Pantai Bajul Mati

1121 views

Rindangnya pepohonan yang kokoh dan sedikit rimbun membuatnya menjadi wahana yang pas sebagai tempat berteduh dari teriknya matahari Pantai Bajul Mati. Sekedar duduk dengan menikmati panorama birunya ombak pantai yang berkejaran di pinggir pantai, diliputi sepoinya angin laut dan lantunan deburan ombak yang pecah oleh pasir pantai merupakan kombinasi nuansa berwisata yang tepat.

Pantai Bajul Mati

Photo by intaninchan.files.wordpress.com

Ketika kaki ini kita langkahkan mendekati lidah ombak lautan yang nampak biru dari kejauhan dan menyumbul menjadi busa putih maka hamparan pasir putih bersih dengan sigapnya singgah pada setiap yang menapaknya. Pesona planet laut selatan Malang menyimpan Surga Pantai Bajul Mati dengan jajaran teluk nan elok sehingga mampu menawan setiap mata pengunjung untuk menikmatinya. Gugusan bukit yang terpampang diseberang dengan kokohnya mampu menyiratkan kesan yang mirip dengan buaya mati bagi setiap pasang mata yang memandangnya sehingga tidak salah jika pantai ini diberi nama Bajul Mati (bahasa jawa) yang berarti buaya mati. Pesona pantai yang setiap hari menawan setiap pemilik mata untuk menilik dan menikmati keelokannya.

Jembatan Bajul Mati yang begitu kokoh dan megah terbentang dengan tiang penyangga berbentuk setengah lingkaran yang sedikit menjorok keatas menjadikannya tempat nongkrong dan hunting foto yang keren. Hijaunya perbukitan disisi pantai berpadu birunya karpet biru yang terbentang luas tanpa batas dan hilir sungai yang bercabang pada sisi yang lain begitu tampak jelas dari jembatan Bajul Mati nan melegenda. Tebing dengan bentuk vertical menghiasi panorama jembatan yang terdapat disisi barat dan timur. Tebing terkoyak yang menjadi saksi pembangunan jalan lintas selatan dan jembatan menjadikannya tempat hunting foto yang memikat.

Meski teluk Pantai Bajul Mati yang cukup curam dan dalam membuat Dolaners gigit jari ketika hendak menyelaminya, namun spot pantai nan molek dengan hadirnya jembatan Bajul Mati cukup lunas membayar kekecewaan dengan menjadikannya sebagai rekaman pesona yang tidak pernah pudar. Sebagai alternative Dolaners bisa beranjak ke sisi Pantai Bajul Mati Malang dibagian barat dengan perairan yang lebih dangkal dan ombak yang lebih tenang.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Bajul Mati tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000 per orang
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 7.000,-
Kegiatan

Sebelum Dolaners memasuki kawasan Pantai Bajul Mati, Dolaners akan melewati jembatan unik, banyak wisatawan yang berhenti sejenak untuk berfoto di atas jembatan unik ini. Saat Dolaners memasuki wilayah pantai, keindahan pasir putih yang masih bersih akan menyambut lembut kaki Dolaners. Beberapa batu karang di sekitar pantai berdiri diatas laut dengan gagahnya seakan sedang berpose siap untuk anda abadikan dengan kamera. Jika berkunjung pada hari tertentu, para pengunjung bisa menikmati upacara adat, yaitu Grebeg Kopat. Hanya saja, Struktur laut di sekitar Pantai Bajul Mati Malang yang cukup dalam dan curam membuat pengunjung dilarang berenang hingga ke tengah pantai. Namun, Dolaners tidak perlu khawatir karena ada beberapa area di bibir pantai yang aman untuk berenang di pinggiran laut sepuasnya. Selain area untuk berenang, masih banyak lokasi yang bisa digunakan berfoto ria untuk mengabadikan momen selama menikmati eksotiknya Pantai Bajul Mati, seperti jembatan, hamparan laut berlatar belakang gugusan bukit.

Hamparan pantainya juga cukup luas, jadi wisatawan dapat leluasa bermain pasir, voli pantai, atau berjemur. Dolaners juga dapat menuju bukit untuk mendapatkan pemandangan pantai yang jauh lebih indah. Dolaners juga bisa melihat keindahan sungai yang bermuara di pantai Pantai Bajul Mati Malang. Pantai ini juga kerap dijadikan lokasi berkemah bagi para komunitas pecinta alam. Sambil menunggu malam menikmati sunset Pantai Bajul Mati sambil bernyanyi diiringi gitar bersama temen-teman dan keluarga sungguh amat menyenangkan liburan Dolaners. Pantai Bajul Mati Malang juga memiliki kelebihan lain yaitu dengan teluk-teluk nan indah. Selain menghadirkan panorama alam laut selatan, Pantai Bajul Mati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Ada beberapa bagian di bibir pantai di sebelah barat yang dapat Dolaners gunakan untuk bermain air dengan leluasa, yaitu di sebuah muara sungai. Aliran air di muara tampak tenang dan berwarna kehijauan. Pantai ini merupakan pula tempat yang baik untuk berkemah. Selain menghadirkan pesona alam laut selatan, Pantai Bajul Mati juga dikenal sebagai pantai yang unik. Di kawasan Pantai Bajul Mati ini terdapat sebuah gua bernama Gua Wil. Lokasi gua ini berada di sisi timur pantai. Untuk menjangkaunya cukup dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari pintu masuk pantai. Posisi gua tepat berada di bawah sebuah bukit karang. Di sekeliling bukit itu terdapat ladang kelapa dan ketela pohon yang ditanam oleh warga sekitar. Meski disebut dengan gua, namun tidak ada lubang masuk menjorok cukup dalam. Gua ini lebih tepat disebut sebagai batu karang yang dasarnya terkena abrasi, karena memang seperti dasar bukit yang agak menjorok sedikit. Meski begitu, lokasi ini dikenal angker oleh penduduk.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju Pantai Bajul Mati Malang Selatan dapat ditempuh dengan mobil maupun sepeda motor. Rute yang dapat Dolaners tempuh adalah Malang – Gadang – Bululawang – Turen. Setelah sampai Turen silakan mengikuti penunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru, karena pantai Bajul Mati ini berada satu garis pantai berjajar dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Gua China. Sampai di pertigaan akhir antara Pantai Sendang Biru-Gua China-Bajul Mati, Dolaners tinggal mengikuti arah lurus mengikuti anak panah menuju Pantai Bajul Mati. Tanda Dolaners telah sampai dengan area pantai adalah jembatan Bajul Mati yang artistik. Untuk mencapai pantai yang diwarnai beberapa gugusan bukit berbentuk seperti bajul (buaya) mati itu tidaklah sulit, apalagi jalan-jalan beraspal dari deretan jalan lingkar selatan (JLS) juga cukup mulus, meski berkelok-kelok karena banyaknya tikungan tajam.
Untuk menuju Pantai Bajul Mati, dari arah Malang Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa memulai perjalanan dari Terminal Arjosari menuju Terminal Gadang dengan angkutan kota jurusan AG/GA. Kemudian lanjutkan naik angkot Bison menuju Sumbermanjing Wetan/Sendang Biru. Dari Sendang Biru menuju lokasi Pantai Bajul Mati bisa naik ojek.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link