemandangan alam pesisir ini akan tampak paling menakjubkan bersamaan dengan matahari terbit atau tenggelam. Kedua waktu ini adalah saat yang tepat kalau Dolaners menginginkan suasana dan pemandangan berbeda dari Mangrove Pantai Pasir Kadilangu.


AKTIVITAS

Kuliner
Tak perlu terlalu merisaukan soal makan, Dolaners. Ada banyak warung-warung yang menyediakan makanan enak dengan harga terjangkau di kawasan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu. Sebagian besar menunya ialah makanan olahan hasil laut. Wajib cobain nih, ikan yang dimasak dengan bumbu asam, manis, dan pedas. Maknyus!
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 4.000,-.
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Kegiatan
Mangrove Pantai Pasir Kadilangu menawarkan suasana alam yang menyejukkan mata. Memang bukan suasana pegunungan yang adem, tapi Dolaners bisa menyegarkan pikiran di tengah kawasan hutan bakau ini. Selfie di gardu pandang dengan latar belakang hutan bakau yang hijau akan membuat Dolaners tampil beda, juga. Dan yang pasti, sempatkan naik perahu menyusuri Sungai Bogowonto yang membelah kawasan hutan bakau di pesisir pantai Kulon Progo ini. Sebaliknya, kalau lebih suka sensasi kaki yang menjejak, Dolaners tinggal menyusuri kawasan hutan bakau melintasi jalur yang telah disediakan. Menyehatkan badan jalan-jalan diudara bersih, pikiran juga jadi lebih jernih.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau berminat melanjutkan eksplor ke destinasi wisata lain di sekitar Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, Dolaners bisa tiba di Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari. Kebetulan, destinasi-destinasi ini semua dilalui oleh anak Sungai Sungai Bogowonto.
Untuk mencapai kawasan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu, dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners bisa pilih jalur melalui Jalan Wates. Lurus terus, kemudian belok kiri ke arah Purworejo di pertigaan patung kuda Nyi Ageng Serang. Lewati Terminal Wates, sampai Dolaners lihat Rumah Makan Padang Sederhana. Di baratnya rumah makan ini ada pertigaan, Dolaners belok kiri menuju Pantai Congot. Setelah melewati jembatan, belok kiri menuju Desa Jangkaran, dan Dolaners akan melihat penunjuk arah ke hutan bakau

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link