Masjid Al-Akbar Surabaya

1468 views

Sudahkah Dolaners melihat-lihat indahnya bangunan-bangunan di Kota Surabaya? Kota ini punya landmark yang terkenal di beberapa titik, bahkan di tiap wilayah sisi kotanya. Dolaners sudah tahu semua landmark ini? Bagaimana dengan landmark Surabaya di wilayah Jambangan? Yak, ada masjid raya di wilayah ini, terkenal karena ukurannya yang massive, bahkan terbesar kedua di Indonesia. Mau tahu lebih jauh tentang Masjid Al Akbar? Yuk baca terus.

Masjid Al Akbar, Masjid Al Akbar Surabaya, Surabaya, Masjid Surabaya, Masjid di Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Ainur Rafi Satria

Masjid Al Akbar disebut juga Masjid Agung Surabaya. Secara umum, bangunan ini luas, besar, dan megah, sesuai dengan nama yang disandangnya. Ciri khas arsitektur masjid di Jawa Timur ini adalah kubah utamanya yang hampir menyerupai separuh telur, diiringi oleh empat kubah limas yang lebih kecil di sekitarnya serta satu menara yang menjulang tinggi. Tinggi kubah utama ini sampai 27m, sehingga dar kejauhan sekalipun Dolaners akan bisa melihat atap masjid. Berguna juga saat Dolaners yang Muslim sedang mencari masjid terdekat.

Saat hendak masuk ke bagian dalam, Dolaners akan disambut oleh pintu masuk yang sangat tinggi dan besar. Seluruhnya, ada 45 pintu masuk yang terbuat dari kayu jati. Di dalam, mihrabnya juga dalam ukuran raksasa. Dan bila Dolaners sempatkan memandang ke sekeliling, akan tampak 45 ukiran kaligrafi dari kayu jati yang terpajang di dinding masjid. Ukiran kaligrafi juga tampak di bagian depan dalam masjid dengan ukuran yang jauh lebih besar. Selain ukiran kayu, interiornya juga dihiasi dengan ornamen kaca. Uniknya, keindahan interior ini juga dirancang untuk menahan suara bising dari luar.

Keindahan interior ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa Masjid Al Akbar menjadi pilihan untuk menyelenggarakan akad nikah. Apalagi, memang disediakan ruang khusus untuk acara-acara tertentu, seperti Ruang Al Marwah, Ruang Zaitun, Ruang Yasmin, dan Ruang Zam Zam untuk acara pernikahan.


AKTIVITAS

Kuliner
Masjid Al Akbar memang tidak menyediakan sajian kuliner, tetapi biasanya ada pasar Ramadhan disetiap bulan puasa. Kalau Dolaners berkunjung ke masjid di Surabaya ini dan bertepatan saat bulan Ramadhan, pasti jadi acara seru karena bisa berburu banyak makanan, mulai dari kolak, es buah, atau makanan khas Surabaya.
Akomodasi
Rumah ibadah ini terbuka bagi semua orang. Kalau Dolaners datang hanya untuk melihat-lihat arsitekturnya, tentu saja boleh. Dolaners yang Muslim juga bisa beribadah dengan leluasa di dalam masjid ini. Bahkan ada saja orang yang datang hanya untuk beristirahat. Dan tidak ada biaya yang dikenakan untuk acara individual seperti ini.
Kegiatan
Masjid ini selalu ramai dengan berbagai kegiatan. Remaja masjidnya cukup aktif, bahkan menyediakan webpage yang bisa diakses oleh semua orang. Fasilitasnya yang lain mencakup kajian rutin, perpustakaan, radio, majalah, klinik, dan masih banyak lagi. Nah, bila berkunjung ke Masjid Al Akbar, Dolaners bisa memanfaatkan banyaknya fasilitas yang ditawarkan ini. Tapi kalaupun kurang berminat, kegiatan Dolaners tinggal disesuaikan saja supaya tidak mengganggu kegiatan yang sedang berlangsung di tempat ibadah umat Muslim ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Lokasi masjid ini di tepi jalan raya, yang cukup sulit bila Dolaners terlewat dan harus putar balik. Jadi Dolaners perlu merencanakan rute sedari awal dengan baik, supaya tidak berputar-putar saat menuju lokasi. Area dalam masjid juga cukup luas, dan tidak semua pintu keluar masuk bisa diakses. Melangkah saja dengan tenang, tak usah buru-buru, supaya Dolaners juga tak salah lewat pintu yang mana.
Yap, Masjid Al Akbar bisa dicapai dengan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Lahan parkirnya juga cukup luas, sehingga Dolaners tak perlu kuatir kekurangan spot parkir. Tapi kalau mau menggunakan kendaraan umum, Dolaners tinggal naik bus M, H2P, F, BM, P, atau JKT2. Selanjutnya, setelah turun dari bus, Dolaners bisa menuju masjid dengan berjalan kaki.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link