Monumen Selamat Datang Jakarta

799 views

Gambaran apa yang paling diingat tentang Kota Jakarta, Dolaners? Gedung-gedungnya yang menjulang? Jalan-jalannya yang selalu penuh dengan kendaraan? Masih ada lagi, Dolaners. Sepasang patung yang ada di tengah kolam bundar, dikelilingi oleh air mancur, dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit. Tentu gambaran seperti ini sudah sering wira wiri di televisi atau media lain. Nah, apa sebenarnya patung ini, dan di mana lokasinya? Yuk mari lihat sama-sama, Dolaners.

Monumen Selamat Datang, Monumen Selamat Datang Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Roman Bintang

Dolaners tahu Monumen Selamat Datang? Barangkali Dolaners lebih kenal dengan Bundaran Hotel Indonesia. Iya, memang yang lebih sering disebut dan dikenal secara luas adalah lokasi monumen yang berbentuk bundaran di depan Hotel Indonesia. Nah, sebenarnya, sepasang patung yang berada di tengah kolam Bundaran Hotel Indonesia itulah Monumen Selamat Datang.

Monumen ini punya banyak julukan yang tak kalah populernya dengan Selamat Datang. Yang paling kental dengan budaya Betawi, sesuai dengan lagu gambrang kromongnya, adalah Patung Jali Jali. Semakin jarangnya lagu Betawi ini dinyanyikan, semakin kurang populer juga nama Patung Jali Jali. Seiring waktu, yang berubah hanya julukan depannya saja, ada yang menyebutnya Patung Selamat Datang, ada juga yang mengenalnya dengan Tugu Selamat Datang.

Monumen ini didirikan pada masa Presiden Sukarno, saat ada Asian Games di Jakarta. Ide dari Presiden Sukarno kemudian mulai dikerjakan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, waktu itu adalah Henk Ngantung. Sepasang patung perunggu di tengah Bundaran Hotel Indonesia ini selesai dikerjakan selama satu tahun sebelum akhirnya berdiri megah di lokasinya sekarang. Diawal milenium ini, Bundaran Hotel Indonesia dipercantik dengan air mancur, tata lampu, dan desain kolam yang baru.

Berdiri di ketinggian, di tengah-tengah kolam dengan diameter sekitar 100 m, bisa jadi Dolaners akan sulit melihat detail patung. Sekilas yang tampak hanya patung sepasang pemuda dan pemudi, dengan satu tangan melambai, sedangkan tangan patung pemudi yang lain menggenggam sebuket bunga. Apalagi dengan lalu lintas yang hilir mudik dengan kesibukannya masing-masing sehari-hari, patung ini nyaris dianggap angin lalu bagi warga Jakarta.


AKTIVITAS

Kuliner
Paling pas untuk menikmati wisata di sekitar Monumen Selamat Datang dan Bundaran Hotel Indonesia adalah dihari Minggu pagi, saat car free day. Dolaners bisa jalan santai menikmati suasana dan landmark yang ikonik ini, sekaligus punya banyak banget pilihan jajanan dan makanan. Santai saja, tak perlu buru-buru.
Akomodasi
Kalau hanya untuk melihat-lihat dan menikmati Monumen Selamat Datang dan Bundaran Hotel Indonesia, Dolaners tidak akan dikenai biaya apapun. Kawasan ini adalah area publik yang bisa diakses banyak orang.
Kegiatan
Perlu diingat ya, Dolaners. Kawasan Bundaran Hotel Indonesia ini adalah persimpangan ruas jalan arteri di dalam kota, jadi tentu sangat ramai dengan lalu lintas sehari-hari. Tetaplah berhati-hati saat mengambil gambar ataupun sekedar melihat-lihat.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Monumen Selamat Datang dan Bundaran Hotel Indonesia berada di persimpangan M.H. Thamrin, Imam Bonjol, Sutan Syahrir, dan Kebong Kacang. Dolaners akan mudah sekali menemukan spot ini karena berada di pusat kota dan menjadi ikon landscape kawasan ini. Kalau ingin menikmati kedua bangunan ikonik dengan lebih leluasa, Dolaners bisa datang dihari Minggu pagi saat acara Jakarta car free day. Tanpa lalu lintas kendaraan yang melintas, Dolaners bisa menikmati Monumen Selamat Datang dan Bundaran Hotel Indonesia dengan lebih leluasa.
Lokasi Monumen Selamat Datang dan Bundaran Hotel Indonesia ini mudah sekali diakses. Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi saat hari-hari kerja biasa. Tapi sesuai perturan Gubernur DKI, hanya kendaraan roda empat yang diperbolehkan melintas di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Kalau menggunakan angkutan umum, Dolaners bisa naik bus Transjakarta koridor 1 jurusan Blok M – Kota. Ada sebuah halte di Bundaran Hotel Indonesia, di mana Dolaners bisa turun untuk kemudian melanjutkan acara menikmati bangunan bersejarah ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link