Pantai Bajul Mati

790 views

Rindangnya pepohonan yang kokoh dan sedikit rimbun membuatnya menjadi wahana yang pas sebagai tempat berteduh dari teriknya matahari Pantai Bajul Mati. Sekedar duduk dengan menikmati panorama birunya ombak pantai yang berkejaran di pinggir pantai, diliputi sepoinya angin laut dan lantunan deburan ombak yang pecah oleh pasir pantai merupakan kombinasi nuansa berwisata yang tepat.

Pantai Bajul Mati

Photo by intaninchan.files.wordpress.com

Ketika kaki ini kita langkahkan mendekati lidah ombak lautan yang nampak biru dari kejauhan dan menyumbul menjadi busa putih maka hamparan pasir putih bersih dengan sigapnya singgah pada setiap yang menapaknya. Pesona planet laut selatan Malang menyimpan Surga Pantai Bajul Mati dengan jajaran teluk nan elok sehingga mampu menawan setiap mata pengunjung untuk menikmatinya. Gugusan bukit yang terpampang diseberang dengan kokohnya mampu menyiratkan kesan yang mirip dengan buaya mati bagi setiap pasang mata yang memandangnya sehingga tidak salah jika pantai ini diberi nama Bajul Mati (bahasa jawa) yang berarti buaya mati. Pesona pantai yang setiap hari menawan setiap pemilik mata untuk menilik dan menikmati keelokannya.

Jembatan Bajul Mati yang begitu kokoh dan megah terbentang dengan tiang penyangga berbentuk setengah lingkaran yang sedikit menjorok keatas menjadikannya tempat nongkrong dan hunting foto yang keren. Hijaunya perbukitan disisi pantai berpadu birunya karpet biru yang terbentang luas tanpa batas dan hilir sungai yang bercabang pada sisi yang lain begitu tampak jelas dari jembatan Bajul Mati nan melegenda. Tebing dengan bentuk vertical menghiasi panorama jembatan yang terdapat disisi barat dan timur. Tebing terkoyak yang menjadi saksi pembangunan jalan lintas selatan dan jembatan menjadikannya tempat hunting foto yang memikat.

Meski teluk Pantai Bajul Mati yang cukup curam dan dalam membuat Dolaners gigit jari ketika hendak menyelaminya, namun spot pantai nan molek dengan hadirnya jembatan Bajul Mati cukup lunas membayar kekecewaan dengan menjadikannya sebagai rekaman pesona yang tidak pernah pudar. Sebagai alternative Dolaners bisa beranjak ke sisi Pantai Bajul Mati Malang dibagian barat dengan perairan yang lebih dangkal dan ombak yang lebih tenang.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju Pantai Bajul Mati Malang Selatan dapat ditempuh dengan mobil maupun sepeda motor. Rute yang dapat Dolaners tempuh adalah Malang – Gadang – Bululawang – Turen. Setelah sampai Turen silakan mengikuti penunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru, karena pantai Bajul Mati ini berada satu garis pantai berjajar dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Gua China. Sampai di pertigaan akhir antara Pantai Sendang Biru-Gua China-Bajul Mati, Dolaners tinggal mengikuti arah lurus mengikuti anak panah menuju Pantai Bajul Mati. Tanda Dolaners telah sampai dengan area pantai adalah jembatan Bajul Mati yang artistik. Untuk mencapai pantai yang diwarnai beberapa gugusan bukit berbentuk seperti bajul (buaya) mati itu tidaklah sulit, apalagi jalan-jalan beraspal dari deretan jalan lingkar selatan (JLS) juga cukup mulus, meski berkelok-kelok karena banyaknya tikungan tajam.
Untuk menuju Pantai Bajul Mati, dari arah Malang Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa memulai perjalanan dari Terminal Arjosari menuju Terminal Gadang dengan angkutan kota jurusan AG/GA. Kemudian lanjutkan naik angkot Bison menuju Sumbermanjing Wetan/Sendang Biru. Dari Sendang Biru menuju lokasi Pantai Bajul Mati bisa naik ojek.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link