Masjid Manarul Ilmi Surabaya

614 views

Salah satu universitas terkemuka di Surabaya, Institut Teknik Sepuluh Nopember, menyimpan permata dalam area kampusnya. Di tengah hijau dan rindangnya kampus ini, Dolaners bisa merasakan tenteramnya suasana tempat ibadah yang berdiri anggun di depan rekotrat kampus. Bukan tempat ibadah yang tampak megah dan mewah, malahan sederhana saja tapi memancarkan keanggunan dan ketenangan dalam diamnya. Sesuai dengan namanya, Masjid Manarul Ilmi.

Masjid Manarul Ilmi, Masjid Manarul Ilmi Surabaya, Masjid Surabaya, Masjid di Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Duta Alamsyah

Saat berkesempatan ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Dolaners bisa menggunakan kesempatan yang sama untuk mampir ke Masjid Manarul Ilmi. Dari namanya, masjid ini dimaksudkan sebagai sumber ilmu yang bisa memancarkan faedahnya bagi seluruh warga kampus. Dan demikianlah yang berlangsung selama beberapa dekade kedepan semenjak tempat ibadah ini didirikan.

Manarul Ilmi adalah masjid kampus milik ITS dan lokasinya pas banget berhadapan dengan Gedung Rektorat. Jadi tentu mudah bagi Dolaners untuk menemukan lokasi bangunan beratap limas dua susun ini di tengah-tengah area kampus ITS. Usia tempat ibadah ini masih muda, baru mulai dibangun tahun 1979 dengan melalui liku-liku yang cukup panjang. Belum juga sampai setengah abad hingga kini. Walaupun belum sampai berabad-abad usianya, masjid ini sudah memancarkan aura kedamaian. Apalagi, lingkungan di sekitarnya cukup rindang dan sejuk. Tambah adem saja rasanya.

Dan memang saat Dolaners memasuki area masjid, yang terasa adalah hawa sejuk. Barangkali disebabkan oleh arsitektur bangunan yang klasik, sederhana saja seperti masjid-masjid lawas yang sering Dolaners jumpai di kawasan pinggiran. Tidak ada yang rumit dan mewah dalam desain eksteriornya. Bentuk atap limas bertumpuknya luas menaungi seluruh bangunan, dan serambinya juga lapang ditopang oleh pilar-pilar sederhana yang tampak kokoh. Sangat khas bangunan tropis.

Kesederhanaan tampilan luar ini tak terasa berbeda saat Dolaners memasuki bagian dalam masjid. Dindingnya berupa ukiran kayu, yang sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara. Tak heran, hawa bagian dalam masjid ini senantiasa segar dan terasa sejuk. Bikin betah siapapun berlama-lama di dalam masjid, apalagi dengan panasnya Surabaya di luar sana.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ibadah umat Muslim di kampus ITS ini, Dolaners? Langsung saja, meskipun bukan mahasiswa ITS, tentu bolehlah berkunjung ke Masjid Manarul Ilmi.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tempat ibadah ini berada di tengah area kampus. Dahulunya, sekitar bangunannya adalah rawa-rawa. Jadi Dolaners cuma perlu menyesuaikan atribut atau pakaian yang dikenakan dengan dua situasi ini. Kenakan pakaian sopan untuk masuk kampus. Dan sepertinya mengenakan sepatu akan lebih berguna karena lokasi rawa ini, bukannya disebabkan oleh regulasi kampus. Memang pembangunan terus berjalan di sekitar masjid, tapi tak ada salahnya untuk siap dengan segala kemungkinan medan, bukan?
Bila menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Dolaners terparkir di tempat yang aman. Bila memungkinkan, sepeda motor bisa diparkir di lahan parkir milik Teknik Mesin. Lebih baik sepeda motor tidak diparkir sembarangan karena rawan hilang. Saat ini, ITS telah mengoperasikan bus kampus berbahan bakar listrik. Dolaners bisa menumpang bus ini untuk mencapai masjid kampus bila lokasi parkir kendaraan cukup jauh atau Dolaners menggunakan angkutan umum untuk sampai ke kampus ITS.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link