Masjid Al Hijrah, Bontang

525 views

Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, tak lengkap bila Kota Bontang tak memiliki masjid agung. Dan sudah bisa ditebak, masjid agung yang dimiliki kota ini tentu tak main-main. Selain lokasi yang mudah dicari, Masjid Al Hijrah adalah masjid yang dibangun oleh tangan profesional, sehingga keseluruhan bangunan tampak begitu menyatu dalam satu konsep utuh. Mau tahu seperti apa khasnya arsitektur Masjid Al Hijrah? Yuk lihat!

Masjid Al Hijrah, Masjid Al Hijrah Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via muhammad yulianto

Masjid Al Hijrah berada di tengah kota, anggun dengan aristekturnya yang khas. Masjid ini dilahirkan dari tangan Ahmad Noe’man, seorang arsitek lulusan Institut Teknologi Bandung yang terkenal dengan julukan sang Arsitek Seribu Masjid.

Warna hijau segar mendominasi tampilan Masjid Al Hijrah. Mulai dari bagian luar hingga bagian ruang dalam masjid, warna hijau tampak jelas terwujud di setiap sisi dan sudut. Hanya di sisi dinding yang sejajar dengan mihrab di ruang utama, hadir kombinasi warna coklat dan emas yang memberi kesan megah. Pun, masih ada warna hijau di atas mihrab imam. Masjid ini berbentuk bujur sangkar, dengan empat kubah kecil di setiap pojoknya, dan satu kubah di atap bagian tengah. Menuju teras masjid, Dolaners akan meniti tangga yang menghantarkan pada empat lengkung pintu masuk. Memasuki ruang utama, dekat dengan pintu masuk adalah area khusus jamaah wanita dan mendekat ke sisi mihrab adalah area jamaah pria. Di sisi kiri dan kanan ruang utama yang lapang ini ada lantai dua dan tiga yang juga digunakan untuk beribadah saat jamaah di ruang utama sudah tak tertampung lagi. Baik di bagian eksterior maupun interior, detail dekorasi masjid cenderung bergaya geometris, senada dengan bentuk bangunan yang juga geometris. Detail geometris juga menghias daun jendela yang lebih berfungsi dekoratif saja. Detail jendela ini sebenarnya adalah ventilasi udara yang memungkinkan udara segar mengalir hingga ke ruang dalam Masjid Al Hijrah.

Bagaimana dengan menara? Masjid seolah tak lengkap tanpa menara. Menara Masjid Al Hijrah berada terpisah dari bangunan utama masjid. Menara ini menjulang tinggi melebihi kubah masjid, mengambil bentuk silinder yang tampil sama kokohnya dengan pilar-pilar di teras luar masjid.

Beberapa waktu lalu, bagian dan area tertentu Masjid Al Hijrah direnovasi. Usia bangunan pula yang mengharuskan renovasi ini dilakukan dalam beberapa tahap. Setelah atap diperbaiki dan dinding luar masjid dicat, sasaran perbaikan berikutnya adalah tempat wudhu. Tak hanya perbaikan, Masjid Al Hijrah juga akan memiliki gedung santri dan guest house. Visi untuk mengembangkan dan meramaikan masjid ini memang layak diacungi jempol.


AKTIVITAS

Kuliner
Masjid Al Hijrah menyelenggarakan pasar Ramadan, yang berarti wisata kuliner seru di Kota Bontang. Tapi perlu diingat, sesuai namanya, pesta kuliner ini hanya ada selama bulan puasa saja.
Akomodasi
Tidak ada biaya untuk memasuki Masjid Al Hijrah bila Dolaners berminat melakukan wisata religi.
Kegiatan
Bila masjid adalah rumah ibadah Dolaners, maka sebaiknya mengunjungi masjid tidak sekedar berwisata. Fungsikan rumah ibadah untuk beribadah. Kalau Dolaners sekedar menikmati arsitektur masjid, pastikan kegiatan ini tidak mengganggu. Intinya, apapun yang Dolaners lakukan, jangan sampai mengganggu jamaah masjid yang lain.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Memang boleh selfie di Masjid Al Hijrah, baik di bagian dalam maupun luar masjid, tapi tetap bersikaplah sopan. Apalagi bila Dolaners maunya selfie di ruang dalam, sementara sedang ada kegiatan peribadatan yang berlangsung. Tapi selfie memang sebaiknya dilakukan di halaman masjid, sehingga indahnya arsitektur keseluruhan bangunan bisa berada dalam frame.
Terletak di pusat kota dan berada di tepi jalan raya, Masjid Al Hijrah mudah ditemukan. Apalagi dari kejauhan Dolaners akan melihat bangunan hijau ini tinggi menjulang. Jadi, gunakan saja kendaraan pribadi atau sewa untuk menuju masjid ini supaya perjalanan terasa nyaman.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link