Monumen Mandala

2563 views

Sebuah tugu yang dibangun untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan dalam pembebaskan Irian Barat menjadikan Monumen Mandala sebagai salah satu pengingat atas keberhasilan Indonesia.

Monumen Mandala

Photo by panduanwisata.id

Monumen Mandala merupakan sebuah tugu yang dibangun untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan dalam pembebaskan Irian Barat dari tangan para penjajah sekaligus hadiah atas jasa mantan Presiden Indonesia yang ke-2 yaitu Soeharto. Terletak tepat di jantung kota Makassar, akses jalan yang harus Dolaners tempuh untuk bisa sampai ke Monumen Mandala ini sangat mudah, Dolaners hanya perlu menuju ke jalan Perintis Kemerdekaan, jalan Urip Sumoharjo, jalan G.Bawakaraeng lalu berbelok kiri ke arah jalan Jend.Sudirman, dengan jarak tempuh sekitar 25 km. Bisa juga melalui jalur Tol Ir.Sutami dengan jarak tempuh hanya 17 km. Sedangkan jika dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Dolaners dapat menjangkau Monumen Mandala melalui jalan Nusantara, jalan A.Yani, jalan Jend.Sudirman, dengan jarak sekitar 5 km.

Monumen Mandala merupakan menara yang menjulang setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar dan terdiri dari 4 lantai, di lantai 1 terdapat diorama relief dan replika pakaian dan perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII. Sedangkan di lantai 2 terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat. Di lantai 3 Dolaners bisa melihat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian Barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi Mandala. Memasuki lantai 4 adalah ruang pandang di mana Dolaners dapat melihat suasana kota Makassar dari ketinggian. Ruang ini berada di ujung menara dengan ketinggian sekitar 73-75 meter dari permukaan tanah. Pada dinding luar Monumen Mandala direalisir kobaran api yang melambangkan gelora semangat untuk membebaskan Irian Barat, sedangkan di dalam tubuh monumen ini terdapat relief yang menceritakan sejarah perjuangan pembebasan Irian Barat.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makanan Dolaners tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Monumen Mandala ini banyak terdapat tempat makan, mulai dari warung hingga restaurant. Berneka macam menu hidangan disajikan dengan cita rasa yang lezat.
Kegiatan
Monumen Mandala merupakan menara yang menjulang setinggi 75 meter di pusat Kota Makassar. Monumen Mandala terdiri dari 4 lantai, di lantai 1 terdapat diorama relief dan replika pakaian serta kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad XVII. Sedangkan di lantai 2 terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat. Berbeda dengan lantai 2, di lantai 3 Dolaners bisa melihat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian Barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi Mandala. Memasuki lantai 4 adalah ruang pandang di mana Dolaners dapat melihat suasana kota Makassar dari ketinggian.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan yang harus Dolaners tempuh untuk bisa sampai ke Monumen Mandala ini sangat mudah, Dolaners hanya perlu menuju ke jalan Perintis Kemerdekaan, jalan Urip Sumoharjo, jalan G.Bawakaraeng lalu berbelok kiri ke arah jalan Jend.Sudirman, dengan jarak tempuh sekitar 25 km. Bisa juga melalui jalur Tol Ir.Sutami dengan jarak tempuh hanya 17 km. Sedangkan jika dari Pelabuhan Soekarno Hatta, Dolaners dapat menjangkau Monumen Mandala melalui jalan Nusantara, jalan A.Yani, jalan Jend.Sudirman, dengan jarak sekitar 5 km.
Selain menggunakan kendaraan pribadi atau taksi, Dolaners juga bisa mnggunakan angkutan umum, taxi maupun ojek untuk bisa sampai ke Monumen Mandala ini. Hampir semua juursan angkutan kota melewati Monumen Mandala ini, karena memang lokasinya yang berada tepat di jantung Kota Makassar.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link