Masjid Nurul Iman, Blok M Square Jakarta

2483 views

Apa yang terbersit saat Dolaners memikirkan tentang Blok M Square? Belanja? Window Shopping? Jalan-jalan? Ada hal lain yang tak ada sangkut pautnya dengan belanja di pusat perbelanjaan ini. Tak percaya? Dolaners bisa naik, dan naik lagi ke lantai berikutnya, hingga lantai paling atas. Di sini, ada sebuah tempat ibadah yang akan sanggup membuat Dolaners tercengang. Dibangun oleh dana dari para pedagang di Blok M Square dan jamaah pengunjung, Masjid Nurul Iman berdiri sebagai penerang di ketinggian bangunan mall ini.

Masjid Nurul Iman, Masjid Nurul Iman Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Deriwjy

Dolaners tentu tahu Blok M Square. Ada yang menarik dengan pusat perbelanjaan ini, yaitu sebuah masjid di lantainya yang paling atas. Dan tak hanya sekedar mushala kecil, tapi masjid ini dibangun dengan amat megah, lapang, beserta fasilitas yang sangat memadai. Masjid Nurul Iman, nama yang disematkan pada tempat ibadah umat Muslim ini, seakan memang hadir menerangi kelamnya kehidupan yang tampak glamor.

Konsep arsitektur masjid di lantai 7 Blok M Square ini menyerupai Masjid Haram di Makkah. Dan sejak di halaman masjid, Dolaners telah disambut oleh miniatur Ka’bah. Memang miniatur Ka’bah yang dibangun di area masjid ini ditujukan untuk kegiatan manasik haji, tapi tetap saja tampak menyatu indah dengan keseluruhan bangunan saat tak digunakan. Kecuali ukuran yang berbeda, bentuk dan detail Ka’bah di Masjid Nurul Iman ini mirip sekali dengan aslinya, bahkan termasuk Maqam Ibrahim dan Hajar Aswad-nya. Tak seperti masjid-masjid pada umumnya yang tampak mencolok dengan kubah besar, bagian atap Masjid Nurul Iman tampak sederhana saja dengan kubah-kubah kecil di beberapa sudut bangunan. Detail lancip pada kubah, teras, dinding, dan perpaduan warna pada bagian relung masjid ini lebih mengingatkan pada gaya istana Persia.

Pintu masjid yang unik dengan ukiran dan sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara mengantar Dolaners memasuki ruang ibadah Masjid Nurul Iman yang sanggup menampung sekitar 3.000 jamaah. Bagian dalam ruang masjid ini cukup lapang, dengan karpet yang nyaman untuk beribadah. Langit-langit masjid, khususnya bagian kubah yang merelung, dihiasi dengan lukisan awan dan sebuah lampu hias yang menggantung indah di tengahnya.

Tak hanya bangunan fisiknya, Masjid Nurul Iman juga memiliki jadwal kajian rutin. Apalagi lokasinya yang dekat dengan area parkir, pengunjung bisa langsung menuju masjid tanpa perlu memasuki area perbelanjaan Blok M Square. Sebaliknya, para pengunjung dan pedagang mall bisa mengikuti shalat berjamaah dan kajian di masjid ini melalui elevator yang langsung terhubung dengan lantai paling atas bangunan pusat perbelanjaan ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Dolaners sedang ada di area lantai atas Blok M Square? Tentu mudah sekali mencari tempat makan di sekitarnya karena Dolaners tinggal turun ke area food court pusat perbelanjaan ini. Di sini, Dolaners bisa makan bakso, siomay, batagor, ramen, dan masih banyak lagi pilihan kuliner yang lain.
Akomodasi
Tidak ada biaya untuk pengunjung Masjid Nurul Iman, baik untuk beribadah maupun sekedar menikmati keindahan arsitekturnya.
Kegiatan
Masjid Nurul Iman ini menawarkan kenyamanan untuk beribadah. Dan karena ada jadwal kajian rutin, Dolaners bisa sekalian datang pada salah satu jadwal ini dan bergabung dengan jamaah lain. Dolaners bisa gunakan kesempatan yang sama untuk sekalian menikmati keindahan Masjid Nurul Iman. Lain kali Dolaners ke Blok M Square, akan teringat bahwa ada masjid yang megah di bagian paling atas bagunan mall ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Karena lokasi Masjid Nurul Iman berada di lantai 7 Blok M Square, tentu mudah sekali mencapai masjid ini. Dolaners tinggal mengarahkan kendaraan ke pusat perbelanjaan ini dan mencari spot parkir yang terdekat dengan lantai 7.
Kalau menggunakan angkutan umum ke Blok M Square, Dolaners bisa naik bus P19, Blok M, WTC Serpong, S620, D10, atau P21, sesuai dengan arah awal keberangkatan. Ingat untuk terus ke lantai atas sebelum kelamaan mampir belanja di mall ini ya, Dolaners

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link