Pantai Drini

1784 views

Pantai berkarakter ganda dengan dua sisi panorama yang saling bertolak belakang, garangnya sisi Barat dan tenangnya sisi Timur membuat pemandangan unik hadir di sela-sela deburan ombak. Dengan pulau karang yang mengapung diantaranya yang membelah samudra.

Pantai Drini

Photo by fajarindra.web.id

Pantai Drini adalah salah satu pantai spesial di pesisir daerah Gunungkidul dengan sebuah pulau kecil ditengahnya bernama Pulau Drini yang membelah pantai sehingga seolah-olah terbagi menjadi dua bagian. Konon, asal-usul penamaannya yaitu karena pulau tersebut subur dan ditumbuhi oleh santigi atau bahasa latinnya pemphis acidula dan masyarakat sekitar menyebutnya dengan drini, seperti itulah mengapa pantai ini disebut dengan Pantai Drini Gunung Kidul.

Setibanya disana nanti, Dolaners tak perlu menjadi climbers untuk mendaki karang, tangga beton telah disiapkan untuk dipijak demi mengantarkan Dolaners ke atas. Ketika Dolaners sampai diatas, pandangan Dolaners akan menyisir ke seluruh Pantai Drini dengan bebas. Menyaksikan gunungan alang-alang dengan atap gazebo sampai deretan perahu para nelayan. Pulau ini sekaligus memisahkan sisi Barat dan sisi Timur menjadi dua karakter kepribadian yang bertolak belakang. Oleh sebab itu, disebutlah dengan pantai berkepribadian ganda. Satu sisinya lembut dan tenang namun satu sisi lainnya garang dan angkuh bagaikan menantang penguasa laut.

Dengan paduan pulau karang, sebuah laguna elok pun terbentuk dan terjaga dari gulungan ombak dengan melekatnya suasana air biru kehijauan. Sesuatu yang menarik lain di Pantai Drini Jogja adalah hamparan pasir hitam yang tipis dengan diameter sangat halus yang menerobos dan mendominasi pasir putih, Dolaners yang tak jeli pasti akan terlewat untuk menyaksikan fenomena ini. Pantai Drini Yogyakarta juga merupakan sebuah kampung tradisional bagi para nelayan. Para nelayan pun menelateni profesinya demi menyambung hidup keluarga dengan menangkap ikan disana tak henti bersahabat dengan lautan dan ombak.

Setelah lelah berkeliling pantai, Dolaners bisa beristirahat dengan nyaman di gazebo-gazebo beratapkan kayu ilalang. Angin yang semilir menghiasi suasana damai Dolaners yang sedang menikmati rangkaian istirahat dilengkapi dengan teguk demi teguk segarnya air kelapa muda. Datang dan rasakan terapi di Pantai Drini seraya memulihkan kesegaran batin Dolaners. Datang ke Pantai Drini seolah bertemu dengan ahli terapi yang memulihkan lelahnya hati.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Di sekitar bibir Pantai Drini banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Ada bakmi jawa, nasi goreng, sea food, es kelapa muda dan masih banyak menu menarik lainnya. Selain warung makan, di sepanjang jalan masuk ke Pantai Drini yang hanya berjarak 50 meter dari jalan raya ini, banyak terdapat toko cinderamata yang menjual pakaian pantai dan kaos dengan sablon bertuliskan pantai Indrayanti dengan berbagai bentuk kreasi. Harganya pun cukup terjangkau, jika Dolaners mampu mengeluarkan jurus tawar menawar Dolaners dengan baik
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan di Pantai Drini ini, yakni seperti berfoto ria atau mengabdikan moment-moment menyenangkan dengan latar belakang panorama saat matahari kembali keperaduaannya di atas hamparan pantai dan perbukitan. Sembari menikmati emasnya sunset, kamu bisa memesan cemilan ringan atau pop mie hangat yang dipadu dengan es teh atau es jeruk di warung yang menjadi satu-satunya warung di Bukit Kosakora. Disini Dolaners bisa merebahkan diri di atas rerumputan hijau Bukit Kosakora semabri menatap langit lepas yang begitu biru (semoga tidak mendung). Tidak hanya itu saja, Dolaners juga bisa camping di sini bersama keluarga, teman, pacar, atau bahkan mantan. Sebab, tempat ini merupakan lokasi yang asik sekali untuk dijadikan camping. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan teman baru bila tak segan menyapa pengunjung. Dan yang lebih mengasyikkan lagi, dari Pantai Drini ini bukit Kosakora berada di sisi timur pantai Drini, untuk mencapai bukit Kosakora Dolaners harus berjalan kaki menuyusuri pantai Drini kurang lebih 2 KM, dengan cacatan saat air laut sedang surut. Akses menuju bukit Kosakora memang masih sulit, selain harus berjalan kaki menyusuri hamparan pantai Drini, Dolaners juga diwajibkan menyusuri jalan setapak yang dipenuhi semak-semak, hutan belukar, beberapa perbukitan kecil, dan persawahan yang membuat adrenalin cukup terpacu. Alhamdulillah perjalanan kami aman dan selamat sampai tujuan. Dolaners bisa menuju arah Pantai Ngerumput yang tepat berada di kaki Bukit Kosakora, tapi Dolaners akan tetap dibawa untuk menyusuri jalan setapak, semak-semak, hutan belukar, dan persawahan. Ya, akses menuju bukit Kosakora memang masih sangat sulit untuk dijangkau. Namun, jangan menyerah, Dolaners harus tetap berjuang demi buah yang indah.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Lokasinya di sebelah timur Pantai Baron dan di sebelah Barat Pantai Indrayanti. Dari kota Jogja pantai ini berjarak sekitar 60 km atau 2 – 3 jam perjalanan, yakni Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – Pantai Drini. Sedangkan dari arah Solo melewati Cawas – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Drini.

Lewat Sukoharjo : Solo – Sukoharjo – Tawangsari – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Drini. Akses menuju Pantai Drini terbilang bagus, sebab telah dibangun jalan aspal mulus hingga bibir pantai. Pantai Drini juga memiliki tempat parkir yang luas, cukup untuk beberapa bus pariwisata berukuran besar.

Untuk dapat sampai ke Pantai Drini ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka jika dari terminal bus jogja naek bus jurusan wonosari, kemudian dari terminal wonosari naik bus ke arah baron, dan dari baron menggunakan jasa ojek hingga sampai ke Pantai Drini. Atau bisa juga dari terminal bus jogja naik bus jurusan wonosari, kemudian dari terminal wonosari naik ojek sampai ke Pantai Drini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link