Pantai Baron

615 views

Sudah ke Pantai Parangtritis di Yogyakarta? Pantai Parangtritis memang pilihan destinasi yang populer saat Dolaners ada di Yogyakarta, tapi sebenarnya pantai yang eksotis untuk dikunjungi tak hanya Parangtritis. Bagaimana dengan Pantai Baron? Sudah pernah dengar tentang pantai ini? Atau sudah pernah dolan ke Pantai Baron? Tak kalah dengan Pantai Parangtritis, Pantai Baron punya pesona unik yang bakal bikin Dolaners penasaran kalau belum menyaksikannya sendiri.

Pantai Baron, Pantai Baron Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by maleostory

Namanya Pantai Baron, lokasinya di Gunungkidul Yogyakarta. Memang masih ada pantai lain yang lebih luas, tapi Pantai Baron punya pesonanya sendiri yang membuat pengunjung dari luar Yogyakarta tetap datang. Bahkan warga Yogyakarta sendiri suka ke pantai ini, baik saat liburan maupun tidak. Kenapa Pantai Baron begitu menarik?

Karena namanya. Baron, jelas bukan nama khas Gunung Kidul. Benar kan, Dolaners? Yup! Baron Skeber adalah seorang bangsawan Belanda. Karena keberhasilannya menawan Panembahan Senopati dari Kesultanan Mataram, Baron Skeber dianggap sakti oleh penduduk pribumi pada masa itu. Baron Skeber konon diceritakan pernah melabuhkan perahunya di pantai berbentuk teluk yang sekarang dikenal dengan namanya, Pantai Baron.

Hal lain yang menarik tentang Pantai Baron adalah keyakinan animisme warga setempat. Sebagian besar warga yang tinggal di sekitar Pantai Baron berprofesi sebagai nelayan, dan mereka mempercayai akan adanya Ratu Pantai Selatan. Keyakinan pada sosok dewi penolong ini menghasilkan ritual labuhan setiap tanggal 1 Suro, dengan ancak, jodhang, pengaron, takir, suru, tampah, sesaji, dan perahu tempel yang akan membawa sesaji ke tengah laut untuk kemudian dihanyutkan, yang disebut larung. Saking banyaknya yang harus disiapkan untuk upacara labuhan ini, para pria dan wanita yang bermukim di sekitar pantai biasanya sudah sibuk membuat persiapan-persiapan sejak beberapa hari sebelum tanggal 1 Suro. Upacara labuhan yang lengkap biasanya menyertakan hiburan tari tradisional, wayang kulit, dan lain-lain. Sementara itu, seluruh warga diharuskan mengenakan pakaian tradisional. Acara labuhan ini cukup meriah, hingga tak jarang menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Dan yang paling menarik di Pantai Baron adalah sungai bawah lautnya. Tak hanya satu, tapi ada dua sungai bawah tanah yang mengalir ke area Pantai Baron. Satu sungai berair tawar, sedangkan satu sungai lainnya berair asin. Konon, aliran air kedua sungai ini berubah arah setiap lima tahun sekali. Mungkin Dolaners harus balik ke Pantai Baron setiap lima tahun untuk membuktikannya? Yang jelas, keindahan yang diciptakan oleh pertemuan air tawar dan air laut di pantai ini begitu memesona. Air tawarnya berwarna hijau, sedangkan air lautnya berwarna biru. Dolaners bisa betah berlama-lama memandangi pertemuan kedua warna ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Selalu perhatikan musim sebelum Dolaners berangkat ke Pantai Baron. Tawaran wisata pantai teluk ini tergantung pada cuaca. Misalnya, saat cuaca hujan dan berangin, Dolaners takkan bisa main flyboard.
Pantai Baron berjarak 60 km dari Kota Yogyakarta. Kalau tidak menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa naik bus dari Terminal Giwangan ke Wonosari. Kemudian, naik mini bus yang menuju Pantai Baron.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link