Museum Sepuluh November Surabaya

3285 views

Pasti Dolaners tak asing dengan istilah kota pahlawan, bukan? Tentu tidak. Dan tentunya, cukup familiar juga dengan sebutan Tugu pahlawan. Iya, kan? Nah, sekarang saatnya Dolaners mengenal Museum Sepuluh November Surabaya. Dari tanggalnya saja, Dolaners bisa tebak kalau museum ini ada hubungannya sama perang kemerdekaan melawan penjajah pada tanggal 10 November di Kota Surabaya. Tapi seperti apa dan ada apa di dalam museum ini?

Museum 10 Nopember Surabaya

Photo by Dzulfikar Ghassani

Ke Kota Surabaya, gak bakalan terasa afdol kalau Dolaners gak main ke Museum Sepuluh November. Kota pahlawan ini menyimpan semua kenangan pahit getirnya tentang perang kemerdekaan yang berdarah di museum ini. Jadi, sempetin lah Dolaners, main sebentar ke Museum Sepuluh November Surabaya. Yuk intip, seperti apa sih, museum yang ada di Kota Surabaya ini?

Dilihat dari luar, bagian eksterior arsitektur Museum Sepuluh November ini sama sekali gak jadul. Enggak banget deh, kalau Dolaners berpikir museum pasti jadul, suram, ngebosenin, atau semacamnya. Museum Sepuluh November ini beda, pakai banget. Memang bentuknya sekilas mirip-mirip piramida, seperti piramida Mesir yang kuno itu, tapi detail struktur Museum Sepuluh November yang penuh kaca malah bikin museum ini mirip seperti Museum Louvre. Coba deh Dolaners selfie dengan background piramida Museum Sepuluh November ini. Dari angle yang tepat, Dolaners bisa tampak habis jalan-jalan ke Paris. Bangunan museum ini juga sedikit menjorok kedalam tanah. Katanya sih, biar Tugu Pahlawan yang masih satu komplek dengan museum tetep kelihatan dominan. Kalau dipikir-pikir, ya dominan lah. Kan udah tinggi banget, gitu. Kalau di bagian luar museum ada patung tiga pemuda dengan bambu runcing mereka, di bagian dalam museum ada audio suara Bung Tomo yang berorasi. Benar-benar pertunjukan audio visual yang lengkap, ya. Saat menapakkan langkahmu ke bagian dalam Museum Sepuluh November Surabaya di lantai satu, Dolaners akan disuguhi pemandangan sebuah ukiran yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan di Surabaya.

Dolaners juga bisa membaca kata-kata pembakar semangat yang banyak dipajang di dinding museum. Sempatkan untuk membaca dan melihat satu demi satu, resapi maknanya, dan apresiasi hasil perjuangan para pahlawan yang telah gugur. Tak lupa, sesuai dengan ornamen eksteriornya, masih banyak lagi patung-patung yang bisa dujumpai di bagian dalam Museum Sepuluh November. Detail pahatan patung-patung ini seakan ingin menghidupkan kembali suasana perang kemerdekaan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Lanjut ke lantai dua Museum Sepuluh November, Dolaners bisa melihat-lihat berbagai macam senjata yang dipakai para pejuang saat perang kemerdekaan. Mulai dari pisau sampai keris, beragam pistol dan laras panjang, serta tak lupa, bambu runcing yang fenomenal. Bagaimana para pejuang menggunakan senjata-senjata ini? Dolaners bisa melihat visualisasinya pada display diorama mini di lantai dua ini yang menggambarkan suasana perang kemerdekaan di Surabaya.


AKTIVITAS

Kuliner
Tidak ada kantin atau restoran di dalam komplek Museum Sepuluh November Surabaya. Jadi, kalau lapar dan haus melanda setelah lelah berjalan-jalan melihat museum sampai ke bagian pojok-pojoknya yang tersembunyi, sebaiknya Dolaners keluar dan memilih salah satu restoran di dekat-dekat museum.
Akomodasi
Tiket masuk: Rp. 5.000,-
Kegiatan
Tentu, yang namanya ke museum, Dolaners bisa jalan-jalan dan melihat-lihat semua koleksi yang disuguhkan. Sebenarnya ini kepo yang bermanfaat, kan? Dolaners bisa juga selfie atau wefie, baik di bagian dalam museum maupun di bagian luar museum.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau Dolaners datang ke Museum Sepuluh November saat siang hari, jangan lupa bawa air minum. Bakalan panas, dijamin. Gak mau dehidrasi, kan? Ya, kecuali pas hujan, sih.
Sebaiknya Dolaners menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi Museum Sepuluh November di Kota Surabaya ini. Atau, demi kemudahan mobilitas, gunakan saja taksi. Berada satu komplek dengan Tugu Pahlawan dan berseberangan dengan kantor gubernur, pasti sopir kendaraan umum akan tahu lokasi yang dimaksud oleh Dolaners.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link