Pantai Bolu Bolu

3217 views

Pasir pantai yang putih dan jernihnya air laut yang berbaur mengelilingi teluk hingga menyajikan sebuah panorama yang sangat indah adalah sebuah daya tarik utama Pantai Bolu Bolu. Kebersihan dan keindahan bawah airnya juga menjadi alasan tersendiri untuk kembali mengunjungi pantai ini.

Pantai Bolu Bolu

Photo by triptrus.com

Pantai Bolu Bolu merupakan objek wisata pantai yang masih terbilang baru di wilayah malang selatan. Pantai ini memiliki kebersihan dan ekosistem biota laut yang masih sangat terjaga serta pepohonan yang masih rindang. Pantai berpasir putih ini merupakan pantai yang tidak berpenghuni. Mungkin hanya sesekali warga sekitar datang ke pantai ini untuk mencari kerang atau ikan. Jarak pantai ini ke pemukiman penduduk juga lumayan jauh, sekitar 5 km. Karenanya suasana di pantai ini tergolong sepi dan tenang.

Tidak seperti kebanyakan pantai di malang selatan lainnya, pantai bolu bolu memiliki ombak yang cukup bersahabat sehingga aman untuk berenang. Keanekaragaman karang dan juga ikan yang ada di Pantai Bolu Bolu juga sangat cocok untuk dijadikan lokasi snorkeling. Bagi Dolaners yang ingin snorkeling di pantai ini, dolaners harus menuju ke tengah pantai menggunakan jukung yang dapat disewa dari nelayan setempat. Alternatif lain jika ingin melihat karang adalah pergi ke teluk kletekan yang berada di balik karang pantai bolu bolu. Dari teluk ini dolaners dapat menikmati keindahan karang Pantai Bolu Bolu yang sangat indah tanpa snorkeling sekalipun.

Selain snorkeling, suasana dan kenampakan alam yang indah menjadikan pantai ini sebagai salah satu spot yang cocok dijadikan sebagi background jepretan kamera. Karena itu jangan lupa siapkan kamera dolaners sebelum berkunjung ke pantai ini agar momen keindahannya tak terlewatkan. Daya tarik lain dari Pantai Bolu Bolu lainnya adalah bukit sunrise yang terletak di dekat bibir pantai bolu bolu. Bukit ini dinamai dengan bukit sunrise karena pesona sunrise saat pagi hari dapat dolaners nikmati dengan leluasa di bukit ini. Menunggu sunrise di Pantai Bolu Bolu tidaklah sulit, dolaners bisa mendirikan tenda di tempat aman yang sudah disediakan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Pantai Bolu Bolu tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Pantai Bolu Bolu : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 3.000,-
Biaya Sewa Peralatan Snorkling : Rp. 15.000,- per set
Biaya Perahu : Rp. 50.000,- per perahu (Pantai Banyu Anjlok – Pantai Bolu Bolu – Pantai Teluk Kletakan)
Kegiatan
Pasirnya yang putih dan air lautnya yang jernih menjadi daya tarik pantai ini. Akan tetapi daya tarik utama pantai ini adalah terbitnya sang surya di pagi hari. Cahaya sunrise dapat dilihat dari bukit sunrise yang tidak jauh dari bibir Pantai Bolu Bolu. Momen seperti ini sangat sayang jika tidak di abadikan. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa snorkeling menikmati keindahan bawah laut Pantai Bolu Bolu, Terumbu karang dan biota laut yang menghiasi keinahan bawah laut pantai ini siap memanjakan mata Dolaners. Sudah banyak wisatawan yang kagum dengan pantai ini, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, biasanya wisatawan mancanegara melakukan kamping disini untuk melihat menikmati sunrise di Pantai Bolu Bolu. Selain ke Pantai Bolu Bolu, perahu bisa mengantarkan Dolaners ke destinasi lain seperti Teluk Kletekan, Air Terjun Banyu Anjlok, dll.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju Pantai Bolu Bolu lumayan sulit, karena jalannya yang berbelok belok dan sisi samping jalan ada jurang yang sangat curam serta tanjakan dan turunan yang tajam. kabar baiknya adalah kondisi jalannya sudah di aspal meskipun jalannya sempit. Selain itu adanya petunjuk jalan yang memudahkan pengunjung untuk sampai ke lokasi. Pantai Bolu Bolu masih satu kawasan dengan pantai lenggoksono jadi petunjuk arahnya mengikuti pantai lenggoksono. Setelah sampai di pantai lenggoksono pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang. Pengunjung masih akan menempuh perjalanan sepanjang 5 kilo perjalanan darat yang sangat sulit. Melewati jalan yang disampingnya tebing curam dan sempit yang masih bisa dilewati oleh sepeda motor . tetapi harus hati hati karena disamping jalan ada tebing yang curam. Selain jalur darat Dolaners juga bisa jalur alternative lain dengan menyewa perahu setempat. Harga untuk menyewa perahu sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 100.000,- perahu ini bisa mengangkut sebanyak 8 – 10 orang.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Pantai Bolu Bolu Malang ini. Sehingga jika ingin berlibur ke pantai ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Bolu Bolu dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi roda dua saja. Namun jika Dolaners menggunakan kendaraan roda empat, Dolaners harus memarkirnya di Pantai Bolu Bolu.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link