Masjid Raya Bandung

1923 views

Masjid Agung Bandung merupakan sebuah masjid utama di provinsi Jawa Barat. Masjid Raya Bandung ini terletak tepat di pusat keramaian Kota Bandung. Untuk menuju ke tempat yang satu ini juga sangat mudah.

Masjid Agung Bandung

Photo by aureaperfume.com

Jika Dolaners berangkat dari Kota Baru – Tol Pasteur – Jl. dr. Junjunan – Cihampelas – Wastukencana – Merdeka – Lembong – Tamblong – Asia Afrika Bandung dan sampailah Dolaners di Masjid Raya Bandung yang berada tepat di depan Alun alun Kota Bandung. Setelah beberapa kali mengalami renovasi hingga di tahun 2001 dilakukan perombakan total, kini bangunan Masjid Raya Bandung ini menjadi salah satu ikon wisata rohani dan juga religi, yang banyak mengadakan berbagai acara kajian islam bagi masyarakat bandung dan sekitarnya serta wisatawan. Masjid yang berdiri kokoh ini semakin kental bernuansa arab dengan diperkuat oleh dua buah menara kembar yang ada pada sisi kiri dan kanan masjid dengan ketinggian 81 meter yang dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu.

Untuk bisa masuk dan menaiki menara itupun biaya yang dikenakan juga tidak mahal, yakni hanya Rp. 3.000,- untuk orang dewasa dan Rp. 2.000,- untuk anak anak. Masjid dengan luas tanah keseluruhan 23.448 m² dan luas bangunan 8.575 m² ini mampu menampung kurang lebihnya sekitar 13.000 jamaah. Jadi bagi Dolaners yang kebetulan sedang menghabiskan waktu akhir pekan di Alun Alaun Bandung, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Raya Bandung. Apalagi untuk lokasinya juga sangat strategis bagi Dolaners yang sekaligus ingin berburu kilner Bandung. Nikmati kesejukan dan suasana yang tenang dan nyaman, serta keindahan kota Bandung hanya di Masjid Raya Bandung.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Masjid Raya Bandung, nantinya Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Masjid Agung Semarang ini banyak berjajar pedagang yang menjajakan macam macam dagangannya. Beragam pilihan kuliner dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Yakni seperti Bubur Ayam Palguna Bandung, Momiji Japanese Cuisine, Soto Ojolali Bandung, Restoran Simpang Raya, Queen Resto, Bebek Garang, Ayam Bakar Wong Solo, Warung Kopi Purnama dan masih banyak lagi. Selain makanan maupun minuman, di sini banyak pula pedagang yang menjajakan souvenir yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.
Akomodasi
Masuk Masjid : Gratis.
Naik Menara : Rp. 3.000,- (Dewasa) & Rp. 2.000,- (Anak anak)
Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Di Masjid Raya Bandung ini Dolaners tidak hanya bisa menunaikan ibadah sholat saja namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Pasalnya di area masjid ini terdapat dua buah menara setinggi 81 meter yang bisa Dolaners masuki. Dari atas kedua menara ini, Dolaners bisa menikmati pemandangan kota Bandung dengan ditemani semilir angin yang sejuk. Sungguh wisata religi yang patut untuk Dolaners kunjungi. Tak hanya berhenti disitu saja, puas menikmati Masjid Raya Bandung, Dolaners bisa meneruskan kegiatan dengan bermain dan bersenang senanag di Alun alun Kota Bandung yang berada di depan Masjid Raya. Jangan lupakan pula berburu kuliner khas kota Bandung yang ada di sekitaran kawasan keramaian ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Masjid Raya Bandung ini cukup mudah. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada tepat di jantung kota, jika Dolaners berangkat dari Kota Baru – Tol Pasteur – Jl. dr. Junjunan – Cihampelas – Wastukencana – Merdeka – Lembong – Tamblong – Asia Afrika Bandung dan sampailah Dolaners di Masjid Agung Bandung yang berada tepat di depan Alun alun Kota Bandung.
Untuk menuju ke Masjid Raya Bandung ini Dolaners bisa menggunakan transportasi umum mapun kendaraan pribadi. Untuk Dolaners yang naik transportasi umum, jika Dolaners berangkat dari terminal Leuwipanjang, maka bisa menggunakan 2 cara yang paling mudah, yaitu pertama dengan naik bus Damri rute Leuwipanjang – Cicaheum, dan kemudian turun persis di Alun alun Bandung. Lokasi dari Masjid Raya Bandung ini berada persis di depan Alun alun Bandung. Cara kedua adalah naik angkot rute Leuwipanjang – Kebon Kalapa, lalu turun di jalan Ijan, kemudian Dolaners berjalan sekitar 500 meter, bisa menyusuri jalan Otista atau Dewi sartika, untuk sampai ke kawasan Masjid Raya Bandung.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link