Pantai Cemara Sewu

689 views

Dolaners sudah eksplor Pantai Parangtritis? Siapa sih, yang belum dengar tentang popularitas pantai di Yogyakarta ini? Tahukah Dolaners, kalau sedikit saja meneruskan langkah kaki ke arah barat dari Pantai Parangtritis ini, Dolaners akan tiba di sebuah pantai eksotis yang masih sepi wisatawan? Pantai ini unik dan cantik dengan jajaran pohon cemaranya, tak heran bila namanya juga Pantai Cemara Sewu. Tergoda ke sini, Dolaners?

Pantai Cemara Sewu by mita_oci

Pantai Cemara Sewu by mita_oci

Cemara Sewu memang ada di Pemalang, Cilacap, atau Tulungagung, tapi Pantai Cemara Sewu yang satu ini berada di Bantul, Yogyakarta. Dan, Pantai Cemara Sewu ini berbeda dari Pantai Goa Cemara. Sama-sama berada di wilayah Kabupaten Bantul, Pantai Goa Cemara masuk di wilayah Kecamatan Sanden, sedangkan Pantai Cemara Sewu berada di wilayah Kecamatan Kretek.

Nama Cemara Sewu yang disematkan pada destinasi wisata ini bukan tanpa makna. Sebelum mencapai garis pantainya, Dolaners akan melihat pohon-pohon cemara yang tersebar, membentuk sebuah area selayaknya hutan. Uniknya, dahan-dahan pohon cemara yang melengkung membentuk lorong panjang yang teduh, membuat Dolaners merasa seakan sedang berada di negeri dongeng. Mirip seperti setting lokasi di film-film beneran, Dolaners! Instagenik banget, sampai-sampai Dolaners yang tak terlalu gemar selfie sekalipun pasti akan tergoda mengambil beberapa foto di sini. Saking fotogeniknya hutan cemara di tepi pantai ini, bisa jadi Dolaners akan mendapati rombongan yang sedang melakukan sesi foto prewed.

Keunikan berikutnya, kawasan hutan cemara ini dihubungkan dengan pasir pantai oleh sebuah jembatan bambu. Jangan salah, jembatan inipun gak kalah instageniknya, Dolaners. Melangkah lebih jauh, Dolaners akan tiba di hamparan pasir hitam Pantai Cemara Sewu. Apakah pasir hitam di Pantai Cemara Sewu ini masih menarik? Kalau Dolaners ragu, tunggu saja sampai saat senja tiba dan semburat warna lembayungnya memayungi cakrawala.

Sayangnya, Dolaners cuma bisa menikmati suasana Pantai Cemoro Sewu ni dengan mengagumi keindahannya. Tak banyak kegiatan fisik yang bisa dilakukan di sini, kecuali Dolaners mengeksplor seluruh kawasan mulai dari Pantai Parangtritis. Dan karena berdekatan dengan Pantai Parangtritis, tentunya Dolaners juga tahu bahwa ada palung di lepas pantainya. Tak cuma palung, ombak lautnya juga cukup besar, jadi Dolaners takkan boleh berenang di Pantai Cemoro Sewu. Lagipula, lihat lebih jeli perairannya yang keruh, maka Dolaners akan kehilangan selera mendekat ke air laut.


AKTIVITAS

Kuliner
Warung-warung sederhana di sekitar Pantai Cemara Sewu sebenarnya adalah rumah tinggal warga setempat. Jadi jangan berharap muluk soal makanan di sini ya, Dolaners. Atau, lebih baik bila Dolaners sudah siap dengan perbekalan makanan dari rumah.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,- (satu paket dengan tiket masuk Pantai Parangtritis)
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Prewed Photo Shots: Rp 50.000,-
Kegiatan
Yang tak boleh ketinggalan dilakukan di Pantai Cemara Sewu tentunya ialah swafoto. Selfie, wefie, atau groufie, tergantung Dolaners eksplor kawasan pesisir Bantul ini dengan siapa. Yang jelas, pemandangan pohon-pohon cemara di pantai ini sulit ditemukan di tempat lain. Selain itu, area camping ground juga tersedia di kawasan Pantai Cemara Sewu, opsi menarik bila Dolaners suka camping di pantai.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Cemara Sewu berada tak jauh dari Pantai Parangtritis. Dolaners bisa berpatokan atau bahkan memilih rute yang sama menuju Pantai Parangtritis, baru kemudian melanjutkan perjalanan ke barat menuju Pantai Cemara Sewu. Kedua pantai ini berjarak sekitar 500 meter saja, hanya dipisahkan oleh Pantai Parangkusumo. Yak, Pantai Parangkusumo yang punya gumuk pasir itu, Dolaners! Puas-puasin deh, eksplor di kawasan pesisir Bantul ini!
Mengambil rute ke arah Pantai Parangtritis, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum menuju ke Pantai Cemara Sewu. Jarak yang akan ditempuh sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Bila menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners tinggal mengikuti jalan utama Kota Yogyakarta – Parangtritis. Kalau menggunakan angkutan umum, pilihan kendaraan yang bisa Dolaners ambil adalah bus umum jurusan Yogyakarta – Parangtritis.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link