Pantai Balekambang

1675 views

Taman wisata yang elok bertajub pantai ini mempunyai nuansa yang sejuk disertai dengan gelombang ombak yang mendayu, memberikan atmosfir yang sangat nyaman bagi para pengunjung. Iklim sejuk berteman dengan pepohonan nan rindang akan menghadirkan sensasi yang tak akan terlupakan.

Pantai Balekambang

Photo by intisari-online.com

Malang, merupakan salah satu kota yang memiliki banyak destinasi tempat wisata dengan aneka ragam potensi yang dimilikinya. Tentu dolaners pernah mengunjungi kota ini. Banyak tersebar daerah-daerah wisata yang sangat indah, salah satunya Pantai Balekambang. Memang, Pantai Balekambang bukan satu-satunya wisata pantai yang ada di kota Malang. Tapi pantai ini menawarkan suatu keindahan yang sangat menakjubkan dan pantas untuk dolaners kagumi. Pantai Balekambang mempunyai luas area sekitar 10 hektar, tanah ini dimiliki oleh pihak Perhutani. Taman wisata Pantai Balekambang sendiri terdiri dari area hutan lindung serta hutan produksi, memiliki aneka penginapan, tempat ibadah bagi umat muslim, tempat bermain, dan pantai.

Suasana yang ditawarkan di Pantai Balekambang ini sangat menarik sekali, di tumbuhi oleh aneka pepohonan yang rindang sehingga kesan alaminya sangat terasa, memiliki tiga pulau kecil yang juga digunakan sebagai kawasan rekreasi, pulau tersebut adalah: Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Tiap-tiap pulau disambungkan oleh sebuah jembatan. Dan, di pulau Ismoyo terdapat sebuah Pura yang di bangun pada tahun 1985, Pura ini hampir sama dengan tempat wisata di Bali yaitu Tanah Lot. Jika dolaners dan keluarga ingin berkemah, untuk melatih buah hati tentang kehidupan di dunia luar, dolaners bisa memanfaatkan bumi perkemahan yang terdapat di sekitar area Pantai Balekambang. Di suguhi pula wahana permainan berupa flying fox yang sangat seru untuk dicoba.

Pada bulan Syura, terdapat sebuah ritual keagamaan yang dilakukan oleh para pemeluk agama Hindu di Pantai Balekambang , ritual ini bernama Jalanidhipuja. Ritual ini dilakukan di Pulau Ismoyo, kegiatannya dengan memberikan sesaji yang juga menyajikan beberapa atraksi yang tentunya akan menarik perhatian dari dolaners.

Jika dolaners ingin mendapatkan sensasi berkunjung ke tempat wisata yang berbeda, dolaners bisa berkunjung kesini.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Alam Pantai Balekambang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Pantai Balekambang ini juga tersedia beragam kios kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Maulai dari merchandise berupa kaos, gantungan kunci, gelang, kerajinan tangan berupa ukiran kayu, beragam hasil laut, hingga akik sebagai oleh-oleh untuk keluarga ada disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 15.000 per orang
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 5.000,-
Biaya Penginapan per kamar : Rp. 150.000,-
Biaya Flying Fox : Rp. 20.000,- per orang
Kegiatan
Pantai Balekambang menawarkan keindahan panorama pantai yang memikat, deburan ombak susul menyusul berlarian menuju hamparan pasir putih di bibir pantai. Semilir angin terasa kuat menerpa, mengabaikan sengatan panas matahari yang terik. Pantai Balekambang semakin menarik dengan keberadaan tiga pulau kecil, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni yang terletak berjejer tidak jauh dari tepi pantai. Pulau Ismoyo terlihat lebih menonjol dibanding yang lain, pulau ini bahkan sering diserupakan dengan sebuah pulau di Bali yang begitu tersohor yaitu Tanah Lot. Di pulau Ismoyo berdiri sebuah Pura, yang masih digunakan untuk beribadah umat Hindu. Melihat penampakkannya memang sangat mirip dengan pulau di Tanah Lot, Bali, baik dari bentuk maupun keberadaannya, bisa Dolaners bandingkan sendiri. Yang berbeda adalah akses jalan menuju pulau Ismoyo, disediakan sarana jembatan penghubung dari bukit karang di tepi Pantai Balekambang sepanjang sekitar 200m. Dengan sarana jembatan ini memudahkan pengunjung yang berminat melihat dari dekat keberadaan Pura di pulau Ismoyo.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Balekambang, umumnya para wisatwan hanya menikmati sisi pantai saja entah itu bersantai di rimbun pohon yang ada ditepian atau menelusuri pantai, kegiatan di Pantai Balekambang tak begitu populer seperti wisata olahraga air karena lokasi pantai yang terkenal memiliki ketinggian gelombang serta arus air yang cukup kuat, namun terdapat kegiatan upacara ritual dari masyarakat hindu yang dinamakan jalanidhi puja yang berlangsung pada kegiatan tahunan, kegiatan ini terbilang ramai akan para pengunjung yang sekedar ingin mengabadikan moment upacara pada saat berlangsung, dan penduduk disekitar juga mengadakan kegitan rutin yang dinamakan ritual suroan acara ini juga tak kalah dan berlangsung meriah dan sangat menyedot perhatian pawisatawan yang sedang berkunjung di Pantai Balekambang.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Pantai Balekambang pada umumnya sudah memadai, sepanjang jalur sudah dilapisi aspal, hanya saja beberapa kilometer menjelang lokasi ada bagian aspal yang mulai sedikit mengelupas, meninggalkan beberapa titik lobang, bagi pengendara motor supaya lebih waspada. Jalur dari kota malang yang harus dilewati yaitu Gadang – Bululawang – Gondang Legi – Bantur – Srigonco – Pantai Balekambang. Dari Kota Malang, Pantai Balekambang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Balekambang,Dolaners akan disuguhkan dengan pemandangan yang masih terjaga alami dengan hawa alam yang sejuk dapat menenangkan fikiran Dolaners dari penatnya aktifitas.
Untuk menuju Pantai Balekambang, dari Malang dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa memulai perjalanan dari Terminal Arjosari Malang, kemudian bisa melanjutkan dengan menaiki angkutan kota jurusan terminal Gadang, lalu dilanjutkan dengan angkutan jurusan Bantur yang akan melalui Kecamatan Gondanglegi dan Pagelaran. Dari Bantur ke Pantai Balekambang sayangnya belum ada kendaraan umum, jadi  bisa memakai jasa ojek. Tapi, jika Dolaners bepergiannya rame – rame, maka bisa menyewa mobil yang membuat ongkos perjalananmu jauh lebih murah.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link