Pantai Ancol

3003 views

Mana ada destinasi wisata yang murah di Jakarta? Semua butuh rupiah di kota ini. Tak perlu terlalu skeptis, Dolaners. Masih ada kok, destinasi wisata alam yang tak terlalu menguras isi kocek. Apalagi kalau Dolaners mainnya beramai-ramai dengan teman atau keluarga besar. Dan memang, destinasi wisata ini cocok untuk semua umur, semua kalangan. Anak-anak hingga orang tua, semua bisa datang dan bersenang-senang. Dolanerspun bisa datang, bermalasan, atau berolahraga. Coba tebak, destinasi ini ada di mana? Yak! Pantai Ancol di Jakarta Utara.

Pantai Ancol, Pantai Ancol Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Arme

Pantai Ancol, yang berada di Jakarta Utara, adalah pilihan mudah bagi warga Jakarta untuk melepas lelah dan menghirup sedikit udara lepas. Lokasinya sangat terjangkau, dan panoramanyapun tak mengecewakan. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, Pantai Ancol menjadi destinasi wisata alam yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran, pantai ini selalu penuh pengunjung, terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Pantai Ancol memiliki topografi yang cukup landai, sehingga cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Ramah untuk semua umur, pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan pohon-pohon rindang di tepian.

Dan tak hanya tawaran alam saja, Pantai Ancol masih punya spot-spot menarik, seperti Pantai Ria, Trans Bende, Pantai Beach Pool, dan Pantai Bende. Di Pantai Ria, Dolaners bisa menikmati replika kapal pecah dan masih ada jogging track di area ini bila Dolaners ingin menggunakannya. Trans Bende adalah kegiatan naik kereta keliling pantai yang sangat disukai anak-anak. Pingin renang? Dolaners bisa ke Pantai Beach Pool yang lengkap dengan fasilitas kamar mandi bersih untuk membilas dan berganti pakaian. Bagaimana dengan Pantai Bende? Ini lokasi yang paling keren untuk jalan-jalan, apalagi di sepanjang Dermaga Cinta. Biasanya, saat akhir pekan Dolaners bisa mendapati penjual kepiting segar yang menjajakan dagangannya. Oleh-oleh yang cukup menarik untuk dibawa pulang, bukan?


AKTIVITAS

Kuliner
Memang paling asik makan di tepi pantai, dengan pemandangan yang elok dan angin yang mengikis gerah. Tapi kalau Dolaners tak bawa bekal makanan sendiri, masih bisa makan di resto-resto tepi Pantai Ancol, seperti Taman Santap Rumah Kayu, Segarra, Seaside Suki, Le Bridge, Marina Kitchen, Kalaha the Wharf, atau 33 Degrees Rooftop Lounge and Bar. Tak persis di tepi pantai, tapi Dolaners masih bisa menghirup aroma laut di resto-resto ini.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk Ancol Reguler: Rp. 25.000,-
Harga Tiket Masuk Mobil: Rp. 20.000,-
Harga Tiket Masuk Motor: Rp. 15.000,-
Harga Tiket Masuk Bus: Rp. 45.000,-
Harga Tiket Banana dan Donut Boat Weekdays: Rp. 30.000,- per 15 menit
Harga Tiket Banana dan Donut Boat Weekends: Rp. 40.000,- per 15 menit
Harga Tiket Penyewaan Kayak Weekdays: Rp. 40.000,-
Harga Tiket Penyewaan Kayak Weekends: Rp. 50.000,-
Harga Trans Bende: Rp. 10.000,-
Kegiatan
Tanggul yang menahan air pantai memungkinkan Dolaners menikmati semilir angin dan suasana Pantai Ancol dengan tenang. Menggelar tikar dan menikmati bekal makanan adalah kegiatan yang cukup bikin rileks di kawasan Jakarta sebelah utara ini. Kalau ingin berlindung dari matahari, Dolaners bisa juga menyewa tenda atau membawa sendiri bila ada. Dan yang jelas, manfaatkan air laut Pantai Ancol dengan berenang. Watersport lain yang bisa dilakukan di pantai ini adalah banana boat, aqua fun, kayak, dan donut boat. Dolaners bisa pulang jalan-jalan dengan segar bugar.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Setelah puas main di Pantai Ancol, Dolaners bisa lanjutkan jalan-jalan ke Ocean Dream, Dunia Fantasi, Ecopark, Atlantis Water Adventure, Putri Duyung Cottage, Seaworld Ancol, atau wahana-wahana lain di kawasan Ancol.
Pantai Ancol adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan akses mudah. Dolaners takkan kesulitan mencapai pantai ini dengan transportasi umum, seperti busway, apalagi dengan kendaraan pribadi. Kalau menggunakan kereta api commuter line, Dolaners turun di stasiun kota kemudian naik angkutan umum yang bisa ditemukan dengan mudah di depan stasiun. Dalam waktu sekitar 30 menit kemudian, Dolaners akan sudah sampai di pintu masuk kawasan Ancol.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link