Masjid Jami’ Nurul Mu’minin

1296 views

Sudah menjelajah ke area mana saja di Surabaya, Dolaners? Sudah melihat yang indah-indah? Sudahkah sempat ke Pakuwon City? Pakuwon memang salah satu bagian kota yang membuat Surabaya menarik. Tapi tahukah Dolaners, ada spot lain, dekat dengan Pakuwon, yang bisa membuatmu terpesona karena keindahannya? Adalah sebuah tempat ibadah, Masjid Jami' Nurul Mu'minin, yang akan mengingatkanmu pada keindahan lain dan terasa familiar.

Masjid Nurul Mu'minin, Masjid di Surabaya, Masjid Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Yamin Nathaniel

Hanya satu kata yang bisa mewakili keindahan arsitektur Masjid Jami’ Nurul Mu’Minin, menakjubkan. Tempat ibadah ini berupa bangunan berlantai dua, dengan detail rumit eksterior dan interior yang membuatnya tampak seperti instana dari kejauhan. Ya, indah sekali meskipun sepertinya perencanaan pembangunan strukturnya masih dilengkapkan pada bagian luarnya terlebih dahulu. Bukan berarti bagian interiornya dianggap kurang penting, tapi memang masih ada beberapa bagian yang perlu dilengkapi di bagian dalam sementara tampilan luarnya sudah tampak sempurna. Bahkan, kalau dilihat dari sudut pandang tertentu, barangkali Dolaners bisa melihat bangunan ini ada kemiripan dengan Hagia Sophia.

Kalau menuju Pakuwon City, Dolaners akan mendapati Masjid Jami’ Nurul Mu’minin di sisi sebelah kiri sebelum masuk ke perumahan. Mungkin karena lokasinya yang mudah dilihat banyak orang yang lewat, tempat ibadah ini lumayan populer di media sosial, khususnya di Instagram. Lagipula, siapa yang tak terpesona oleh keindahan arsitekturnya yang memang tampak sangat artistik ini. Dan lagi, saat ini sudah ada jembatan yang menghubungkan Masjid Jami’ Nurul Mu’minin dengan jalan utama Pakuwon City. Selain mempermudah akses, jembatan ini turut memperindah tampilan masjid secara keseluruhan meskipun tidak menjadi bagian arsitekturnya.

Sayang sekali, lingkungan sekitar Masjid Jami’ Nurul Mu’minin masih kurang mendukung. Menghadap ke arah sungai, keindahan tempat ibadah ini kontras sekali dengan keadaan sungai yang masih perlu diperhatikan kebersihannya. Tentunya, akan sangat representatif bagi komunitas masyarakat di sekitarnya bila keadaan sungai dan lingkungan masjid mendukung keindahan arsitektur yang sudah sangat elok itu.


AKTIVITAS

Kuliner
Hampir-hampir tidak ada yang istimewa dengan makanan atau wisata kuliner ataupun jajanan di sekitar Masjid Jami’ Nurul Mu’minin. Kalau Dolaners mengunjungi tempat ini hanya untuk menikmati keindahannya, perhitungkan saja waktunya supaya tak terlalu lama hingga sampai rasa laparmu datang. Kalau Dolaners yang Muslim bermaksud beribadah di masjid, memang sebaiknya merencanakan tujuan tempat makan segera sesudah ibadah selesai.
Akomodasi
Tidak ada biaya yang dikenakan bila Dolaners hanya ingin melihat-lihat dan menikmati keindahan arsitektur tempat ibadah ini. Hanya saja, masjid ini sepertinya masih dalam misi melanjutkan proses pembangunannya. Dolaners yang Muslim dan beribadah di masjid ini bisa saja sedikit membantu dengan sukarela, bila memang suka.
Kegiatan
Masjid Jami’ Nurul Mu’minin terisi dengan jamaah diwaktu-waktu shalat. Masjid ini juga menyelenggarakan kelas khusus untuk belajar Al-Qur’an, Bahasa Arab, dan masih ada kajian-kajian agama yang terjadwal rutin. Bila Dolaners datang hendak menikmati arsitektur bangunan yang indah ini, sebaiknya disesuaikan dengan jadwal kesibukan di tempat ibadah ini supaya tidak mengganggu jamaahnya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Sebagian pengunjung mengeluhkan akses jalan menuju Masjid Jami’ Nurul Mu’minin yang dirasa masih terlalu sempit. Sebaiknya Dolaners memperhatikan dan mempertimbangkan kemungkinan ini bila hendak menggunakan kendaraan pribadi yang cukup lebar. Selain menyulitkan pengguna jalan yang lain, Dolaners bisa kurang nyaman juga.
Bila menuju Masjid Jami’ Nurul Mu’minin dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan saja Dolaners menemukan beberapa lokasi di sekitar masjid ini, misalnya Toko Kalisari, Taman Kanak-Kanak Al Huda, Sekolah Dasar Al Huda, Sekolah Menengah Pertama Al Huda, Paris Studio 99, Wisam Rias Linda Decoration, Toko Madina, CV. Victory Tehnik, Warkop LA, Toko Hamzah, Raihan Cell, Toko Reihan, atau yang lain-lain. Masjid Jami’ Nurul Mu’minin berada tak jauh dari tempat-tempat ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link