Pantai Gading

1534 views

Pantai yang bersih, udara yang segar serta kemilau cahaya mentari yang nampak diantara riak laut adalah hal yang dapat dinikmati dengan bebas dari pantai Gading. Tak hanya itu, kuliner seafood segar seakan melambai dan siap untuk disantap diantara pasir putih pantai Gading.

Pantai Gading

Photo by mataramkita.blogspot.co.id

Pantai Gading adalah pantai yang baru dibuka sebagai tempat wisata di kawasan mataram selatan. Dulunya pantai ini dikenal sebagai pantai ketapang, namun oleh pemerintah mataram pantai ini disahkan namanya menjadi Pantai Gading. Rencananya pemerintah kota mataram akan membuat wajah pantai Gading seperti pantai ampenna. Jika dilihat dari potensi wisatanya pantai Gading juga digadang gadang sebagai salah satu icon wisata kota mataram.

Daya tarik utama pantai Gading adalah tempatnya yang bersih. Di pantai ini Dolaners tak akan menemukan perahu yang tetambat dipinggir pantai karena semua perahu nelayan ditambat dibagian selatan. Di pantai yang terbilang baru ini, Dolaners juga tak perlu meragukan masalah kenyamanan, karena pemerintah telah melalukan pembangunan tempat pedagang kaki lima, pedestrian, toilet serta lahan parkir. Tak ketinggalan pula saung saung yang menyerupai rumah singgah suku sasak (berugak) yang dapat Dolaners jadikan sebagi tempat bersantai menikmati keindahan Pantai Gading Mataram. Saat sore tiba, siluet senja dan juga sepoi angin sore yang menyegarkan seakan menarik para ABG untuk bercengkrama berpasang pasang di Pantai Gading Lombok. jadi tak heran jika banyak sekali kaum muda mudi atau mahasiswa yang menghabiskan sore mereka disini.

Meskipun terbilang sebagai tempat wisata baru, keberadaan pantai Gading telah menggaung ditelingan para wisatawan. Keindahan, kesejukan dan fasilitas pantai ini membuat kabar dibukanya pantai Gading sebagai tempat wisata dapat beredar dengan sangat cepat. Banyaknya wisatawan yang mulai berkunjung ke Pantai Gading di Nusa Tenggara Barat ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar, mereka mulai mencoba meraup rupiah dengan membuka lapak. Rata-rata warga menjual seafood atau ikan segar yang ditangkap dari laut di malam hari, tak jarang pula mereka menawarkan jasa membakar ikan lengkap dengan sambel plecingan yang siap membuat liur menetes.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke kawasan Pantai Gading ini tidak perlu khawatir kelaparan. Hal ini karena di sekitar kawasan Pantai ini terdapat banyak penjual makanan. Mulai dari aneka hidangan seafood hingga jajanan khas mataram. Harganya pun cukup terjangkau.
Kegiatan

Beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan ketika sedang berkunjung ke Pantai Gading ini, yakni :

  • Berburu Kuliner

Di sepanjang pantai ini banyak terdapat kios kios pedagang makanan/minuman, mulai dari sate ikan, plecing, urap, mihun, mie rebus, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai seafood ada disini.

  • Mandi, Main Air, Berenang, Mancing, Main Bola, Main Pasir
  • Foto Narsis

Setelah Pantai Gading ditata dan dibuat lebih rapi, dibuat tulisan dengan huruf besar warna merah “PANTAI GADING”, ya sama seperti yang ada di Pantai Losari di Makassar. Sejak saat itu spot ini jadi spot wajib Dolaners yang sedang berkunjung ke Pantai Gading.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke kawasan Pantai Gading ini cukup mudah. Jika dari pusat kota Mataram Dolaners bisa langsung menuju Jalan Lingkar Selatan, ikuti saja jalan utama hingga Dolaners menemukan Kantor TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani), disebelah kantor ini terdapat jalan masuk melewati persawahan ke pantai Gading.
Untuk mencapai Pantai Gading ini Dolaners bisa menggunakan tranportasi umum maupun pribadi, baik roda dua maupun empat. Jika Dolaners menggunakan transportasi umum, dapat naik angkutan kota dari Mataram menuju ke Kantor TNGR, kemudian melanjutkan perjalanan berjalan kaki atau naik ojek menuju ke pantai ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link