Masjid Istiqlal, Jakarta

2424 views

Nama masjid ini tentu sudah familiar ditelinga Dolaners. Apalagi kalau Dolaners mendengarnya melalui televisi. Masjid yang ikonik di Jakarta ini nyaris selalu disebut setiap ada acara kenegaraan, bahkan masih disebut pula dalam acara-acara hiburan televisi. Seakan tak ada masjid lain di Jakarta. Tapi memang masjid ini memiliki banyak hal yang tak dimiliki masjid-masjid lain di ibu kota. Apa saja yang membuat masjid ini istimewa? Yuk baca lebih lanjut tentang Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal, Masjid Istiqlal Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Ahmad Nurfatomi

Masjid Iatiqlal adalah masjid nasional yang berada di ibukota negara. Bagi negara ini, Masjid Istiqlal lebih bermakna sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan atas kemerdekaan yang telah diraih. Karenanya, masjid ini juga bermakna sebagai penghormatan atas jasa para pahlawan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Yang unik, Masjid Istiqlal ini terwujud dari tangan seorang arsitek Protestan, Frederich Silaban. Gaya arsitektur masjid ini adalah modern dengan detail ornamen geometris. Dinding dan lantai masjid berlapis marmer, memberi kesan mewah namun tetap minimalis dalam gaya modernnya.

Sebagai masjid yang terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 200.000 jamaah, Masjid Istiqlal memiliki ukuran kubah yang luar biasa juga, ditopang oleh 12 pilar tersusun melingkar yang berukuran raksasa. Terbuat dari rangka baja anti karat, kubah ini berdiameter 45 m. Dan seperti biasa, dimana ada kubah masjid, disitu ada menaranya pula. Menara Masjid Istiqlal ini memiliki ukuran total tinggi 90 m. Selain kubah, ukuran raksasa lain yang ada di Masjid Istiqlal ada pada bedugnya. Perlengkapan masjid yang khas Indonesia ini terbuat dari kayu meranti merah berusia 300 tahun, dengan ukuran panjang mencapai 3 m dan berat 2,3 ton. Hal istimewa lain di Masjid Istiqlal adalah pintu-pintu masuknya. Ada tujuh pintu, dan semuanya memiliki nama Asmaul Husna Al Fattah, Ar Rozzaq, As Salam, Al Malik, Al Quddus, Ar Rahman, dan Al Ghaffar. Bagian teras masjid yang bisa menampung 50.00 jamaah berada di bagian belakang dan sebelah kiri bangunan, digunakan untuk menampung jamaah shalat saat hari raya, venue acara-acara keagamaan, bahkan manasik haji.

Keseluruhan bangunan masjid terdiri dari dua lantai. Lantai satu digunakan untuk ruang kantor, ruang pertemuan, instalasi listrik, instalasi AC sentral, tempat wudhu, kamar mandi, dan toilet. Lantai dua keseluruhannya difungsikan sebagai tempat ibadah shalat jamaah. Di bagian depan ruangan terdapat sebuah mihrab dan mimbar dengan tangga di keempat sudut ruang yang menjangkau seluruh bangunan pendamping di ruang ibadah ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Dolaners bisa mendapati warung makan di sekitar Masjid Istiqlal. Lahan di sekeliling masjid memang difungsikan untuk kegiatan ekonomi umat. Tak hanya warung makan, Dolaners bisa mendapati pula penjual-penjual cenderamata. Area ini bahkan lebih ramai lagi setelah Shalat Jumat, terkenal sebagai pasar Jumatan.
Akomodasi
Tidak ada biaya bagi wisatawan dan umat Muslim yang ingin berkunjung ke Masjid Istiqlal.
Kegiatan
Masjid yang juga menjadi destinasi wisata ini cukup sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Apakah pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya wisatawan Muslim? Tidak, Dolaners. Wisatawan yang bukan Muslim juga diperbolehkan masuk ke area Masjid Istiqlal dengan didampingi oleh pemandu.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mencapai Masjid Istiqlal, Dolaners harus melalui pintu gerbang masjid yang masing-masing memiliki gardu jaga. Pintu Gerbang utara, dari arah Pintu Air, menuju ke Pintu As Salam, biasanya digunakan sebagai akses VIP. Pintu gerbang dari arah Gereja Katedral dibuka setiap hari, yang bisa Dolaners lewati untuk masuk ke dalam area masjid setiap saat. Pintu Gerbang selatan yang berhadapan dengan Stasiun Gambir dan gedung kantor pusat Pertamina, atau Jalan Perwira dan Jalan Merdeka Timur, merupakan pintu gerbang alternatif akses VIP. Dan pintu gerbang yang berdekatan dengan Jembatan Ciliwung biasanya dibuka untuk akses jamaah Shalat Jumat. Saat acara-acara resmi kenegaraan, semua pintu gerbang ini dibuka.
Dolaners bisa mencapai Masjid Istiqlal dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link