Nasi Soon Bu Roso

539 views

Udah ke resto mana di Yogyakarta, Dolaners? Tentunya tempatnya nyaman, elegan, menu-menunya dihidangkan dengan tampilan ala chef yang rasanya gak tega kalau mau dimakan. Tapi udah incip-incip menu angkringan apa belum, Dolaners? Menu-menu sederhana yang dihidangkan ala kadarnya, tapi laris manis diburu semua orang. Nah, tertarik nyobain Nasi Soon Bu Roso? Awas, jangan sampai Dolaners tiba di lokasi dan udah kehabisan, ya!

Nasi Soon Bu Roso, Nasi Soon Bu Roso Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via jogjaculinary

Terkenal akan kuliner angkringannya, Yogyakarta seakan punya stok pilihan angkringan yang tak ada habis-habisnya. Tapi angkringan yang satu ini unik, Dolaners. Kenapa? Karena cuma dalam waktu dua jam saja, angkringan Nasi Soon Bu Roso ini udah tutup. Yak, tutup karena dagangannya udah habis, tandas!

Seperti warung-warung angkringan lain di Yogyakarta, penampilan Nasi Soon Bu Roso ini tak ada beda. Menggelar dagangannya pada sebuah gerobak sederhana, sebuah bakul nasi, dengan deretan gorengan menggugah selera, sama saja seperti angkringan yang lain. Bedanya, soon masakan Bu Roso ini lho yang bikin semua orang pada balik lagi, dan lagi. Soon nya dibumbu istimewa, khas racikan tangan Bu Roso selama lebih dari 30 tahun. Meskipun dibumbu kecap manis, ada sedikit rasa pedas dalam rasa soon ini. Ditambah dengan sambal bikinan Bu Roso yang pedas, berpadu mantap saat disantap dengan nasi putih yang mengepul hangat. Bener-bener maknyuss!

Lauknya? Dolaners bisa pilih dari deretan gorengan yang tersaji di angkringannya Bu Roso ini. Generasi jaman now mungkin menyebutnya topping, tapi ya sebenarnya gak jauh-jauh dari pilihan lauk atau gorengan yang melengkapi nasi soon dan sambal tadi, sih. Ada tempe, tahu, bakwan, tempe gembus, tempe garit, telur dadar, ceker ayam, paha ayam, dada ayam, hingga kepala ayam juga ada. Ada yang digoreng garing, ada juga yang dibacem. Komplit, plit!

Eitts, tapi sekomplit-komplitnya gorengan di angkringan ini, bahkan Bu Roso harus menanak beras hingga 25 kilogram seharinya, tetep aja semua ludes dalam kurun waktu tak lebih dari 2 jam. Setiap hari! Jadi, kalau Dolaners emang pingin nyobain Nasi Soon Bu Roso, sebaiknya datang sebelum jam 4 sore. Iya, sebelum angkringan ini buka sekalipun, udah ada yang ngantri lho, Dolaners! Datang setelah jam bukanya? Bisa dipastikan Dolaners akan ikut antrian yang mengular. Berdoalah semoga dagangan Bu Roso belum habis saat Dolaners dapat giliran pesan, ya!


AKTIVITAS

Kuliner
Angkringan Nasi Soon Bu Roso menghidangkan menu sederhana, yaitu nasi putih, soon, dan sambal. Dolaners bisa pilih tambahan lauk, berupa aneka gorengan, yang disajikan di tenda angkringannya.
Akomodasi
Seporsi Kecil Nasi Soon: Rp 4.000,-
Seporsi Besar Nasi Soon: Rp 5.000,-
Lauk Ayam: Rp 1.000 – Rp 7.000,-
Gorengan 3 Potong: Rp 2.000,-
Tips Kuliner
Jangan beli soon aja ya, Dolaners. Emang bikin nagih sih, abisnya rasa soon bikinan Bu Roso ini punya perpaduan rasa gurih dan sedikit pedas yang pas banget. Tapi kan, pelanggan lain ntar kehabisan soon, kalau soon Bu Roso dibeli tanpa nasi.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Angkringan Nasi Soon Bu Roso ini berada tak jauh dari perempatan lampu merah Gondomanan. Perempatan Gondomanan ini mengarah langsung ke Alun Alun Utara. Sedangkan angkringan Nasi Soon Bu Roso ini berjarak sekitar 50-100 meter saja dari perempatan Gondomanan, ke arah selatan, ke arah Jogjatronik Mall.
Nasi Soon Bu Roso ini berada di tengah Kota Yogyakarta. Bila berangkat dari Titik Nol Yogyakarta, Dolaners terus saja ke arah timur sampai di perempatan lampu merah pertama, atau perempatan Gondomanan. Belok kanan, ke arah selatan, lurus saja dalam jarak 50-100 meter. Warung angkringan Nasi Soon Bu Roso ini berada di trotoar, di sisi barat Jalan Brigjen Katamso. Persisnya, angkringan ini berada di antara perempatan Gondomanan dan Jogjatronik Mall. Atau, di sebelah selatan perempatan Gondomanan dan di sebelah utara Jogjatronik Mall.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link