Museum Malang Tempo Doeloe

1005 views

Kepo tentang Malang? Apa yang menarik dan bikin penasaran tentang Malang? Atau cuma cari spot-spot beda biar lebih hits lagi? Coba samperin museum unik di Kota Malang deh, Dolaners. Eitss, ini museum bukan museum biasa atau kebanyakan, loh. Museum keren ini memang menampilkan banyak hal jadul, tapi konsepnya sangat millennial-generation-friendly. Kalau Dolaners mau tahu seperti apa live museum di Malang, datang saja ke Museum Malang Tempo Doeloe.

Museum Malang Tempo Doeloe, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Prastika Melati

Namanya memang memang museum, udah gitu ada kata-kata tempo dulu, pula. Tapi kesan yang terasa saat Dolaners berada di tempat ini beda jauh dari namanya. Museum Malang Tempo Doeloe telah melalui perjalanan jatuh bangun yang tak sebentar hingga akhirnya sekarang tampil gaul di sebuah rumah yang asri.

Berawal dari misi menyelamatkan puluhan arca berusia ratusan tahun yang tercecer di Malang, Museum Malang Tempo Doeloe sebelumnya bernama Museum Malang 1.000 Tahun. Sempat dibuka di Rumah Makan Cahyaningrat dan Pusat Perbelanjaan Sarinah Malang, akhirnya Museum Malang Tempo Doeloe berdiri dengan 20 ruang pamer di lokasinya sekarang, dekat dengan Rumah Makan Inggil. Menempati sebuah rumah kuno terbengkalai, live museum ini tampil modern dengan banyak kisah untuk diceritakan.

Setiap ruang pamer Museum Malang Tempo Doeloe punya kisahnya sendiri. Misalnya, keadaan Malang pada 1,5 juta tahun silam, lengkap dengan fosil-fosil dan peralatan yang digunakan pada masa itu. Ada juga ruangan yang menceritakan tentang Malang pada masa kerajaan Singosari, Kediri, dan Kanjuruhan. Mendekat ke masa kini, ada ruang yang menyimpan segala hal dari masa penjajahan Belanda serta pendudukan Jepang. Di ruang lain, Dolaners bisa melihat foto-foto walikota Malang yang pernah menjabat. Dan tak lupa, ada Malang dimasa kekinian. Lengkap, bukan? Dolaners bisa melihat perjalanan kehidupan di bumi Arema dari masa ke masa.

Tahukah Dolaners apa yang paling asik dari Museum Malang Tempo Doeloe? Dolaners bebas bawa kamera, mau kamera keren profesional ataupun kamera ponsel, semua boleh. Dolaners bisa wefie sepuasnya dengan barang-barang antik di museum ini. Kalaupun fosil masih kejauhan umur jadi kurang menarik, Dolaners pasti jatuh hati sama pernak pernik jadul yang ditampilkan di Museum Malang Tempo Doeloe. Misalnya saja kamera jadul, mesin ketik, atau mainan anak-anak yang semuanya hits saat belum ada Internet, laptop, maupun game di gadget Dolaners. Kebayang gak, kalau Dolaners terlahir pada masa ini? Oh ya, lebih pas kalau melihat-lihat museum bersama pemandu, jadi Dolaners mendapat informasi yang lengkap, tak perlu menebak-nebak tanpa hadiah tentang setiap benda di Museum Malang Tempo Doeloe.


AKTIVITAS

Kuliner
Museum Malang Tempo Doeloe berdekatan dengan Rumah Makan Inggil. Rumah makan ini menawarkan menu-menu lokal yang semuanya enak. Setelah lengkap menikmati cerita tentang Malang, duduk menikmati santapan khas Malang di Rumah Makan Inggil akan melengkapi perjalanan Dolaners dengan sempurna.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk Pelajar: Rp 10.000,-
Harga Tiket Masuk Warga Malang: Rp 15.000,-
Harga Tiket Masuk Umum: Rp 25.000,-
Kegiatan
Dolaners bisa melihat-lihat Malang melalui cerita yang disuguhkan Museum Malang Tempo Doeloe. Kisah-kisah tentang Malang prasejarah, ekskavasi arkeologi, Kerajaan Kanjuruhan, Kerajaan Singosari, Mataram Hindu, Kerajaan Majapahit, benteng Malang yang kini menjadi Rumah Sakit Umum Saiful Anwar, dan lain-lain, semua lengkap bisa dilihat di museum yang unik ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Museum Malang Tempo Doeloe tak susah dicari, kok. Dolaners cari saja Balai Kota Malang. Museum Malang Tempo Doeloe berada di kawasan belakang balai kota, bersebelahan dengan Rumah Makan Inggil.
Bila menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online, Dolaners langsung saja meluncur ke area pusat kota, Alun-Alun Bundar atau Balai Kota Malang. Jalan Gajahmada, di mana Museum Malang Tempo Doeloe berada, terletak di sisi kanan balai kota. Masuk saja, dan lanjutkan menyusuri jalan ini hingga Dolaners menemukan museumnya. Kalau naik angkutan umum, Dolaners bisa naik ADL atau AL.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link