Pantai 3 Warna

2067 views

Air pantai berwarna kebiruan dengan gradasi hijau tosca, serta warna kecokelatan pasir pantai menambah keelokan Pantai 3 Warna. Pantai terlihat begitu jernih, beriring deburan ombak kecil kian menggoda setiap pengunjung untuk segera beradu dengan birunya laut melihat surga bawah laut yang mempesona.

Pantai 3 Warna

Photo by januarfonti.com

Berbicara tentang keindahan pantai memang tidak akan ada habisnya. Di daerah Malang bagian selatan terdapat banyak wisata pantai yang tak kalah menarik, yang kesemuanya sebenarnya bermuara pada satu samudra, yakni Samudra Hindia. Salah satu pantai yang tergolong baru dan memiliki keindahan yang begitu memukau yaitu Pantai 3 Warna Malang.

Banyak keunikan yang dimiliki pantai ini, juga banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dolaners lakukan di sana. Pantai 3 Warna Malang sebenarnya bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, dan di seberang pantai ini adalah Pulau Sempu. Pantai 3 Warna merupakan kawasan konversi yang dikelola oleh warga Desa Tambakrejo, Sumber Manjing Wetan, Malang. Oleh karena itulah kawasan Pantai 3 Warna Malang ini tetap alami dan benar-benar terjaga kebersihan dan keindahannya.

Hal unik pertama yang akan dolaners alami adalah ketika memasuki pintu masuk menuju Pantai 3 Warna, yaitu Pantai Clungup dan mangrove conservation. Di tempat ini dolaners diharuskan menunjukkan semua barang bawaan yang berkaitan dengan makanan dan minuman atau barang lain yang berpotensi jadi sampah. Pendataan barang bawaan kepada petugas bertujuan agar wisatawan tidak meninggalkan sampah di kawasan pantai. Jika itu terjadi dolaners akan benar-benar terkena sanksi berupa denda.

Perjalanan menuju ke Pantai 3 Warna Malang, Dolaners harus didampingi oleh seorang tour guide. Satu guide untuk 10 hingga 20 orang pengunjung. Rute perjalanan menuju pantai ini akan dimulai dari Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Savana, Pantai Mini, Pantai Batu Belah, dan yang terakhir Pantai 3 Warna. Perjalanan menuju ke Pantai 3 Warna akan naik turun perbukitan yang landai.

Keunikan utama Pantai 3 Warna Malang adalah warna airnya yang berbeda-beda ini disebabkan oleh kedalaman air laut yang didominasi tiga warna. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang karena ombak besar yang langsung dari Samudera Hindia terhalang oleh Pulau Sempu. Di Pantai 3 Warna Malang ini dolaners bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan taman bawah laut. Dolaners dapat menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai aneka ikan di sana. Pantai 3 Warna merupakan satu-satunya spot snorkeling di Malang.


AKTIFITAS

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000 per orang
Biaya Sewa Guide : Rp. 75.000 (1 guide untuk 1 rombongan)
Biaya Sewa Peralatan Snorkling : 15.000 per orang
Biaya Sewa 1 set Tenda : 25.000 (untuk pengunjung yang camp)
Biaya Sewa Lahan : 25.000 (untuk pengunjung yang camp)
Kegiatan
Pantai Tiga Warna memiliki Spot Snorkeling yang patut Dolaners coba, meski tak seindah yang ada di Pulau Bunaken tapi Dolaners tidak akan kecewa begitu mencobanya. Untuk peralatan Snorkeling bisa menyewa, untuk ongkos sewanya di kenakan Rp. 15.000 untuk satu paket peralatan Snorkeling sudah termasuk kaca mata renang, pelampung, dan selang untuk bernapas. Setelah puas berenang ria, Dolaners bisa melanjutkan wisata menuju ke beberapa pantai yang ada disekitar Pantai Tiga Warna, beberapa pantainya adalah Pantai Clungup, Pantai Gatra, Pantai Tiga Warna, Pantai Batu Pecah, Pantai Savana, Pantai Mini. Yang bisa di tempuh dengan berjalan kaki, menuju perjalanan pulang. Dolaners akan di dituntun oleh Tour Guide untuk menentukan jalan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Pantai Tiga Warna belum cukup memadai pasalnya jalan masih berupa makadaman yang jika hujan turun jalanan akan menjadi licin dan beresiko tergelincir. Dari Kota Malang akses menuju pantai ini, Dolaners bisa mengambil jalur menuju Pantai Sendangbiru, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam, kemudian ada petunjuk arah dan Dolaners harus mengambil jalur ke arah Pantai Clungup atau Pantai Goa Cina sekitar 2 km dari pertigaan ada petunjuk arah yang menuju ke Pantai Clungup. Setelah masuk ke arah Pantai Clungup, Dolaners harus ke pos informasi untuk membayar dan mengisi data-data untuk persyaratan masuk ke Pantai Tiga Warna. Di pos ini Dolaners harus membayar tiket masuk seharga Rp. 6000 per orang, dan menyewa Tour Guide untuk memandu jalan menuju ke Pantai Tiga Warna. Pantai Tiga Warna memiliki kuota wisatawan kurang lebih 100 pengunjung dan jika kuotanya penuh Dolaners harus menunggu, atau Dolaners juga bisa memesan dari jauh jauh hari terlebih dahulu melalui pusat informasi.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Pantai 3 Warna Malang ini. Sehingga jika  ingin berlibur ke pantai ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Pantai 3 Warna dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link