Monumen Ondel-Ondel Kemayoran, Jakarta

3742 views

Dolaners, apa kira-kira yang paling khas dengan Betawi? Makanan? Pakaian? Bagaimana dengan ondel-ondelnya? Tentu Dolaners sudah tahu seperti apa bentuk ondel-ondel yang sering muncul di berbagai media. Nah, ternyata ada yang baru di Jakarta nih, Dolaners. Sepasang patung ondel-ondel yang berdiri tegak di Kota Jakarta. Eh, tapi sepertinya ada yang beda. Sepasang patung ondel-ondel ini tak seperti penampakan ondel-ondel yang sudah sering Dolaners lihat. Apa bedanya? Yuk lihat sama-sama.

Monumen Ondel Ondel Kemayoran, Monumen Ondel Ondel Kemayoran Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Aang Khalamullah Ridwan

Nyok kite nonton ondel-ondel! Saat Dolaners melintas di kawasan Kemayoran Jakarta, sempatkan untuk melihat sepasang abang none dalam ukuran raksasa yang berdiri tegak di bundaran jalan raya Kemayoran. Baru berusia sekitar 3 tahun, Monumen Ondel-Ondel ini sudah menjadi kebanggan tak hanya masyarakat Betawi tapi juga warga Jakarta secara umum. Banyak orang menyebut monumen ini dengan kependekannya, Mondel.

Monumen Ondel-Ondel berupa patung sosok seorang lelaki dan perempuan Betawi, atau lebih dikenal sebagai abang dan none, dalam balutan busana tradisional. Selain pakaian yang dikenakannya, ciri khas tradisi Betawi juga tampak pada hiasan di bagian kepala kedua patung ondel-ondel. Patung setinggi 8 m ini dibangun oleh PPKK (Pusat Pengelola Kawasan Kemayoran) dan bahkan menerima rekor MURI sebagai yang terbesar di dunia. Terbuat dari fiber dengan bobot masing-masing 1,5 ton, sepertinya memang rekor MURI ini layak disematkan pada Monumen Ondel-Ondel Kemayoran.

Yang unik, kedua patung abang dan none ini sama sekali tidak seram, Dolaners. Barangkali banyak orang berkeyakinan ondel-ondel selalu berwajah seram. Tapi karena sudah dikonsultasikan pada budayawan Betawi sebelum monumen ini dibangun, maka dibuatlah patung abang dan none yang wajahnya tampak biasa saja. Tak ada kesan seram sama sekali saat Dolaners melihat Monumen Ondel-Ondel.

Dan masih ada sebuah taman kecil dalam bundaran, di bagian bawah Monumen Ondel-Ondel, yang menambah keasrian pemandangan. Satu paket pemandangan ini tentu mudah saja menarik bagi setiap mata yang memandang, saat melintas di sekitar bundaran. Wajar saja bila Dolaners berniat selfie di area monumen. Keseluruhan taman dan monumen memang dapat mendukung foto Dolaners sehingga bisa tampil instagenik.


AKTIVITAS

Kuliner
Jangan ditanya lagi kalau soal makanan di kawasan Kemayoran. Mudah banget didapatnya! Dolaners bisa mencari jajanan lokal di sekitar Apartemen Apron atau Masjid Akbar. Kalau pas jalan-jalan ke Monumen Ondel-Ondel ini saat malam, Dolaners bisa berwisata kuliner sampai puas di pasar malamnya.
Akomodasi
Monumen Ondel-Ondel berada di area publik, jadi tidak ada biaya yang harus dibayarkan bila Dolaners ingin sekedar melihat-lihat atau menikmati karya raksasa ini.
Kegiatan
Lokasi di mana Monumen Ondel-Ondel ini berada adalah sebuah area lalu lintas yang cukup ramai. Dolaners wajib berhati-hati bila ingin menganbil gambar, selfie, atau sekedar menikmati suasana di sekitar monumen. Seringkali, saat cuaca mendukung, Dolaners bisa mendapati warga yang asik duduk-duduk di sekitar taman menghabiskan waktu. Tertarik bergabung, Dolaners?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Monumen Ondel-Ondel lokasinya berdekatan dengan Masjid Akbar Kemayoran. Karena ukurannya yang sangat besar, Dolaners bisa melihat monumen ini bahkan sejak di tikungan Pasar Jiung. Monumen ini berdiri tegak di dalam sebuah lingkaran, yang berupa bundaran tempat kendaraan mengambil jalur putar balik.
Jalan Benyamin Sueb dikenal juga dengan Runway Kemayoran Jakarta Pusat. Tak perlu berputar-putar di jalan-jalan kecil, Dolaners akan mudah saja menemukan lokasi Monumen Ondel-Ondel. Untuk mencapai bundaran di Runway Kemayoran ini, Dolaners tinggal menyusuri Jalan Benyamin Sueb saja hingga menemukan lokasi bundaran untuk putar balik yang memisahkan arus lalu lintas. Di dalam bundaran inilah Monumen Ondel-Ondel berada. Tapi kalau menggunakan angkutan kota, Dolaners bisa naik mikrolet M53 jurusan Pulogadung – Kota. Kalau menggunakan Transjakarta, halte terdekat dengan Monumen Ondel-Ondel adalah halte busway landas pacu timur. Sementara, kalau menggunakan KRL commuter line Jabodetabek, Dolaners bisa turun di Stasiun Kereta Rajawali.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link