Pantai Clungup

2028 views

Menghadirkan suasana alam berbeda, hamparan pasir putih yang begitu luas mendampingi beningnya pantai, riak ombak yang mengalun perlahan menyapu pasir dengan begitu lembut, gugusan pulau kecil yang berdiri kokoh melindungi pantai, itulah potret Pantai Clungup nan eksotis.

Pantai Clungup

Photo by milestripindonesia.wordpress.com

Wisata pantai tetap menjadi idola para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Keindahan pantai yang terbentuk secara alami dengan suasana sejuk dan asri menjadi faktor andalan mengapa pantai tersebut banyak diminati oleh para wisatawan, baik domestic maupun mancanegara. Ditambah lagi dengan suguhan kecantikan panorama bawah laut yang akan menjadi daya tarik wisatan karena memukau. Banyak wisata pantai di wilayah Indonesia, tidak terkecuali Malang. Malang mendapat julukan kota seribu pantai, salah satu pantainya yang cantik yaitu Pantai Clungup.

Pantai Clungup masih segaris dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina. Namun Pantai Clungup tidak sepopuler dua pantai tersebut, keberadaannya yang jarang diketahui bahkan oleh masyarakat yang tinggal di Malang sekalipun. Pantai ini memiliki keindahan yang memukau bagi siapa saja yang mendatanginya, keadaan pantai yang masih bersih, indah, dan asri karena belum banyak yang mengunjunginya.

Pantai Clungup memiliki hamparan pasir putih sepanjang setengah kilometer, air pantai yang begitu bening, dan riak ombak kecil serta gugusan pulau kecil di sekitar pantai. Kedalaman Pantai Clungup aman bagi Dolaners yang ingin berenang di pantai ini. Namun Dolaners juga tetap harus berhati-hati karena banyak batu dan karang tajam di dasar pantai. Pulau-pulau kecil di lepas pantai itu akan menghalangi ombak besar dari Samudera Hindia, sehingga ombak di Pantai Clungup cukup tenang sampai jarak sekitar 500 meter. Gugusan pulau ini di pantai ini sering disebut-sebut seperti gugusan pulau di Raja Ampat. Di waktu sore hari, wisatawan dapat menjumpai ubur-ubur kecil di tepi pantai.

Panorama indah lain dari Pantai Clungup adalah landscape dari tiga buah pulau kecil dan karang-karang yang mengagumkan. Dolaners bisa memanjat pulau karang tersebut, namun harus tetap hati-hati sebab karangnya cukup tajam. Kawasan Pantai Clungup terdapat banyak hutan bakau yang masih lebat. Tak hanya itu, suasana pantai yang begitu sepi dan lengang akan membuat Dolaners tenang dan semakin betah berlama-lama di pantai.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang akan berlibur ke wisata alam Pantai Clungup disarankan membawa bekal makan dari rumah, pasalnya di kawasan wisata ini masih belum ada pedagang yang berjualan, maklum kawasannya masih sangat asri. Namun ingat jangan lupa membawa sampah Dolaners kembali ketika meninggalkan kawasan Pantai Clungup ini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 6.000 per orang
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 3.000,-
Biaya Sewa Kapal : Rp. 100.000,- per kapal
Kegiatan
Karena masih jarang dikunjungi wisatawan, suasana di Pantai Clungup masih sangat asri, bersih dan indah. Hamparan pasir putih yang sangat luas dapat Dolaners temui di sini, apalagi jika air pantai dalam keadaan surut. Tak kurang dari setengah kilometer pasir putih nan menawan siap memanjakan mata wisatawan. Tidak ada sampah yang berserakan, hanya terdapat serpihan kayu-kayu yang terbawa ombak terdampar di beberapa bagian pantai. Uniknya, Pantai Clungup dilindungi beberapa pulau kecil di lepas pantainya sehingga ombaknya cukup tenang sampai jarak sekitar 500 meter. Meski begitu, terkadang ada ombak yang cukup deras menyapu bibir pantai. Kedalaman di pantai ini juga cukup dangkal, sehingga Dolaners bisa berenang bebas di sepanjang tepian pantai. Tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati sebab di dasar pantai banyak batu dan karang yang cukup tajam. Pada saat sore hari wisatawan dapat menjumpai ubur-ubur kecil yang terdampar di tepi pantai. Tak hanya itu, Dolaners juga bisa menikmati panorama indah lainnya di Pantai Clungup. Yakni lanskap berupa tiga buah pulau kecil dan karang-karang yang mengagumkan. Pengunjung bisa memanjat pulau karang tersebut, tetapi perlu berhati-hati karena karangnya cukup tajam. Sejauh mata memandang akan terlihat keasrian pemandangan Pantai Clungup yang sangat berbeda dari pantai-pantai lain. Di sekitar pantai ini juga masih banyak terdapat hutan bakau yang lebat. Menariknya, bila Dolaners berjalan ke sisi kanan dari pantai ini maka akan sampai di Pantai Gua China. Selain keindahan pantainya, suasana Pantai Clungup yang sepi membuat hati pengunjung tenang. Bagi Dolaners yang hobi camping, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi sebab suasananya masih asri dan lengang. Biasanya hanya ada warga sekitar yang sedang memancing atau panen di kebunnya. Selebihnya hanya ada Dolaners dan alam.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Pantai Clungup cukup mudah. Dari kota Malang, pengunjung bisa mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru hingga menemukan perempatan jalan. Setelah itu berbelok ke kanan menuju arah Pantai Gua China. Setelah memasuki Goa Cina, wisatawan harus berjalan ke arah timur sejauh sekitar 500 meter. Jadi, sebaiknya kendaraan bermotor Dolaners diparkir dulu di Pantai Goa Cina. Dari Goa Cina menuju pantai harus ditempuh dengan berjalan kaki di sebuah jalan setapak dengan melewati perkebunan penduduk dan lereng perbukitan. Setelah melewati bukit tersebut maka sampailah di Pantai Clungup.
Untuk menuju Pantai Clungup, dari Malang Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa memulai perjalanan dari Terminal Arjosari menuju Terminal Gadang dengan angkutan kota jurusan AG/GA. Kemudian lanjutkan naik angkot Bison menuju Sumbermanjing Wetan/Sendang Biru. Dari Sendang Biru menuju lokasi Pantai Clungup Dolaners bisa naik ojek.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link