Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta

2175 views

Dolaners suka melihat hal-hal baru? Yak, ada yang baru di Daan Mogot, baru dibuka pada awal tahun ini, dan menjadi milik Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Coba tebak, apa? Sebuah masjid. Berawal dari kesadaran Gubernur DKI kala itu bahwa Pemprov tidak memiliki masjid raya, maka dibangunlah masjid ini. Dan ternyata, tak hanya sebagai tempat ibadah, ada lebih banyak hal lain tentang masjid raya ini yang menarik. Apa itu? Lihat yuk, Dolaners!

Masjid Raya, Masjid Raya Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Rahadian

Masjid Raya punya beberapa nama alternatif, misalnya Masjid KH Hasyim Asy’ari, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari, atau Masjid Raya Daan Mogot. Tapi nama resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah Masjid KH Hasyim Asy’ari. For your information ya Dolaners, KH Hasyim Asy’ari adalah seorang tokoh kyai pendiri Nahdlatul Ulama dan juga seorang pahlawan nasional.

Diresmikan pada akhir caturwulan diawal tahun ini, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari saat ini menjadi satu-satunya masjid raya yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dengan luas mencapai hampir 17 km persegi, masjid ini benar-benar menggambarkan nama raya yang disandangnya. Apalagi dengan daya tampung jamaah yang mencapai 12.500 orang, masjid ini memang layak disebut Masjid Raya. Kapasitas inipun hanya pada lantai dua yang memang digunakan untuk ibadah, sedangkan lantai satu digunakan sebagai gedung serba guna. Masih ada pula lantai di antara (mezzanine), yang bisa difungsikan saat lantai dua sudah penuh dengan jamaah.

Dolaners bisa bayangkan seberapa megah dan besarnya bangunan masjid ini. Kalau dari luar, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari sepertinya tampak biasa saja, dengan kubah limas segi empat yang ditopang oleh lima pilar. Mungkin Dolaners lebih mengenal desain atap limas ini pada bangunan Joglo Jawa, tapi sebenarnya atap pelana seerti ini hadir pula dalam rumah Betawi Bapang. Kesederhanaan arsitektur masjid memang mengadopsi budaya Betawi, sehingga benar-benar tampak khas bangunan tropis Indonesia.

Rencananya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih akan membangun masjid raya di bagian Kota Jakarta yang lain. Melengkapi masjid raya di Kalideres ini, bisa jadi masjid raya di sisi lain ibukota akan mengambil nama tokoh atau pendiri ormas Islam lain.


AKTIVITAS

Kuliner
Lokasi Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari  ini dekat dengan Jalan Daan Mogot. Jadi, bila lapar melanda, Dolaners tinggal berpindah posisi ke jalan tersebut untuk menikmati kuliner di beberapa resto, seperti Bebek Kaleyo, Mr. Robak, Richeese Factory, Cut n Grill, Ropang Empat5, Le Gule, Sharetea, Warung Tekko, Simpang Raya, Ayam Goreng Karawachi, Kwetiau Sapi A-Chai, dan masih banyak lagi.
Akomodasi
Dolaners tidak akan dikenai biaya untuk mengunjungi Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari.
Kegiatan
Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari berada di sebuah lokasi dengan landscape yang direncanakan untuk menjadi lahan hijau supaya dapat mewadahi tujuan wisata pula bagi pengunjungnya. Tapi tetap saja, tujuan utama Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari adalah sebagai tempat ibadah, kegiatan sosial, dan pengajian. Selain menikmati arsitektur masjid yang unik, Dolaners bisa turut serta melakukan ketiga kegiatan tersebut di masjid ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari ini dibangun dengan konsep karang tiri Jawa, yang berarti ada lahan di sekitar bangunan untuk bercocok tanam. Bila sesuai dengan blue print-nya, masjid ini direncakan untuk menjadi percontohan agrikultur yang tak hanya menghadirkan suasana hijau rindang tapi juga dapat memberi tambahan dana bagi pengelolaan dan perawatan masjid. Saat Dolaners berkunjung, yuk dukung program urban agriculture atau pertanian kota ini dengan berhati-hati memperlakukan lahan di sekitar masjid.
Mudah sekali mencapai Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari ini dengan angkutan umum karena ada lajur busway Transjakarta koridor tiga yang melintasi area masjid. Kalau naik bus, Dolaners pilih yang menuju ke arah Kalideres, kemudian turun di Halte Pesakih. Dari halte ini, Dolaners lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh 100 hingga 200 m saja.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link