Masjid Al Kautsar, Bontang

369 views

Bontang terkenal akan produksi gas alamnya, bukan? Siapa sih, yang tak kenal PT Badak NGL. Tapi ada keindahan lain yang tersimpan di kompleks perkantoran perusahaan gas ini, yaitu sebuah masjid yang dibangun dengan arsitektur unik. Keindahan dan kemegahan masjid ini lebih dari sekedar sebuah tempat ibadah pelengkap di tempat kerja, tapi memang sungguh layak difungsikan sebagai pusat kegiatan keagamaan. Dan memang demikian, masjid ini ramai dengan jadwal kajian rutinnya. Mari lihat lebih dekat Masjid Al Kautsar.

Masjid Al Kautsar, Masjid Al Kautsar Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via tia setiasofie

Masjid Al Kautsar berada dalam lingkungan kerja PT Badak NGL. Yap, masjid ini memang sama seperti mushala kecil di kantor manapun yang Dolaners pernah jumpai, tapi Masjid Al Kautsar benar-benar dibangun dengan serius. Bila tak menilik lokasinya, bisa-bisa Dolaners mengira Al Kautsar adalah masjid biasa yang bisa dijumpai di tengah pemukiman penduduk.

Berlokasi di atas sebidang tanah yang sedikit lebih tinggi dari sekitarnya, Masjid Al Kautsar tampil cukup mencolok. Tapi bukan dalam artian yang kurang menyenangkan ya, Dolaners. Justru topografinya yang spesial ini membuat masjid tampak semakin megah. Tangga yang telah menghantarkan Dolaners mendekat ke area masjid masih ditambah lagi dengan tangga dari kedua sisinya. Tangga di depan masjid yang mengarah ke sisi kanan dan kiri ini tak hanya memiliki akses langsung ke lantai atas, tapi juga menjadi ciri khas arsitektur masjid. Alih-alih kubah, bagian atap Masjid Al Kautsar berupa limas-limas kecil di keempat sudutnya dan satu lagi di bagian tengah. Limas-limas ini juga menghiasi atap selasar yang melingkar di halaman masjid. Lancipnya limas-limas masjid seakan seirama dengan menara yang runcing menjulang terpisah di sisi kanan masjid.

Memasuki area Masjid Al Kautsar, Dolaners akan disambut oleh selasar yang melingkari halaman tengah masjid. Tak hanya unik, selasar melingkar ini memayungi Dolaners dari terik matahari dan hujan sampai di kedua sisi masjid. Masing-masing ujung selasar ini menghantar Dolaners ke dasar tangga di depan masjid yang menghadap ke sisi kanan dan kiri tadi. Setelah melewati pintu berteralis yang ada pada semua sisi masjid, kecuali pada sisi mihrab, Dolaners akan dihantarkan pada ruang utama Masjid Al Kautsar yang cukup luas. Di sisi kanan kiri ruang utama ini ada lantai dua mezzanine yang berfungsi sebagai ruang tambahan saat jamaah sudah tak tertampung lagi di ruang utama. Yang menarik di ruang utama ini adalah tirai biru tipis yang menutupi jendela besar di ruang mihrab. Saat sinar matahari menembus tirai tipis ini, Dolaners bisa melihat cahaya kebiruan menerangi ruang mihrab.

Dikelilingi oleh taman dan kolam di sekitarnya, Masjid Al Kautsar memang lebih dari sekedar tempat ibadah pelengkap kompleks perkantoran. Konsep ini lumayan anti mainstream bila dibandingkan dengan lingkungan kerja yang umumnya ada saat ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Tidak ada kuliner khusus di Masjid Al Kautsar. Tempat ibadah ini menghidangkan kajian agama rutin untuk masyarakat umum, alih-alih santapan pengisi perut.
Akomodasi
Masjid Al Kautsar terbuka untuk siapapun yang ingin beribadah ataupun berkunjung, tanpa dikenakan biaya apapun.
Kegiatan
Kalau Dolaners berada di Bontang selama beberapa waktu, bisa coba mengikuti kajian rutin yang terjadwal di Masjid Al Kautsar. Tapi kalau hanya sepintas singgah, bisa juga Dolaners menikmati arsitektur masjid yang terbilang cukup unik ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Menikmati keindahan arsitektur bagunan Masjid Al Kautsar memang sah-sah saja dilakukan, asalkan tak ada kegiatan ibadah yang terganggu. Dan karena lokasi masjid berada di kompleks perkantoran, singgah ke Masjid Al Kautsar juga mestinya tak sampai mengusik kesibukan kerja di lingkungan ini.
Untuk menuju Masjid Al Kautsar, Dolaners langsung saja meluncur ke Komplek Perkantoran PT. Badak NGL. Pasti tak sulit ditemukan, apalagi bila Dolaners bertanya pada penduduk setempat. Masjid megah dan nyaman ini berada di antara gedung-gedung lain milik PT Badak NGL.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link