Museum Angkut

1995 views

Berwisata memang merupakan suatu kegiatan yang sangat menarik, terutama bagi buah hati. Mengenalkan sejarah sembari berpetualang di area wisata akan membuat si kecil bertambah wawasan serta pengetahuannya. Aneka tontonan yang unik akan membuat buah hati lebih antusias dan memiliki daya imajinasi yang lebih.

Museum Angkut

Photo by intaninchan.wordpress.com

Selain tempat wisata pantai dan pegunungan, Malang menawarkan dolaners tempat antik nan unik bertajub sebuah museum. Museum ini diberi nama Museum Angkut. Merupakan tempat yang berisi aneka barang antik bersejarah. Museum pertama yang menggunakan konsep transportasi ini pertama kali di buka pada 9 Maret 2014. Memang terkesan masih baru, tetapi banyak pengunjung yang sangat antusias ketika singgah di Museum Angkut di Kota Wisata Batu ini. Dengan desain ruangan yang klasik dan di penuhi dengan aneka macam jenis kendaraan mulai dari kendaraan kuno hingga modern menjadikan Museum Angkut sebagai tempat yang paling di minati untuk wisata keluarga. Mata dolaners akan di manjakan dengan pemandangan aneka alat transportasi, yang berkembang dari waktu ke waktu. Tujuan Museum Angkut ini di bangun adalah sebagai bentuk apresiasi tentang pesatnya perkembangan jenis-jenis transportasi dari waktu ke waktu.

Tempat ini di bawah kepimilikan Jawa Timur Park Group, yang mana juga sebagai pemilik dari taman hiburan Jatim Park I dan II serta Batu Screet Zoo. Museum Angkut memiliki enam zona yang wajib dolaners kunjungi, yaitu: Zona Edukasi, Zona Sunda kelapa dan Batavia, Zona Jepang, Zona Uni Eropa, Zona Hollywood, Zona Gangster dan Broadway. Masing-masing zona tersebut memiliki karakteristik masing-masing, misalnya saja pada zona edukasi, merupakan sebuah area yang cocok untuk buah hati dolaners, disini si kecil akan di suguhi berbagai informasi tentang perkembangan transportasi dengan cara yang menarik, untuk zona Hollywood, menyediakan aneka ragam jenis kendaraan yang ada di film-film Hollywood seperti Scooby doo.

Tidak hanya ada museum untuk alat transportasi saja, terdapat pula Museum D’Topeng dan Pasar Apung yang berada di sekitar area Museum Angkut, tentu Dolaners wajib singgah disana. Semoga bermanfaat untuk dolaners di seluruh Indonesia.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Museum Angkut tidak perlu repot repot membawa bekal dari rumah, karena begitu masuk ke dalam kawasan objek wisata ini, Dolaners akan disambut dengan sebuah kawasan bernama Pasar Apung dimana disana kita dapat menemukan aneka kuliner yang menggoyang lidah. Pasar Apung sendiri bisa dikatakan merupakan foodcourt yang sengaja dibangun di area Museum Angkut dengan konsep dan suasana yang berbeda. Mulai dari jajanan cemilan ringan, kue kue tradisional, makanan berat hingga ragam macam minuman semua tersedia disini. Untuk masalah harga tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 15.000 an saja untuk makanannya.

Jika kuliner di dalama kawasan Museum Angkut belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini, antara lain Warung Khas Batu, Depot Flamboyan, Warung Makan Sidik Batu, Depot Susu Ganesha Batu, Jungle Fast Food, Soto Ayam Lamongan, Warung Bambu, Kawasan Masakan Tradisional, American Fast Food dan masih banyak yang lainnya sehingga bebas memilih rumah makan dengan masakan yang sesuai dengan selera. Salah satu kuliner yang melegenda dan wajib untuk Dolaners kunjungi ketika sedang berada di Kawasan Kota Wisata Batu adalah Pos Ketan Legenda Kota Batu yang berada tepat di sebelah barat Alun alun Kota Batu.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 60.000,- (weekday) dan Rp. 80.000,- (weekend)
Biaya Tiket Terusan (Museum Angkut + D’Topeng Kingdom) : Rp. 70.000,- (weekday) dan Rp. 90.000,- (Weekend)
Biaya Tiket Membawa Kamera (kecuali kamera HP) : Rp. 30.000,-
Makan di kawasan Pasar Apung : Rp. 15.000,- an.
Kegiatan
Selain sebagai objek wisata belajar aneka transportasi darat, laut, udara baik yang ada sejak zaman dahulu hingga transportasi modern. Di Museum Angkut ini dapat mengadakan acara untuk perusahaan, komunitas, atau organisasi dengan pilihan hiburan yang tersedia di Museum Angkut+ Movie Star Studio. Kunjungan Edukasi dilengkapi dengan macam pilihan kegiatan mempelajari alat angkut dan membuat karya seni tradisional Indonesia. Dolaners juga bisa menggunakan semua spot yang ada di Museum Angkut untuk foto Preweding, Presweet atau kegiatan fotografi lainnya. Berikut beberapa zona yang ada di Museum Angkut :

  1. Zona Hall Utama

Ruangan ini adalah ruangan pertama yang akan dikunjungi setelah melewati garis Entrance oleh pengunjung. Diruangan ini terdapat berbagai koleksi alat angkut dari berbagai negara dan berbagai masa yang didukung dengan hiasan lampu sedemikian rupa sehingga menimbulkan kesan elegan sebuah Museum Angkut berkelas International.

  1. Zona Edukasi

Sesuai misi visi Jawa Timur Park Group sebagai penggagas Wisata Edukasi, di zona seluas 900 m2 ini dapatkan informasi tentang sejarah berbagai angkutan dari masa ke masa baik di Indonesia maupun di dunia. Temukan cara baru belajar tentang angkutan dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

  1. Zona Sunda Kelapa & Gudang Batavia

Masuk ke zona ini kita serasa ditarik kembali ke Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Belanda. Temukan nuansa Batavia, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis angkutan didalamnya.

  1. Zona Gangster Town & Broadway Street

Di zona ini Al Capone sebagai gangster tersohor di tahun 1970an  beraksi dan siap membawa Dolaners terlibat didunia gangster. Broadway street yang menjadi tempat impian para artis tersohor dunia ditampilkan bersama dengan berbagai model angkutan didalamnya.

  1. Zona Eropa

Italy, Perancis, Jerman, dan London yang merupakan kota tersohor di eropa kami sajikan dalam nuansa malam dipadu dengan berbagai angkutan dari Eropa yang melengkapi situasi kota.

  1. Zona Istana Buckingham

Inggris sebagai Negara Kerajaan paling tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai angkutan berkelas seperti Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, Raligh, Fillir, Francis Barnett, Austin, Mini Cooper, Rolls Royce, dll kami hadirkan di sini. Kami juga menampilkan mobil LandRover yang pernah digunakan oleh Queen Elizabeth saat parade di Australia lengkap dengan situasi Kota London di malam hari dan kemegahan Istana Buckingham.

  1. Zona Las Vegas

Nuansa Amerika yang akan mewarnai malam Dolaners dengan gerbang Las Vegas.

  1. Zona Hollywood

Ayoo movie mania. Di Zona ini kalian akan menemukan berbagai mobil yang dipakai dalam film Hollywood.

  1. Zona Pasar Apung

Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada disini. Makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir, karikatur, dan lain-lain dapat dipelajari sekaligus berinteraksi langsung dengan para seniman dan membawa hasil karya seni pulang kerumah.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke objek wisata Museum Angkut sangat mudah untuk dilalui baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika dari pusat kota Malang, Dolaners bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa menggunakan salah satu dari 2 jalur alternatif yaitu melalui jalan Ahmad Yani lalu berbelok di Karang Lo atau lurus saja melalui Jalan Tlogomas. Namun jika datang dari luar kota dan turun dari kereta (di stasiun) maupun bus (di terminal Arjosari Malang) naiklah angkutan umum berkode AL, ADL, atau GL untuk menuju ke terminal Landungsari Malang. Setelah sampai di terminal Landungsari, perjalanan akan dilanjutkan menuju terminal Batu dengan naik bus jurusan Malang-Kediri atau Malang-Jombang, kemudian setelah itu Dolaners bisa langsung turun di seberang Museum Angkut. Waktu tempuh dari Malang ke Kota Batu sekitar 1 jam jika lancar tanpa banyak berhenti.
Untuk dapat sampai ke Museum Angkut, Dolaners tidak perlu khawatir karena selain kendaraan pribadi, kedaraan umum juga bisa menjangkau lokasi ini. Hanya perlu naik bus umum dengan jurusan Malang-Kediri atau Malang-Jombang, maka Dolaners akan diantar hingga di seberang Museum Angkut.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link