Monumen Yogya Kembali

1906 views

Bangunan unik dengan bentuk layaknya tumpeng yang berada di kota Yogyakarta menjadi saksi bisu penanda adanya sebuah sejarah dibalik sebuah museum monumen Yogya Kembali (monjali). Monumen tersebut dibangun sebagai lambang telah kembalinya pemerintahan Indonesia di Yogyakarta dan kembalinya Presiden Soekarno dan wakil Presiden Mohammad Hatta dari pengasingan pada tahun 1949.

Monumen Yogya Kembali

Photo by wikimedia.org

Monumen ini dibangun dengan bentuk tumpeng, sebenarnya bentuk tersebut menyerupai gunung. Ini sebagai pertanda kesuburan dan sebagai upaya pelestarian budaya nenek moyang. Penempatan museum Monumen Yogya Kembali (monjali) bukan tanpa maksud. Letak bangunannya terletak pada sumbu imajiner yang menghubungkan antara Merapi, keraton, Tugu, Panggung Krapyak, dan parangtritis. Titik imajiner tepatnya pada lantai tiga menumen tersebut, tepat berdirinya tiang bendera.

Selain bentuk monumen yang unik, penataan museum monumen Yogya Kembali (monjali) juga menarik. Terdapat empat jalan menuju bangunan utama yang dikelilingi kolam (jagang). Saat Dolaners memasuki museum monumen Yogya Kembali (monjali), yang pertama Dolaners jumpai adalah replika pesawat Cureng dan pesawat Guntai di dekat kanan kiri pintu masuk. Di dalam monumen Dolaners akan menjumpai banyak benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan peristiwa serangan 1 Maret dan berbagai relief, patung Soekarno dan hatta, dan beberapa diorama. Pada lantai teratas adalah ruang hening dengan bentuk melingkar dan terdapat tiang bendera, ruang ini dikenal dengan nama Garbha Graha.

Ketika Dolaners ke museum monumen Yogya Kembali (monjali) pada malam hari maka suasan monjali berubah menjadi berwarna. Di sana banyak lampu lampion dengan berbagai bentuk. Berbeda dengan siang hari, wisata malam di monjali juga sangat menarik. Dolaners bisa menikmati berbagai wahana seperti sepeda dan kendaraan dengan hiasan lampu yang menarik. Berbagai lampion dengan bentuk dan warna yang indah mengelilingi monjali. Selain itu, ada juga wahana balon air besar yang dapat memuat dua atau tiga orang dan balon ini akan bergerak menggelinding di atas permukaan air. Di monjali juga terdapat berbagai arena permainan bagi anak-anak bahkan juga ada live music. Monjali di malam hari juga menawarkan wisata malam seru yang bernama Puri Hantu Indonesia, yaitu sebuah wahana untuk uji nyali Dolaners. Menarik bukan museum Monumen Yogya Kembali, baik siang ataupun malam hari bisa Dolaners jadikan tempat tujuan wisata yang mengasyikkan. Gunakan waktu berkunjung Dolaners selama di Jogja untuk ke monjali.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke wisata bangunan Monumen Yogya Kembali tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.

Di sekitar area kawasan Monumen Yogya Kembali ini juga terdapat beragam pedagang yang menjual oleh oleh khas Yogyakarta. Mulai dari makanan seperti bakpia, gethuk, beragam pakaian bernuansakan batik hingga beragam souvenir di jual disini. Jadi Bagi Dolaners yang ingin membawa oleh oleh untuk dibawa pulang ke rumah, tidak perlu khawatir binggung mencari dimana. Soal harga juga sangat ramah dikantong.

Jika Dolaners kurang puas menikmati macam kuliner di kawasan taman wisata Monumen Yogya Kembali ini tidak perlu khawatir, karena di dekat taman wisata ini banyak terdapat rumah makan maupun yang akan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Joglo Melati Tradisional. Dijamin Dolaners tidak akan menyesal mam[pir ke tempat ini.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Bus : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Beragam kegiatan bisa dilakukan di wisata Monumen Yogya Kembali ini, yakni seperti :

  • Rekreasi, Monumen Yogya Kembali menyediakan sarana permainan yang dapat menjadi sarana rekreasi bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, karena didalam Monumen Yogya Kembali di sediakan wahana permainan, seperti perahu air dan sebagainya.
  • Pengenalan sejarah dan budaya, sudah sepantasnya pariwisata Monumen Yogya Kembali menyediakan sarana dan prasarana untuk memberikan informasi mengenai sejarah dan kebudayaan yang ada di Indonesia khusunya di yogyakarta, karena hal yang paling pokok pada Monumen Yogya Kembali adalah pengenalan sejarah Indonesia saat berada di Yogyakarta. Lebih dalam lagi, Monumen Yogya Kembali juga menyediakan diorama dan foto-foto bersejarah yang akan menambah daya tarik dalam mempelajari sejarah bangsa.
  • Penanaman karakter (character building), selain menjadi pengenalan sejarah dan  budaya, Monumen Yogya Kembali juga dapat berfungsi sebagai penanaman karakter pada  setiap pengunjung, penanaman karakter ini dilakukan melalui media-media sejarah yang di sediakan oleh pengelola Monumen Yogya Kembali. Diharapkan setiap pengunjung mampu untuk mengambil pelajaran dari setiap peristiwa sejarah yang pernah terjadi, agar tindakan yang dilakukan oleh para pejuang dalam memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan dapat di tiru dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Monumen Yogya Kembali yang terletak di jalan Monjali ini bisa di akses dari perempatan Tugu Yogyakarta lurus ke arah utara sampai ke perempatan ringroad utara. Setelah sampai di perempatan ringroad utara belok ke kiri (arah barat), kemudian ambil jalur ke arah sebaliknya melalui area pemotong arah yang sudah disediakan. Monumen Jogja Kembali berada sekitar 50 meter sebelah barat perempatan ringroad pada sisi utara jalan
Untuk sampai ke Monumen Jogja Kembali ini, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang menggunakan angkutan umum jika dari Stasiun Tugu, dapat berjalan menuju Halte Malioboro 1, lalu naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di Halte Ring Road Utara (Monjali 2). Sedangkan Jika Dolaners datang dari Terminal Jombor, Dolaners bisa naik bus Trans Jogja rute 2B dan turun di Halte Ring Road Utara (Monjali 1).

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link