Pagoda Tian Ti

2607 views

Saat berada di Surabaya, apa yang terlintas di pikiran? Kota metropolitan? Jelas. Gedung-gedung besar? Jelas. Lantas, kalau Dolaners ada di Surabaya dan pengen sesuatu yang beda, apa yang bisa dilakukan? Ya, cobalah menikmati suasana outdoor di Surabaya. Perjalanan ke wilayah pinggir kota memang sedikit memakan waktu, tapi dijamin Dolaners bakal menemukan suasana beda dari Kota Surabaya. Mau tau salah satunya? Pagoda Tian Ti bisa jadi pilihan yang lumayan seru.

Objek wisata Pagoda Tian Ti, Surabaya

Photo by Tanesha Aden

Kota metropolitan kedua di Indonesia ini gak cuma punya mall, loh Dolaners. Ada tempat-tempat wisata yang cukup eksotis untuk dinikmati, termasuk Pagoda Tian Ti. Nama Tian Ti ini sendiri bermakna langit-bumi, sehingga pagoda ini disebut juga Sky World dalam Bahasa Inggris. Konon dibangun pada tahun 2010, Pagoda Tian Ti ini sebenarnya tidak diperuntukkan bagi ritual upacara peribadatan agama tertentu. Hal ini tampak jelas dari bagian dalam pagoda yang dibiarkan bersih tanpa asesoris relijius. Jadi jangan keburu mikir Dolaners tidak bisa masuk pagoda saat berada di wilayah Surabaya timur, ya!

Kalau bukan untuk tempat ibadah, lantas kenapa Pagoda Tian Ti ini dibangun? Semua berawal dari ide cemerlang pengelola Kenjeran Park dalam menciptakan ikon wisata di Surabaya. Terinspirasi dari Pagoda Tian Tan di Beijing, Cina, Pagoda Tian Ti di Surabaya ini berlantai tiga dan berbentuk bundar dengan diameter 60m dan tinggi 58m. Tak seperti Tian Tan yang bermaterial kayu, Pagoda Tian Ti menggunakan baja sebagai konstruksi utamanya. Akan tetapi, sebagian besar ukiran, aksesori, ornamen, warna, dan keselurahan tampilan bangunannya sangat mirip dengan pagoda yang ada di Beijing. Dengan kata lain, Dolaners tak perlu repot-repot bikin pasport dan visa, plus nyipain ongkos dan pergi jauh-jauh ke Cina cuma buat dapet background foto pagoda yang megah ini.

Memang, sebagian besar pengunjung datang ke Pagoda Tian Ti Kenjeran untuk berfoto ria. Selain foto-foto, Dolaners juga bisa jalan-jalan santai cuci mata melihat-lihat suasana pantai Kenjeran, terutama saat akhir pekan.


AKTIFITAS

Kuliner
Kalau merapat ke area pantai Kenjeran, Dolaners bisa menemukan aneka pilihan makanan laut. Tapi kalau Dolaners memang ingin menikmati suasa piknik, datanglah dengan membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri. Pasti seru!
Akomodasi
  • Harga tiket kendaraan roda dua: Rp. 15.000,- untuk 2 orang, tambahan biaya Rp. 5.000,- untuk anak-anak dengan tinggi badan lebih dari 90cm
  • Harga tiket kendaraan roda empat: Rp. 20.000,- untuk 2 orang, tambahan biaya Rp. 5.000,- untuk tiap orang
  • Harga tiket tanpa kendaraan: Rp. 5.000,-
Kegiatan
Seperti yang umumnya dilakukan di tempat wisata ini, Dolaners bisa berfoto ria di sekitar Pagoda Tian Ti. Agak jauh ya, supaya cat pagoda yang mulai mengelupas atau coretan grafiti tidak nampak terlalu jelas di fotomu. Dolaners juga bisa sekedar santai bersama kawan-kawan atau keluarga, dan berpiknik di halaman pagoda yang masih tampak alami.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Dolaners suka menggelar tikar dan makan-makan ditengah alam bebas? Lihat-lihat sekeliling dulu. Pastikan di sekitarmu tidak ada sampah berceceran, apalagi kotoran hewan. Alang-alang dan rumput liar tumbuh cukup subur di halaman pagoda ini, jadi Dolaners perlu berhati-hati. Selain itu, pilihlah lokasi yang tidak dilewati oleh kuda. Gak asik kan, pas enak-enaknya makan tapi ada kuda berderap lewat? Bila Dolaners datang ke tempat wisata ini dengan tujuan mengambil gambar, pastikan untuk memilih angle yang tepat. Siapkan juga perbekalan fotografimu, supaya hasilnya bisa maksimal. Semua kegiatan wisata di Pagoda Tian Ti Surabaya sebaiknya dilakukan disiang hari karena tidak nampak penerangan yang memadai dimalam harinya.
Pagoda Tian Ti bisa dikunjungi dengan membawa kendaraan pribadi. Atau, Dolaners bisa pesan becak disekitar Kenjeran, kemudian mintalah untuk diantar ke pagoda. Bila Dolaners termasuk pejalan kaki yang tangguh, silakan telusuri seluruh pelosok Kenjeran Park, termasuk Pagoda Tian Ti didalamnya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link