Monumen Patung Gubernur Suryo Surabaya

1186 views

Ada banyak tempat bersejarah di Kota Surabaya. Bahkan untuk menandainya, dibangunlah monumen-monumen yang megah di beberapa titik di kota ini. Pasti Dolaners tak asing dengan beberapa monumen yang dimiliki kota pahlawan, apalagi yang masih berlokasi di pusat kota, dekat dengan fasilitas-fasilitas pemerintahan. Nah, ada satu monumen yang menarik untuk dikunjungi, terutama karena gambaran sosoknya yang sangat berjasa pada bangsa ini, dan Kota Surabaya pada khususnya. Mari lihat lebih jauh tentang monumen ini.

Monumen Patung Gubernur Suryo Surabaya, Monumen Gubernur Suryo, Patung Gubernur Suryo, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Yuyung Abdi

Surabaya terkenal dengan sejarah perjuangan mengangkat senjata melawan pasukan asing. Untuk mengingat dan menghargai darah yang tertumpah dalam perjuangan ini, Surabaya membangun banyak monumen, dan salah satunya adalah Monumen Patung Gubernur Suryo. Monumen ini berbentuk pahatan patung Gubernur Suryo, berdiri tegap di atas sebuah pijakan di tengah kolam. Di bagian tepinya, ada air mancur melingkar mengelilingi kolam yang akan tampak cantik berwarna-warni dengan lampu hias dimalam hari.

Monumen Patung Gubernur Suryo berada dalam kompleks Taman Apsari yang berlokasi di seberang jalan Gedung Grahadi Surabaya. Monumen ini didirikan untuk menghormati sang gubernur pertama Jawa Timur, yang menjadi korban saat terjadi pemberontakan PKI Madiun 1948. Sebagai seorang Raden Mas Tumenggung, Gubernur Suryo ini aslinya berasal dari Magetan dan meninggal di Ngawi pada iusia 50 tahun. Beliau pernah mewakili pihak Indonesia dalam gencatan senjata dengan Jendral Inggris, Mallaby, meskipun tetap saja terjadi perang tiga hari di Surabaya setelah gencatan itu. Tewasnya Mallaby kemudian menyulut perang yang lebih besar, dan bahkan sang Gubernur berorasi di radio untuk membangkitkan semangat melawan pasukan Inggris. Hingga tiga minggu kemudian setelah 10 November, Gubernur Suryo turut berperang dan termasuk pasukan terakhir yang mundur dari Surabaya menuju Mojokerto. Meninggal karena penyergapan dalam perjalanannya di Ngawi, Gubernur Suryo kemudian dimakamkan di Magetan.

Jauh dari kesan seram, lokasi di mana patung sang gubernur ini berdiri malah sering menjadi tempat kumpul-kumpul, tak cuma anak muda tapi juga semua kalangan umur. Tentu saja lokasi ini pilihan yang menarik karena ada taman bunga yang asri dan terawat, dengan patung Gubernur Suryo dikitari air mancur, sehingga menjadikan suasana terasa sejuk disiang hari. Tersedia pula lahan yang cukup bila Dolaners mau sedikit stretching. Tempat ini memang cukup nyaman untuk acara nongkrong-nongkrong outdoor, terutama dimalam hari. Dolaners bisa coba datang kemari dimalam Minggu. Saat akhir pekan, Dolaners pasti bakal ketemu banyak orang, dan bisa dapat kenalan. Lumaya kan, buat yang masih jomblo.


AKTIVITAS

Kuliner
Ada pilihan kuliner di sekitar monumen ini. Dolaners tinggal pilih-pilih apa yang disuka di beberapa resto yang berada tak jauh dari Taman Apsari.
Akomodasi
Tidak ada biaya apapun bila Dolaners ingin masuk atau nongkrong di sekitar monumen ini. Benar-benar lokasi yang ramah di kantong, bukan?
Kegiatan
Selain bisa melihat dan mengagumi monumen ini dengan leluasa, Dolaners juga dapat menyaksikan catatan sejarah perjuangan melawan pasukan Inggris di Surabaya yang tertulis pada prasasti di bagian bawah patung. Jangan lupa untuk selfie atau wefie di sini, ya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau Dolaners pingin bersosialisasi dan ketemu orang atau mencari kenalan baru, lebih baik datang ke area Monumen Patung Gubernur Suryo ini dimalam hari. Dolaners bisa menjumpai banyak orang nongkrong santai di seluruh pelosok Taman Apsari. Tapi bukan berarti Dolaners tidak bisa datang disiang hari, ya. Saat siang, tempat ini masih terasa sejuk, rindang dengan pepohonan taman.
Kalau menggunakan bus antar kota, Dolaners turun di Terminal Joyoboyo, dilanjutkan dengan bus kota menuju Kayun-Jembatan Merah Plaza. Kalau turun di Jl. Pemuda, Dolaners tinggal jalan kaki menuju Jl. Gubernur Suryo. Karena lokasi Monumen Patung Gubernur Suryo ini jadi satu dengan Taman Apsari, Dolaners bisa menuju ke arah yang sama. Atau sekalian menuju ke Gedung Grahadi, nanti Dolaners tinggal menyebrang jalan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link