Mie Lampung Uno Yogyakarta

691 views

Yuk nge-mie! Tapi mie kan rasanya ya begitu-begitu saja. Kalau mau incip-incip rasa mie yang beda, di mana ya? Yogyakarta dan Jawa Tengah memang terkenal akan kuliner bercitarasa manis yang kuat. Mie-nya juga seringkali lebih terasa manis ketimbang asin. Nah, kalau mau yang beda, Dolaners bisa coba ke Mie Lampung Uno. Tenang, gak harus ke Lampung. Kedai mie ini ada di Yogyakarta, dan sudah ada tiga lokasi terpisah buat menikmati semangkuk mie gurih khas Lampung.

Mie Lampung Uno, Mie Lampung Uno Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by gembulfoodie ..

Mie Lampung Uno ini bukan di Lampung ya, Dolaners. Tapi kedai mie ini ada di Sleman, Yogyakarta. Jadi kalau suka citarasa mie khas Lampung, Dolaners gak perlu menyeberang pulau dari Jawa.

Memang belum banyak mie Lampung di kota gudeg ini, jadi Mie Lampung Uno bisa dibilang masih belum banyak saingan. Tapi meskipun belum ada tandingan, kedai ini tetap menjaga kualitas dan rasa mie yang dihidangkannya. Semangkok Mie Lampung Uno berisi mie sesuai request, potongan sawi hijau rebus, dan taburan daging ayam yang sudah digiling halus dengan bumbu sebagai topping. Tampilannya sekilas mirip dengan penyajian mie ayam Jakarta, bahkan mie yang digunakan juga mirip. Kuah kaldu ayam kampungnya disajikan terpisah di mangkuk lain yang berukuran lebih kecil.

Jadi, seperti apa rasa mie khas Lampung di Yogyakarta ini? Dominasi rasanya adalah gurih asin. Cukup berani juga ya, untuk bersaing dengan kuliner Jawa Tengahan yang didominasi rasa manis. Tapi bisa jadi alternatif saat Dolaners sudah kebanyakan makan manis dan pingin beralih ke rasa lain. Dan tentunya, Dolaners yang kangen dengan rasa khas mie Lampung, bisa langsung mengikis kerinduan itu dengan mengisi perut sampai kenyang di kedai Mie Lampung Uno.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Tips Kuliner
Tips BerwisataAkses Transportasi
Lokasi Mie Lampung Uno ini dekat dengan CILACS UII. Berseberangan jalan, tapi tidak persis berhadapan.
Bila menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jalan Laksda Adisucipto, Dolaners belok kiri ke Jalan Demangan Baru. Kemudian lurus ke arah CILACS UII, dan sebelum sampai di lokasi CILACS UII, Dolaners akan melihat kedai mie ini ada di sisi kiri jalan. Beda lagi kalau Dolaners dari arah Jalan Affandi. Belok kiri di Jalan Mrican Baru, lurus sampai ketemu Jalan Demangan Baru, kemudian belok kanan, Mie Lampung Uno berada di sisi kanan jalan. Atau, dari Jalan Affandi belok kiri di Jalan Comp. Colombo. Lurus saja sampai ketemu Jalan Demangan baru, kemudian belok kiri, dan Mie Lampung Uno ada di sisi kiri jalan. Selain di Demangan Baru, Dolaners bisa juga menikmati mie enak ini di Jalan Kaliurang Km 4.5. Lokasi di Kaliurang ini dulunya adalah Sop Ayam Pak Min, tepatnya di sebelah utara perempatan Jalan Kaliurang – Selokan Mataram. Atau, bisa juga menikmati mie khas Lampung ini di Hotel Cempaka yang berlokasi di Jalan Taman Siswa 75.

 

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link