Masjid Baiturrahman Bontang

859 views

Pupuk adalah komoditas yang cukup tenar di Bontang. Kalau membicarakan pupuk, referensi yang muncul adalah Kalimantan Timur, seakan hal yang otomatis saja. Dan ternyata, Pupuk Kalimantan Timur memiliki sebuah masjid yang tampak sederhana saja tanpa desain rumit, tapi memiliki fungsi penting bagi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini berperan aktif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan pula.

Masjid Baiturrahman Bontang, Kota Bontang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via galeriastudio

Diawal tahun 1990-an, karyawan Muslim Pupuk Kalimantan Timur berinisiatif untuk mendirikan sebuah masjid yang mewadahi tak hanya kegiatan ibadah, tetapi juga berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Dan terwujudlah Masjid Baiturrahman yang memang terbukti sanggup menyukseskan misi yang ditargetkan sejak awal.

Berada dibawah naungan Yayasan Baiturrahman PKT, Masjid Baiturrahman rutin menyalurkan beasiswa pada pelajar dan mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu. Tak hanya beasiswa, kegiatan sosial masjid ini juga termasuk menyalurkan bantuan dana sebagai modal usaha bagi pelaku usaha kecil. Ada juga klinik duafa yang menyediakan pengobatan gratis bagi warga kurang mampu. Bahkan, di lingkungan masjid juga terdapat fasilitas yang memadai untuk Kelompok Bermain yang ditujukan bagi anak-anak berusia pra-sekolah. Seakan tak ada habisnya bila membahas tentang kegiatan sosial Masjid Baiturrahman.

Fasilitas di lingkungan Masjid Baiturrahman memang mendukung berbagai kegiatan sosial. Berdiri di lahan seluas seluas 5 hektar, halaman masjid ini cukup luas untuk area parkir mobil dan motor. Saat shalat Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, jamaah shalat bisa meluber sampai di halaman dan area parkir masjid. Barangkali untuk tujuan ini pula kenapa halaman dan area parkir disediakan sedemikian luas di Masjid Baiturrahman. Ada selasar yang menghubungkan beberapa sisi halaman dengan bangunan utama masjid, seakan berfungsi sebagai peneduh dikala terik ataupun hujan. Bangunan utama Masjid Baiturrahman sendiri berukuran 100×100 meter persegi, secara umum berbentuk persegi dengan atap limas bertumpuk tiga setinggi 35 meter. Bentuk atap limas ini memberi kesan klasik khas tropis pada bangunan masjid, sama sekali tak terlihat sebagai bangunan Timur Tengah. Keunikan kontras limas yang bersudut dan lengkung-lengkung pintu masuk menjadi daya tarik tersendiri saat Dolaners melangkah mendekat ke Masjid Baiturrahman.

Lengkung bagian atap berlanjut menjadi tema utama arsitektur interior masjid. Untuk menyesuaikan dengan tema lengkung ini, bagian mihrab juga mendapat sentuhan lengkung yang sama. Detail hiasan interior tampak indah pada bagian langit-langit yang dibiarkan terbuka tanpa plafon. Mengikuti lekuk atap limasnya, langit-langit masjid memberi kesan luas sekaligus mendukung sirkulasi udara yang bebas. Kesan langit-langit yang luas dan ruangan yang lapang memperkuat fakta fisik akan luasnya bangunan masjid. Memang, Masjid Baiturrahman mendapat predikat sebagai masjid terbesar setelah Masjid Istiqlal.


AKTIVITAS

Kuliner
Masjid Baiturrahman tidak memiliki kuliner khas ataupun semacamnya. Kalaupun ada kegiatan aktif yang dilakukan dilingkungan masjid adalah berupa bantuan sosial.
Akomodasi
Tidak ada biaya yang dikenakan bila Dolaners berkunjung sebagai wisatawan ke Masjid Baiturrahman. Dolaners yang Muslim bisa mengambil kesempatan berkunjung untuk turut berperan serta dalam kegiatan sosial masjid.
Kegiatan
Selain menikmati arsitektur Masjid Baiturrahman yang khas, Dolaners bisa mengikuti kegiatan sosial yang tengah berlangsung. Bisa jadi kegiatan sosial ini berupa penyaluran zakat dan sedekah, atau malah mengurus kebun Kelompok Bermain Baiturrahman di Pararet House. Di dekat bangunan masjid juga ada playground yang sebenarnya ditujukan untuk Kelompok Bermain Baiturrahman. Dolaners tertarik menggunakan playground ini?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Masjid Baiturrahman digunakan secara aktif baik oleh karyawan Pupuk Kalimantan Timur maupun masyarakat umum. Jadi Dolanerspun boleh menggunakan fasilitas yang ada di masjid ini. Tapi tetap bersikaplah sopan selama Dolaners datang sebagai tamu.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Masjid Baiturrahman. Dengan lahan parkir yang luas, masjid ini seakan memang menyediakan fasilitas yang memadai bagi setiap pengunjungnya.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link