Pantai Batu Bengkung

6507 views

Pesisir pantai yang menghadap ke barat dan berhadapan langsung dengan samudra hindia menyajikan kemilau sunset yang indah. Ombak besar yang meninggalkan air di cekungan karang menambah indah pemandangan dengan membentuk kolam alami sebagai tempat berendam.

Pantai Batu Bengkung

Photo by panoramio.com

Pantai Batu Bengkung merupakan sebuah pantai dengan batuan karang yang membentang membentuk barisan barikade. Batuan karang ini akan memecah ombak besar di tepian pantai. Tak jarang air yang terbawa ombak terjebak dalam cekungan karang sehingga menghasilkan kolam air asin alami yang aman untuk berenang.

Di Pantai Batu Bengkung, dolaners dapat berjalan jalan, berfoto foto ria atau bahkan hanya bersantai di gubuk gubuk yang telah disediakan di tepian pantai sebagai tempat berteduh. Bagi dolaners yang menyukai tantangan, dolaners juga dapat memanjat bukit batu bengkung. Harus menjaga keseimbangan dan super hati-hati jika dolaners melakukan aktifitas ini karena belum disediakan medan pendakian di bukit karang ini. Sebagai gantinya, dolaners bisa menggunakan tali tampar yang diikat sebagai alat bantu seadanya menuju puncak. Setelah sampai puncak, dolaners akan dimanjakan dengan hamparan lautan lepas yang lengkap dengan deburan ombak dengan tinggi himgga 4 meter. Tak hanya itu, bukit ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan sunset.

Bagi dolaners yang tidak punya keberanian memanjat, dolaners bisa menyaksikan senja di tepian pantai. Ketika golden time tiba, air laut Pantai Batu Bengkung akan surut sehingga barikade karang di tepian pantai akan terlihat sangat jelas. Barikade karang ini sangat bagus dolaners jadikan sebagai foreground foto dengan background lautan lepas dan juga matahari saat golden time.

Tak lama lagi dolaners dapat menikmati snorkeling, scuba diving, surving dan wisata air lainnya di Pantai Batu Bengkung karena saat ini pemerintah kabupaten malang bekerja sama dengan perhutani berencana mengembangkan wisata pantai baku bengkung. Untuk mencapai tujuan ini, pemerintah meminta warga sekitar membantu menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Batu Bengkung. Tak heran jika selepas senja warga sekitar akan membersihkan sampah yang ditinggalkan para pengunjung kemudian membakarnya.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Batu Bengkung tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung : Rp. 5.000,-
Kegiatan

Pantai Bengkung Malang atau juga dikenal sebagai Pantai Batu Bengkung ini memiliki 3 pesisir pantai. Di pesisir pertama Dolaners akan melihat panorama yang mirip dengan Teluk Bay yang ada di Banyuwangi. Di sini sangat telihat cengungan air laut yang menjorok ke daratan. Di sisi kanan dan kirinya dibatasi oleh tebing yang tinggi. Terdapat banyak terumbu karang dengan keanekaragaman flora dan fauna khas laut. Wisatawan bisa bermain air dan pasir karena pasir disini sangat lembut membuat Dolaners akan betah berlama- lama disini.

Untuk pesisir pantai yang kedua, Dolaners akan disuguhi pemandangan yang juga tidak kalah eksotis. Dengan laut biru yang dihiasi dengan beberapa batu karang besar yang tersebar di dekat pantai dan juga pasir yang sangat lembut, akan membuat Dolaners sangat nyaman berada disini dan dapat melupakan sejenak tentang hiruk pikuk di kota.

Tidak jauh dari pesisir kedua, sampailah Dolaners di Pantai Batu Bengkung yang sebenarnya. Pantai Bengkung ini memiliki keindahan alam yang juga tidak kalah dengan kedua pesisir lainnya. Alamnya yang masih asri dan perawan, dapat membuat Dolaners merasa menyatu dengan alam. Bahkan di sini juga tidak terlihat fasilitas-fasilitas pendukung untuk wisatawan. Itulah yang membuat Pantai Batu Bengkung Malang ini benar-benar terlihat alami dan asri.

Selain memiliki keindahan alam, Pantai Batu Bengkung Malang juga memiliki keunikan tersendiri yang dapat Dolaners nikmati dan dapat membuat Dolaners ketagihan untuk berkunjung lagi. Yang paling unik dan yang paling istimewa di panta ini adalah, sebuah tempat yang berbentuk seperti kolam renang dan Dolaners dapat menjadikannya tempat berenang. Airnya pun sangat jernih. Kolam tersebut terbentuk akibat deburan ombak yang menembus celah-celah batu karang penahan ombak. Genangan air berbentuk kolam di balik bebatuan itu lumayan dalam dan terlihat begitu indah. Dari kejauhan batu karang memang terlihat kecil, tetapi sebenarnya sangat besar dan mampu menghalangi deburan ombak besar.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju Pantai Batu Bengkung dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2-3 jam dari Kota Malang. Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Malang bisa mengikuti arah menuju Pantai Sendangbiru. Beberapa kilometer sebelum Pantai Sendang Biru, Dolaners bisa melalui jalur lintas selatan (JLS) dan mengikuti arah menuju ke Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Sekitar 2 km setelah melewati Pantai Bajulmati akan dijumpai sebuah papan petunjuk yang akan mengarahkan menuju Pantai Batu Bengkung. Lokasi Pantai Batu Bengkung tepat disebelah Pantai Jelangkung.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Pantai Batu Bengkung Malang ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke pantai ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Batu Bengkung Malang dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link