Pantai Bowele

4824 views

Sambil menyelam minum air, sekali datang tiga pantai cantik dikunjungi. Perumpaman itu bukanlah pemanis artikel biasa, memang benar adanya dari surfing (berselancar) hingga snorkeling akan menghiasi kegiatan berwisata Dolaners disini. Gulungan ombak yang membuat mata terbelalak, aktifitas wisatawan luar negeri yang kini telah tersaji bagi rakyat pribumi.

Bowele Beach

Photo by Haris Faray

Mulai terekspos di tahun 2012, nama Pantai Bowele sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari deretan pantai yang ada di Tirtoyudo, yaitu Bolu-bolu, Wedi Awu dan Lenggoksono. Uniknya Dolaners, tiap destinasi tersebut menawarkan aktivitas berwisata yang berbeda. Wisatawan akan dimanjakan dengan adanya penginapan di area Pantai Bowele Malang.

Lokasi Pantai Bowele dari Kota Malang berjarak sekitar 66 kilometer dari Balai Kota Malang atau jika ditempuh dengan kendaraan bisa menghabiskan waktu 135 menit. Cukup jauh memang dari kearamaian kota dan benar saja apabila Dolaners telah sampai di Pantai Bowele terasa ingin tinggal dan menolak kembali pulang. Meskipun tergolong destinasi wisata yang telah ada cukup lama, Pantai Bowele terbilang tidak cukup ramai dikunjungi karena hanya traveler sejati dan pecinta alam biasanya yang akan berjuang menuju tempat ini. Akses jalan yang cukup ekstrim dan jauh akan terbayar tuntas jika Dolaners telah sampai di area Pantai Bowele Malang.


AKTIFITAS

Kuliner
Berada di medan yang ekstrim membuat keberadaan warung cenderung nihil. Pantai Banyu Anjlok yang merupakan akses menuju Pantai Bolu-Bolu memiliki satu warung di area parkir kendaraan motor dan di Pantai Bolu-Bolu terdapat pemukiman warga yang bisa Dolaners jadikan mitra bermasak apabila ingin berkemah.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Pantai Lenggoksono: Rp 5.000,- per orang
Biaya Sewa Perahu Lenggoksono – Bolubolu: Rp 50.000 per 10 orang
Biaya Sewa Perlengkapan Snorkeling: Rp 25.000,- per orang
Kegiatan
Pantai Bowele menyediakan beberapa aktivitas berwisata. Di Pantai Banyu Anjlok terdapat karang bolong di area atas pantai yang bisa Dolaners manfaatkan untuk berendam air payau. Di Pantai Bolu-Bolu Dolaners ditawarkan untuk merasakan snorkeling, melihat keindahan ekosistem bawah laut yang indah juga bisa untuk berkemah. Di area Pantai Bowele sendiri, Surfing menjadi andalan untuk dicoba keseruannya. Kegiatan surfing disini pernah diadakan dengan skala Internasional.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Rute menuju Pantai Bowele terbilang ekstrim dan perlu siap secara fisik dan mental. Dolaners terlebih dahulu akan sampai di Pantai Lenggoksono, disini ada pilihan antara menggunakan perahu untuk menuju Pantai Bolu-Bolu ataupun tetap menggunakan kendaraan motor roda dua namun dengan medan yang sempit. Jalanan setapak yang harus bergantian dilalui kendaraan roda dua harus Dolaners siasati dengan sering membunyikan klakson pada tiap tikungan. Sebaiknya pada musim hujan Dolaners hindari niat untuk berwisata ke Pantai Bowele karena faktor keselamatan.
Belum adanya transportasi umum secara langsung dari Kota Malang menuju Pantai Bowele, Dolaners lebih baik menggunakan kendaraan motor roda dua ataupun jasa paket wisata yang menawarkan liburan memuaskan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link