Pantai Ampenan

1432 views

Tak harus pergi ke café atau mall elit untuk menyenangkan hati, pergi ke suatu tempat yang indah seperti puncak atau pantai adalah salah satu tujuan yang baik.

Pantai Ampenan

Photo by triptrus.com

Pantai adalah tujuan wisata yang kini sedang ngetrend dikalangan masyarakat. Selain murah dan juga ada pemandangan yang indah, berwisata ke pantai akan membuat hati dan juga perasaan akan menjadi senang. Bahkan kalau sedang stress akibat rutinitas harian Dolaners yang amat banyak, bisa jadi pantai adalah obatnya. Salah satu pantai yang indah di Lombok adalah Pantai Ampenan.

Pantai Ampenan adalah salah satu destinasi yang cukup ramai dikunjungi. Dolaners, pantai Ampenan berada di kota tua Ampenan Lombok. Konon dulu pantai Ampenan digadang gadang sebagai pelabuhan yang menghubungkan Lombok Bali yang menjadi pusat perdagangan yang cukup ramai. Selain itu ada bangunan kuno yang ada di sekitar pantai Ampenan. Pantai Ampenan di Mataram ini juga memiliki banyak sejarah. Sepanjang jalan menuju ke pantai Ampenan banyak gedung arsitektur tua yang semakin menandakan kota tersebut adalah kota tua.

Seperti pantai pantai yang lain, pantai Ampenan memiliki pemandangan utama berupa matahari tenggelam. Matahari tenggelam atau sunset di sini sangatlah menawan. Bagi Dolaners yang berkunjung ke Pantai Ampenan NTB tak perlu takut untuk kekurangan makanan. Banyak sekali yang menyediakan kedai atau rumah makan yang pastinya rasa dan menunya unik unik.

Salah satu yang khas lagi dari Pantai Ampenan adalah selain panorama khas pantai Ampena tapi juga suasana khas zaman Belanda karena berada di kota tua Ampenan. Sungguh sangat eksotis bukan? Tak hanya itu saja, anda bisa menikmati deburan ombak yang menawan. Semoga bisa menambah wawasan Dolaners serta pengetahuan wisata yang ada di Lombok.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke kawasan Pantai Ampenan ini tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Pantai ini terdapat banyak penjual makanan. Mulai dari aneka hidangan seafood hingga jajanan khas mataram. Salah satu tempat makan yang ramai setiap harinya adalah Rumah Makan Asthari.
Kegiatan
Beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan ketika sedang berkunjung ke Pantai Ampenan ini, yakni :
  • Jejalah Kota Tua Ampenan

Sebelum sampai di pasirnya Pantai Ampenan, Dolaners akan melewat dulu Kota Tua Ampenan, yang merupakan bukti sejarah kejayaan Kota Ampenan jaman dahulu. Peninggalan bangunan tua jaman dulu masih berdiri kokoh dan dimanfaatkan sampai sekarang. Di sekitar sinilah sering dijadikan lokasi foto foto, baik yang hanya untuk koleksi pribadi atau yang terkonsep seperti foto pre wedding.

  • Berburu Kuliner

Di sepanjang pantai ini banyak terdapat kios kios pedagang makanan/minuman, mulai dari sate ikan, plecing, urap, mihun, mie rebus, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai seafood ada disini.

  • Mandi, Main Air, Berenang, Mancing, Main Bola, Main Pasir
  • Surfing

Di bulan bulan tertentu Dolaners bisa mencoba surfing di Pantai Ampenan, tepatnya di kawasan pantai paling pojok kiri, pas di muara Sungai Jangkok.

  • Foto Narsis

Setelah pantai Ampenan ditata dan dibuat lebih rapi, dibuat tulisan dengan huruf besar warna merah “PANTAI AMPENAN”, ya sama seperti yang ada di Pantai Losari di Makassar. Sejak saat itu spot ini jadi spot wajib Dolaners yang sedang berkunjung ke Pantai Ampenan.

  • Menanti dan Menikmati Senja
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke kawasan Pantai Ampenan ini cukup mudah. Jika dari pusat kota Mataram Dolaners bisa langsung menuju Jalan Pejangik atau Jalan Langko, ikuti saja jalan utama hingga anda memasuki Jalan Yos Sudarso. Tak lama Dolaners akan tiba di simpang lima dimana dari simpang inilah wisata Dolaners menuju Kota Tua Ampenan dimulai. Dari sini Dolaners sudah bisa melihat keindahan Pantai Ampenan, tinggal berjalan kaki saja.
Untuk mencapai Pantai Ampenan ini Dolaners bisa menggunakan tranportasi umum maupun pribadi, baik roda dua maupun empat. Jika Dolaners menggunakan transportasi umum, dapat naik angkutan kota dari Mataram menuju ke kawasan pelabuhan Ampenan Kota Tua yang sekarang disebut Pantai Ampenan ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link