Museum Ronggowarsito

1065 views

Wisata edukasi sejarah yang menarik dan unik akan Dolaners jumpai di lokasi ini. Pembelajaran sejarah bagi para putra-putri Dolaners akan menjadi menyenangkan apabila Dolaners mengajak buah hati berkunjung ke Museum Ronggowarsito.

Museum Ronggowarsito

Photo by 1001wisata.com

Berwisata sembari mengenal sejarah tentu menjadi aktivitas yang sangat asyik jika dilakukan bersama putra-putri kesayangan, selain mengenalkan kepada si buah hati mengenai tatanan sejarah, putra-putri Dolaners juga akan berkawan baik dengan sejarah yang telah tumbuh dan berkembang di sekitarnya. Seperti halnya aset sejarah dan budaya yang berada di kawasan Museum Ronggowarsito. Museum yang berlokasi di Jawa Tengah ini menampilkan aneka pernak-pernik budaya yang sangat cocok untuk Dolaners kunjungi, terutama bagi pelajar yang haus akan ilmu sejarah dan budaya.

Museum Ronggowarsito Semarang menyimpan setidaknya 59.802 buah koleksi yang terdiri dari 10 komponen ilmu, yakni: seni rupa, biologi, geologi, historika, arkeologi, filologi, heraldika, kramologika, teknologika, numismatic, ethnografika. Museum ini memang sebagai fasilitas pelayanan masyarakat yang sengaja di sediakan guna melestarikan budaya, serta sebagai sarana wahana rekreasi serta pendidikan. Museum Ronggowarsito Semarang ini pertama kali di tekuni oleh para proyek rehabilitasi yang mengurus bangunan museum Jawa Tengah pada tahun 1975, dan di buka resmi oleh Prof. Dr. Fuad Hasan pada 5 Juli 1989.

Tak hanya kaya akan aneka koleksi, melainkan kreatifitas juga di tawarkan oleh Museum yang satu ini, dikarenakan di Museum Ronggowarsito ini juga menyediakan fasilitas berupa pelatihan atau kursus yang bertumpu pada pendidikan budaya Jawa secara sistematis dengan mengandalkan ruangan di sekitar area museum. Jika Dolaners berkunjung pada hari-hari besar Nasional, maka Dolaners akan di suguhi oleh sebuah atraksi yang di adakan di sekitar Museum Ronggowarsito Semarang, yang tentunya atraksi tersebut berkiatan erat dengan unsur-unsur budaya, atraksinya antara lain: Barongan, Kuntulan, Kuda Lumping dan aktivitas lainnya yang memiliki kaitan dengan pelestarian budaya.

Museum Ronggowarsito sebagai lambang kearifan budaya memang seharusnya dijaga dan diabadikan dengan baik, agar Bangsa Indonesia tidak kehilangan Jati dirinya.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Museum Ronggowarsito Semarang ini tidak perlu takut kelaparan. Hal ini karena di sekiatr area kawasan museum ini banyak terdapat tempat makan, mulai dari yang kaki lima hingga restaurant ada disini. Seperti Soto Pak Man, Warung Makan Kasih, Rumah Makan Ayam Goreng Ny. Suharti, Ayam Goreng Panas Mbok Berek, Depot Kowloon, White Rabbit Dessert, Nasi Goreng Babat Hengky, hingga toko oleh oleh Bandeng Juwana ada disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 4.000,- (Dewasa) dan Rp. 2.000,- (Anak anak)
Kegiatan

Ketika Dolaners memasuki gedung pameran lantai satu Museum Ronggowarsito Semarang, Dolaners akan disambut dengan Gunungan Blumbangan, yang menggambarkan alam semesta, manusia dan lingkungannya. Selain itu, Dolaners juga akan menemukan lukisan alam semesta, bebatuan meteroit, zaman prasejarah, peradaban Hindu – Budha serta perjuangan kemerdekaan semasa perjuangan fisik dan diplomasi, disertai diorama antara lain diorama pertempuran lima hari Semarang, diorama peristiwa Palagan Ambarawa, diorama gerilya dan kembali ke Yogyakarta.

Masih di lantai satu Museum Ronggowarsito, Dolaners dapat menelusuri ruang pembangunan, ruang numismatika dan heraldik, ruang tradisi nusantara, ruang intisari dan hibah yang berisi koleksi keris dan lain sebagainya. Koleksi keris tersebut merupakan hibah dari warga Jawa Tengah. Untuk menyatakan berganti kepemilikan, keris itu harus dibeli seharga sesuai dengan keinginan si pemilik dan sesuai dengan persetujuan. Nah, sebelum naik ke lantai dua, Dolaners bisa mengunjungi wahana 3 dimensi. Hanya dengan Rp. 10.000, Dolaners dapat menonton film prasejarah berdurasi sekitar 20 menit. Dolaners juga bisa memilih film yang akan Dolaners tonton seperti film tentang pembuatan candi borobudur, proses terjadinya gunung melutus, penemuan candi, dsb, tergantung dari permintaan pengunjung.

Lantai dua Museum Ronggowarsito berisi koleksi dan peralatan kesenian yang dipisahkan menjadi seni pergelaran, seni pertunjukan dan seni musik, di antarnya wayang, culung, gamelan, angklung, kulintang, dll. Terdapat juga peralatan hidup seperti gerabah, dokar, rumah, dll, yang mencakup teknologi mata pencaharian, teknologi industri dan transportasi, teknologi kerajinan, dan rumah tinggal.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Museum Ronggowarsito ini cukup mudah, ini dikarenakan letaknya yang berada strategis di tengah kota. Dolaners hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke arah Tugu Muda, nah dari sini ikuti jalan kurang lebih 3 km Dolaners akan menemukan letak Museum Ronggowarsito Semarang ini.
Untuk bisa sampai ke Museum Ronggowarsoto ini Dolaners bisa mengunakan transportasi umum maupun pribadi, baik ojek, bus maupun taxi. Jika Dolaners menggunakan angkutan umum pilihlah yang menuju ke arah Manyaran, Ngaliyan, Bandara, atau Mangkang, karena pasti melewati Museum Ronggowarsito ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link