Masjid Ramlie Musofa, Jakarta

1113 views

Dolaners punya keinginan untuk membangun sebuah masjid? Yuk ke Jakarta dan melihat masjid yang sangat cantik, penuh dengan detail arsitektur yang menggabungkan lebih dari satu unsur budaya, tapi masih tetap tampak sederhana. Bahkan suara adzan masjid ini tidak digaungkan melalui pengeras. Seolah ingin bersikap rendah hati, masjid ini dibangun oleh seorang mualaf keturunan Tinghoa. Inilah Masjid Ramlie Musofa.

Masjid Ramlie Mustofa, Masjid Ramlie Mustofa Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Balschology

Dolaners tentu sudah sering melihat gambar Taj Mahal di India, atau malah sudah melihatnya langsung. Beberapa kali, barangkali? Yang jelas, saat melihat Masjid Ramlie Musofa, Dolaners akan langsung bisa merasakan kemiripannya dengan Taj Mahal. Memang beda sih, karena Taj Mahal adalah sebuah bangunan makam, sedangkan Masjid Ramlie Musofa adalah sebuah rumah ibadah umat Muslim. Tapi tetap, ada rasa-rasa arsitektur Mughal yang kentara pada Masjid Ramlie Musofa. Dan yang unik dari tampilan klasik India ini adalah nama masjid yang tertulis dalam kanji Cina. Ramlie memang nama pendiri masjid ini, tapi dalam ejaan yang berbeda (Ramli Rasidin), sementara Musofa adalah kependekan dari nama ketiga anaknya, Muhammad Rasidin, Sofyan Rasidin, dan Fabianto Rasidin.

Berada di kawasan perumahan elit, Masjid Ramlie Musofa tampil beda karena keseluruhan bangunannya berwarna putih. Bila dicermati lebih dekat, Dolaners akan bisa melihat bahwa ada lebih dari sentuhan India pada bangunan masjid ini. Selain sentuhan budaya Cina dalam tulisan nama masjid, masih terasa pula budaya Melayu yang menyatu manis dalam keseluruhan arsitektur masjid seluas 2.000 m persegi ini.

Saat melangkah mendekati Masjid Ramlie Musofa, Dolaners akan disambut oleh kaligrafi Surah Al Qari’ah serta terjemah Surah Al Fatihah dalam Bahasa Indonesia dan Mandarin di sekitar tangga menuju pintu depan. Area wudhu berada di dekat pintu masuk, dan yang menarik di area ini adalah panduan tutorial gambar berwudhu. Memasuki ruang utama, jamaah wanita bertempat di lantai satu, lantai dua digunakan untuk jamaah pria, dan lantai tiga difungsikan sebagai lantai cadangan saat kedua lantai sudah penuh jamaah. Dikelilingi oleh pohon bambu kuning di sekitar masjid, keseluruhan bangunan ini tampak seakan bukan di Jakarta.


AKTIVITAS

Kuliner
Ada banyak pilihan kuliner di sekitar Masjid Ramlie Musofa, yakni di kawasan Sunter. Dolaners bisa mencoba menu-menu masakan di Selera Restaurant, Sedap Rasa, Seafood Terrace, Seafood Sinar Podomoro, Seafood Modern, Seafood 69, Seafood 68, Saung 89 Seafood, dan masih banyak lagi. Dolaners bisa juga sekalian keluar dari kawasan Sunter ini untuk mengisi perut, setelah selesai mengunjungi Masjid Ramlie Musofa.
Akomodasi
Bila mengunjungi Masjid Ramlie Musofa, Dolaners tidak akan dikenai biaya apapun. Bahkan Dolaners akan kesulitan menemukan kotak amal yang biasanya ada di masjid-masjid atau mushola.
Kegiatan
Masjid Ramlie Musofa tak hanya menjadi rumah ibadah umat Muslim, tapi juga membantu mualaf keturunan Tionghoa belajar lebih jauh tentang agama Islam. Hal ini tampak dari penggunaan aksara Mandarin, Arab, dan Latin di sekitar bangunan masjid. Bahkan Dolanerspun bisa belajar banyak hanya dengan melintasi dan melihatnya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau menginginkan view masjid yang tampak keseluruhannya dalam frame kamera, Dolaners perlu menyeberang jalan terlebih dahulu. Dan musti dilakukan dengan hati-hati, ya. Jangan lupa untuk menjaga ketenangan saat mengunjungi masjid ini karena berada di area pemukiman yang mayoritas warganya tidak beribadah ke Masjid.
Lokasi Masjid Ramlie Musofa berdekatan dengan Danau Sunter di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ukuran lahan masjid ini sama dengan lahan rumah berukuran sedang, tapi beda ceritanya kalau masjid ini harus mengakomodir lahan parkir pengunjungnya. Alhasil, Dolaners akan kesulitan menemukan spot parkir bila mengunjungi Masjid Ramlie Musofa dengan menggunakan kendaraan pribadi, apalagi kalau pengunjungnya sedang banyak. Jadi sebaiknya Dolaners menggunakan kendaraan umum saja, atau booking angkutan online.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link